MOBIL LISTRIK HONDA E MULAI DIPASARKAN SEPTEMBER 2019

Mancanegara (Jerman) – Di ajang Frankfurt Motor Show 2019 di Jerman pada tanggal 10 September, Honda meluncurkan versi produksi massal dari mobil listrik Honda e.

Dalam informasi yang diterima redaksi media kelas secangkir kopi jbkderry.com, Honda e versi produksi massal ini ditujukan pada konsumen di perkotaan yang mengedepankan gaya hidup modern serta kebutuhan mobilitas yang berteknologi dan fitur terkini.

Salah satu terobosan fitur berteknologi yang disampaikan misalnya dapat dilihat pada desain kaca spion yang tidak lagi berdesain konvensional, melainkan menggunakan kamera berukuran kecil yang terhubung langsung dengan layar berukuran 6-inci di dashboard.

Selain membuat tampilan kendaraan listrik berukuran compact ini nampak lebih stylish, juga disebut membuat faktor aerodinamika yang lebih baik.

Lalu di bagian gagang pintu sengaja didesain dengan model pop-out, sehingga membuat tampilan kendaraan dari samping secara menyeluruh jadi lebih halus dan modern.

Di bagian interior pada bagian dashboard terdapat lima buah layar generasi terbaru. Salah satunya adalah layar sentuh LCD selebar 12,3-inci yang terhubung dengan sistem infotainment. Sementara secara utuh bagian kabinnya didesain dengan nuansa modern dan kabarnya juga dengan material terbaik.

Akses terhadap aplikasi maupun layanan online di layar dashboard juga dapat dilakukan dengan komando suara melalui teknologi Honda Personal Assistant, sebuah kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) yang dapat melakukan percakapan secara natural dengan pengendara dan penumpang untuk akses yang lebih mudah.

Honda Personal Assistant dapat diaktifkan dengan mengatakan, “OK Honda” diikuti dengan sebuah pertanyaan atau instruksi. Seiring waktu, Honda Personal Assistant juga dapat semakin mengenali suara dari setiap individu untuk memberikan respon yang lebih akurat.

Para pemilik Honda e juga dapat selalu terhubung dengan mobilnya melalui aplikasi smartphone My Honda+. Diluncurkan sejak tahun 2017, aplikasi tersebut telah mendapatkan berbagai pembaruan untuk menyediakan fungsi yang lebih banyak, meliputi laporan kondisi kedaraan, remot untuk mengatur fitur climate control, serta memonitor lokasi kendaraan.

Tambahan fungsi yang dikhususkan untuk kendaraan listrik juga telah ditambahkan, meliputi kontrol pengisian daya dan monitor terhadap sisa energi yang tersedia, serta dapat membantu mencari stasiun pengisian daya terdekat.

Untuk meningkatkan keamanan, Honda e juga dapat diakses menggunakan kunci digital untuk mengunci dan membuka kunci kendaraan melalui aplikasi di smartphone.

Honda e dilengkapi dengan motor penggerak listrik yang menghasilkan dua besaran tenaga, masing-masing sebesar 136 PS dan 154 PS, serta torsi maksimal 315 Nm.

Honda e dapat mencapai jarak maksimal sebesar 220 km dalam sekali pengisian daya, didukung baterai berkapasitas 35,5 kWh yang menjadi baterai mobil berukuran terkecil di kelasnya serta dapat mencapai level 80% dalam 30 menit pengisian daya. Sedangkan untuk akselerasi, Honda e mampu meraih kecepatan 0-100 km/h dalam waktu 8 detik.

Berdasarkan penelusuran di jagat maya, harganya di Jerman mulai dari 29.470 Euro (ada insentif dari pemerintahnya) atau kira-kira setara dengan Rp 450an juta. Lalu ada versi yang tinggi dengan harga lebih mahal 3.000 Euro (sekitar Rp 46 jutaan), namun telah dilengkapi beberapa fitur yang lebih canggih, semisal fitur pemanas pada kursi depan dan setir, plus sudah dilengkapi sistem Parking Pilot dari Honda.

Keran pesanan sudah mulai dibuka di bulan September 2019 ini. Bagaimana, tertarik memiliknya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s