10 PENYEBAB UTAMA KECELAKAAN SEPEDA MOTOR

sumber image: https://www.motorcyclelegalfoundation.com

jbkderry.com – Artikel yang diunggah Senin 23 September 2019 ini berasal dari kata kunci yang media kelas secangkir kopi ini masukkan ke Google, yakni “the most cause motorcycle incident“.

Dari temuannya diunggah dalam bahasa Inggris di situs https://www.thejusticeattorneys.com. Setelah ditelaah sejenak, kayaknya menarik juga buat tambahan referensi supaya bisa berkendara sepeda motor di jalan raya.

Ok, cukup kata-kata pembukaannya, silakan langsung disimak narasi artikelnya berikut…

1. Perubahan lajur mendadak: Hal ini berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, karena pengemudi tidak mengamati seksama sisi yang tidak terlihat (atau biasa disebut blind spot).

2. Pintu mobil terbuka tiba-tiba: jbkderry.com ingat beberapa tahun lalu ada pengemudi sepeda motor yang tewas karena ada seorang petinggi perusahaan otomotif di Jakarta yang membuka pintu mobilnya tiba-tiba.

3. Melaju di kecepatan tinggi: Kalau yang ini sudah gak perlu diperdebatkan lagi yah, soalnya semakin tinggi kecepatan motor tentu akan mengurangi kemampuan reaksi pengemudi, dan yang fatal tentu dampak kerusakannya yang lebih berat. Salah satu fenomena umum kecepatan tinggi yang jbkderry.com perhatikan a la secangkir kopi adalah dari rombongan komunitas motor.

4. Berkendara dalam kondisi sakit atau kurang fit: Rasanya ini pun gak perlu dipertanyakan. Berkendara dalam kondisi kurang fit, apalagi kalau sampai mabuk tentu berpotensi tinggi mengalami insiden.

5. Berkendara di antara (atau di tengah) dua lajur: Dari pengamatan jbkderry.com, yang kayak gini makin banyak khususnya di kota-kota besar. Karena ingin menghindari kemacetan misalnya, pengemudi motor banyak yang mengambil lajur antara atau lajur tengah.

6. Berhenti tiba-tiba: Yang kayak gini juga makin sering jbkderry.com temui, khususnya dari pengemudi ojek online. Fatalnya mereka lupa memperhitungkan jarak dengan kendaraan lain di belakang yang bisa jadi cukup dekat.

7. Belum cukup pengalaman: Berkendara dengan sepeda motor tentu bukan semata soal mengerti teknik mengoperasionalkannya, tapi lebih jauh lagi tentu soal pemahaman mengendarai kendaraan motor roda dua di jalan raya. Kalau di Indonesia, hal ini sering terjadi di anak-anak di bawah umur.

8. Insiden belok kanan: Dalam hemat jbkderry.com, poin satu ini kerap terjadi di pertigaan atau perempatan jalan yang ramai. Pengemudi motor kurang waspada dengan situasi lalu lintas, sehingga bisa menyebabkan potensi kecelakaan yang dapat fatal akibatnya.

9. Kondisi jalan yang memprihatinkan: Jalanan yang berlubang, rusak, hingga soal penerangan dan rambu-rambu yang minim juga menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan sepeda motor.

10. Kondisi standar kendaraan pabrikan yang kurang oke: Desain dan rekayasa teknikal yang lemah pada produksi sepeda motor juga dapat menyebabkan potensi insiden.

Ok, itu saja dulu artikel untuk di awal pekan di minggu terakhir September 2019, gaezz. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s