INOVASI DAN TEKNOLOGI HELM 2019

Leatt DBX 4.0 Helmet, pemenang Design & Innovation Award 2019.

jbkderry.com – Jumat 27 September 2019, jbkderry.com memasukkan kata kunci “helmet innovation technology 2019” di Google, dan ketemu beberapa sumber artikel berbahasa Inggris yang nampaknya menarik untuk didaur ulang menjadi ke bahasa Indonesia a la media kelas secangkir kopi.

Berikut informasinya…

Leatt DBX 4.0 Helmet

Helm satu ini merupakan pemenang Design & Innovation Award 2019. Namanya juga helm pemenang soal kualitasnya pasti yahud dan cihuy.

Helm Leatt DBX 4.0 sendiri diperuntukkan untuk kebutuhan offroad pesepeda downhill, dengan bobot yang super ringan (880 gram) dan ada 22 titik ventilasi berukuran besar.

Tidak hanya tampil sangat baik di luar, bagian dalam dan lapisannya dibuat senyaman mungkin. Sistem penguncian helmnya pun dibuat sangat simpel dan aman, dengan menggunakan sistem magnit.

Harganya € 229 atau sekitar Rp 3,5 juta.

Setelah mengunjungi situs di atas, perjalanan dunia maya jbkderry.com sampai di situs https://www.digitaltrends.com/ dengan judul artikel “The best smart helmets for 2019“.

Di situ yang dibahas cukup banyak helm pintar, tapi jbkderry.com ambil beberapa saja yah…

Livall Bling BH60

Helm satu ini kembali buat pesepeda, tapi bisa juga untuk penghobi skateboard dan roller skate. Inovasi dan teknologi yang membekalinya memang kategori cihuy.

Di bagian depan dan belakang helm ada sederet lampu LED yang dapat diatur melalui kontrol yang diletakkan di setang sepeda. Tidak hanya membuat pesepeda lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan lain, namun lampu indikator itu juga dapat berfungsi sebagai lampu sein saat ingin memberitahu pengguna lain akan berbelok ke sebuah arah.

Helm ini juga dapat terkoneksi dengan smartphone berbasis iOS dan Android melalui aplikasi Livall, sehingga penggunanya bisa terkoneksi dengan peta digital, mendengarkan musik, atau berkomunikasi dengan kawan pesepeda lain yang menggunakan helm sejenis melalui sistem fungsi walkie-talkie.

Jika penggunanya mengalami insiden, penanda SOS pun akan menyala dan menghubungi kontak emergensi segera. Juga terdapat pilihan buat anak-anak. Harganya di Amazon sekitar US$42 atau sekitar Rp 600 ribu.

Sena Momentum and X1

Nah, kalau kedua model helm dari Sena ini ditujukan untuk kebutuhan anak motor. Harganya kalau di Amazon mulai dari US$ 191 dan kalau di Walmart mulai dari US$ 170 (silakan kali Rp 14.000)

Adabeberapa fitur pintar yang melengkapinya seperti koneksi Bluetooth yang terhubung ke perangkat smartphone. Alhasil pengguna dapat mendengarkan musik, melalukan panggilan telepon, menerima panduan nagivasi, dan beberapa fitur lain. 

Belum cukup sampai di situ, kedua model helm dari Sena ini juga dilengkapi dengan onboard video camera, radio FM, dan sistem interkom yang bisa membuat satu pengguna berkomunikasi dengan pengguna helm lainnya seperti video di bawah ini:

Skully Fenix AR

sumber image: https://www.digitaltrends.com

Helm high-tech ini harganya lumayan muahal, US$1.899 atau sekitar Rp 26 jutaan. Namanya juga helm high-tech, helm ini dilengkapi dengan teknologi head-up display dan dapat memantau kondisi sekeliling 360 derajat berkat aplikasi kamera di helm.

Penggunanya pun dapat mendengarkan musik secara streaming dan melakukan panggilan telepon. Bahannya terbuat dari carbon fiber shell, dengan bobot yang ringan dan nyaman untuk dipakai. Kacanya pun anti kabut, dan beberapa fitur inovatif lainnya.

Livemap

sumber image: https://www.digitaltrends.com

Helm ini punya desain kaca yang berbeda dari biasanya alias tidak rata. Harganya pun lumayan mahal, yakni US$2.000 atau sekitar Rp 28 juta.

Dengan banderol harga seperti itu, inovasi teknologi yang membekalinya pasti berkualifikasi tinggi, di antaranya fitur head-up display.

Hal yang paling keren adalah sesuai makna yang terkandung pada namanya, dapat memberikan navigasi langsung melalui koneksi Android, seperti nama jalan, kecepatan, hingga panduan arah-arah jalan ke tujuan.

Helm ini juga dilengkapi dengan microphone dan speaker untuk kebutuhan perintah  suara, melakukan panggilan telepon, dan juga mendengarkan musik.

Jarvish Smart Helmet

sumber image: https://www.digitaltrends.com

Wah, kok jadi ingat nama asisten digitalnya Tony Stark yah?

Helm satu ini juga untuk kebutuhan pemotor, dengan harga yang relatif terjangkau yaitu US$700 (setidaknya dibanding dua profil di atas) atau sekitar Rp 9,8 juta.

Helm pintar ini juga dapat memberikan laporan langsung mengenai kecepatan, udara, petunjuk navigasi, dan data lainnya. Ada juga fitur perintah suara, kamera depan dan belakang, hingga teknologi peredam kebisingan (sehingga bisa lebih senyap berkendara).

Selain bobotnya ringan, helm ini juga disebut memiliki tingkat proteksi yang tinggi.

Itu saja dulu artikel kelas secangkir kopi di hari ini, gaezz. Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s