PERKEMBANGAN PASAR MOBIL LISTRIK DUNIA DI SEMESTER 1 2019

Global – Antusiasme publik dunia dalam menyambut kehadiran listrik semakin tinggi pada semester pertama 2019.

Berdasarkan data JATO, pasar mobil listrik yang sepenuhnya mengandalkan tenaga motor listrik dari baterei (biasa disebut sebagai Battery Electric Vehicle – BEV, atau pure electric vehicles), sepanjang semester pertama 2019 pasar mobil BEV naik 92% dibanding periode yang sama di tahun 2018, dengan catatan angka penjualan sebesar 765.000 unit.

Ada 41 negara di dunia saat ini yang menjadi areal pasar kendaraan listrik, dan di semester kedua meski menghadapi tantangan kondisi pasar dan gejolak ekonomi dunia, pasar mobil listrik diproyeksikan akan tetap tumbuh pesat.

Meski demikian, pasar BEV akan tetap menghadapi model tantangan yang sudah ada sebelumnya di sejumlah pasar utama. Di Cina misalnya yang merupakan wilayah pasar terbesar, tantangan BEV adalah harganya yang masih cukup mahal, dukungan infrastruktur yang belum cukup siap, serta perhatian publik yang masih cukup besar soal daya jangkau jelajah dari baterei.

Pangsa pasar kendaraan listrik sendiri di dunia terhitung masih kecil, yaitu sekitar 1,7% dari total market, meski di sejumlah pasar utama seperti di Amerika Serikat telah mendapat insentif. Secara hitungan kasar, baru sekitar 2 dari 100 kendaraan yang terjual di dunia yang menggunakan teknologi motor listrik secara penuh.

Pasar BEV terbesar sendiri ada di Cina, dimana pada semester pertama 2019 ada sekitar 430.700 unit yang terjual. Model BEV terlaris di Cina datang dari Tesla Model 3, yang berdasarkan penelusuran di jagat maya sudah resmi dipasarkan di Indonesia oleh Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars di bilangan Pluit, Jakarta Utara.

Dari info di jagat maya pada Sabtu 31 Agustus, Tesla Model 3 dipasarkan di Indonesia oleh Prestige Image Motorcars di atas Rp 1 miliar, sementara di Cina jika dikonversi ke rupiah ada di kisaran Rp 650an juta.

Cina memang sebagaimana sudah banyak dipublikasikan oleh media global, sangat berkomitmen dalam pengembangan pasar kendaraan listrik di negaranya.

Awrait, itu dulu sementara artikel kelas secangkir kopi di akhir pekan, gaezzz. Semoga ada manfaatnya. Silakan mampir baca-baca juga artikel mengenai kendaraan listrik di media kelas secangkir kopi jbkderry.com ini, cukup dengan memasukkan satu kata kunci yaitu “listrik” di menu pencarian (search menu).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s