MENULIS DALAM KATA ADRIAN VAN HOOYDONK BMW GROUP CHIEF DESIGNER

sumber image: https://robbreport.co.uk

jbkderry.com – Di akhir pekan ini Sabtu 28 September 2019, redaksi media kelas secangkir kopi ingin mengulas tentang satu figur penting dalam perkembangan desain mobil-mobil produksi BMW Group.

Namanya Adrian Van Hooydonk.

Waktu Derry Journey, founder jbkderry.com masih jadi jurnalis di majalah Motor Trend Indonesia (2003 – 2006), ada satu konten dari Motor Trend Amerika yang menarik untuk dibahas dan hanya setahun sekali. Nama kontennya Power List yang berisi daftar para figur penting dan berpengaruh dalam industri otomotif dunia dalam setahun.

Salah satu nama yang kerap kali muncul saat itu adalah Adrian Van Hooydonk. Bahkan saat artikel ini dibuat, jbkderry.com sempat memasukkan kata kunci “Power List Motor Trend Adrian Van Hooydonk”, dan ternyata sosoknya masih menjadi salah satu tokoh otomotif dunia yang berpengaruh pada tahun 2017 lalu.

Adrian Van Hooydonk masuk di posisi 43 (turun sih dari pencapaian di tahun 2016 pada posisi ke-23) dari 50 tokoh otomotif dunia paling berpengaruh sepanjang tahun 2017.

Kenapa figurnya menarik untuk dibahas versi jbkderry.com?  Ini tentu tidak lepas dari nama Chris Bangle, atasan Hooydonk di BMW Group yang kemudian ia gantikan posisinya pada tahun 2009.

Di bawah kepemimpinan Bangle dengan evolusi desainnya yang sangat mengubah peta, strategi dan arah industri otomotif dunia, BMW berhasil mengalahkan Mercedes-Benz menjadi yang terdepan di pasar mobil premium di dunia.

Apa yang istimewa dari Bangle? Dalam pengetahuan jbkderry.com, Bangle menjadi sosok yang sangat penting dalam menempatkan pengembangan desain kendaraan sejajar dengan pengembangan teknikal mesin dan struktur rangka kendaraan.

Alhasil cukup banyak istilah dari hasil pengembangan desain Chris Bangle saat itu, salah satunya “Bokong Bangle” yang menunjukkan keseksian desain bagian buritan atau belakang kendaraan BMW di eranya yang tidak kalah lekukan seksi bokong J.Lo.

Setelah memutuskan berhenti dari BMW pada tahun 2009, Bangle sempat digadang-gadang bergabung di Hyundai namun urung. Alhasil kemudian, Hyundai mengalihkan targetnya dengan merekrut Thomas Buerkle dari BMW.

Chris Bangle juga kemudian berdasarkan penelusuran di jagat maya menjadi salah satu figur penting dalam perkembangan dan masa transisi Samsung sebagai salah satu perusahaan elektronik dan gadget dengan kualitas desain salah satu yang terbaik di dunia.

Kembali ke topik utama artikel ini, Adrian Van Hooydonk. Pria berkebangsaan Belanda kelahiran 21 Juni 2964 selepas kepergian Bangle membuat BMW tetap mentereng di kancah industri otomotif dunia, khususnya sesuai bidang kerjanya yakni sebagai desainer.

Mario Bellini, seorang arsitektur dan desainer terkemuka asal Italia menyebut Adrian Van Hooydonk merupakan salah satu dari desainer paling berpengaruh di dunia.

Di BMW Group, Adrian Van Hooydonk merupakan nakhoda dalam pengembangan desain kendaraan premium dari tiga merek otomotif yang mentereng yakni BMW, Audi, dan Rolls-Royce di seluruh dunia.

Beberapa hasil desain kendaraan BMW yang di bawah kepemimpinan Adrian Van Hooydonk adalah BMW 5-Series (2010), BMW 6-Series, BMW 7-Series (2001), BMW X3, BMW X5, BMW Z9 (1999), dan Mini ACV30 (1997).

Salah satu yang terbaru adalah generasi ketiga BMW 1-Series yang diperkenalkan di Munich pada bulan Juni 2019 lalu. Menurut Van Hooydonk di saat peluncuran, arah desain BMW ke depan akan terlihat lebih simpel dan modern, dengan implementasi garis dan desain yang lebih minim. Demikian pula dengan bagian interiornya yang lebih minimalis dan elegan, dengan orientasi pada kebutuhan pengemudi.

Hal ini pula yang Van Hooydonk terapkan pada pengembangan desain mobil listrik BMW i3 dan i8 yang lebih minim dibanding lekukan garis a la Bangle dahulu yang dikenal “liar”.

Hmm, itu dulu artikel kelas secangkir kopi a la jbkderry.com untuk di akhir pekan ini, Sabtu 28 September 2019. Semoga ada manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

One Reply to “MENULIS DALAM KATA ADRIAN VAN HOOYDONK BMW GROUP CHIEF DESIGNER”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s