NIMBRUNG NGOBROLIN SOAL MOBIL ESEMKA #ARTIKELSECANGKIRKOPI

Jakarta – Minggu 8 September 2019 sudah lewat pukul setengah delapan malam WIB, dan satu-satunya ide yang terlintas di benak jbkderry.com hari ini adalah soal mobil produksi Esemka.

Pengen ngakak juga sih ketika ada pejabat yang menyinggungnya soal mobil nasional, dan mengusulkan Presiden RI saat ini menggunakan mobil produksi Esemka. Entah maksudnya ngelawak atau bagaimana, tapi gak kebayang kalau Presiden RI mobil dinasnya pakai pick-up, aya-aya wae (soalnya mobil lain produksi Esemka kan sifatnya baru prototipe, belum masuk jalur produksi).

Nah, karena jbkderry.com grade medianya hanya sekelas secangkir kopi, jadi artikel kali ini seperti biasa pasnya dibaca sambil nyantai dan minum kopi, tapi jangan kebanyakan nanti gak bisa tidur. Besok awal minggu soalnya untuk memulai beraktivitas…

Beklah, mari langsung bahas artikel kelas secangkir kopi kali ini…

Apakah mobil produksi Esemka masuk dalam kategori mobil nasional?

Kenyataannya Esemka bukan mobil nasional. Posisi Esemka sepenuhnya merupakan milik perusahaan swasta atas nama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

Meski demikian, PT SMK masuk dalam perusahaan nasional alias perusahaan nasional yang dikerjakan oleh anak bangsa.

Apakah mobil produksi Esemka yang paling “Indonesia”?

Hmm, kalau pembahasannya soal konten lokal, Esemka jelas bukan yang paling “Indonesia”, mengingat beberapa mobil produksi Toyota dan Daihatsu di Indonesia konten lokalnya sudah di atas 90%, sementara mobil pikap produksi Esemka baru di kisaran 60%.

Apakah mobil produksi Esemka gak perlu dibanggakan?

Kalau dari segi nama, inisiasi (peresmian), dan status perusahaan sih mestinya patut dibanggakan, karena ini perusahaan nasional (bukan PMA – penanaman modal asing). Jadi setidaknya bisa banggalah, karena Indonesia juga bisa punya pabrikan kendaraan mobil sendiri.

Toh, ini bukan yang pertama. Di kategori industri otomotif roda dua, kita pasti ingat dengan nama Viar sebagai produsen kendaraan yang bermarkas di Semarang. Lalu beberapa tahun lalu, ada juga pabrikan motor nasional dengen merek Kanzen tapi sekarang sudah gak ada lagi.

Satu-satunya alasan kuat gak bangga pada Esemka adalah menjadi lawan politik pak Jokowi dan simpatisannya. Walaupun sebenarnya agak salah alamat, karena PT SMK bukan milik pak Jokowi, gan.

Kenapa kita mesti dukung dan bangga pada mobil produksi Esemka? 

Berdasarkan penelusuran berbagai sumber, mobil pikap Esemka Bima telah menggandeng sekitar 30 vendor penyedia komponen otomotif lokal dan memperkerjakan sekitar 300 orang.

Artinya selain bangga karena ini karya anak bangsa (meski statusnya murni swasta), juga telah membuka lapangan pekerjaan baru, baik di pabrik maupun di jaringan suplayer lokalnya.

Apakah benar mesinnya dari pabrikan mobil asal Cina?

Dari beberapa penelusuran di jagat maya, Presiden Direktur PT SMK Eddi Wirajaya mengatakan mesin 1.2L dan mesin 1.3 memang masih diimpor dari Cina, tapi bukan berarti tidak ada perusahaan vendor lokalnya yang turut memberikan sumbangsih.

Misalnya untuk blok mesin dan blok transmisi, PT SMK telah menggandeng PT Cikarang Persada Manufacturing untuk memproduksi bagian tersebut. Lalu ada PT Selamat Sempurna yang dipercaya memproduksi filter oli dan filter bahan bakar. Selanjutnya ada nama PT Duta Nichindo Pratama yang dipercaya memproduksi filter udara.

Masih ada beberapa komponen lain dari Esemka Bima yang diproduksi oleh vendor penyedia komponen lokal, dan bisa dengan mudah didapatkan informasinya di Google.

Bagaimana melihat kehadiran Esemka Bima secara objektif?

Di era disrupsi dimana potensi-potensi baru punya kans untuk bermunculan dan sukses ataupun gagal, tinggal tunggu saja bagaimana tim internal PT SMK membuktikan kualitas produknya ke publik, setelah produknya terjual di masyarakat.

Lalu tunggu saja bagaimana tim internal PT SMK dalam menyiapkan layanan purna jual yang memuaskan konsumennya (termasuk kualitas dan ketersediaan suku cadang), sehingga bisa meningkatkan nilai kepercayaan publik dan berani merekomendasikan kepada para kenalannya.

Lalu patut kita tunggu saja bagaimana strategi promosi dan pemasaran dari mobil-mobil dalam meluluhkan hati masyarakat, khususnya yang menjadi target marketnya di segmen kendaraan niaga ringan. Satu step promosi dan pemasaran soal informasi harga yang seksi sudah disampaikan sebagai mobil pikap termurah yang ada di pasaran saat ini.

Itu saja sementara ini, semoga artikel kelas secangkir kopi kali ini. Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s