FORD ROMBAK SKEMA BISNIS RATUSAN JUTA US DOLLAR DI INDIA

jbkderry.com – Selasa 1 Oktober 2019 menjadi babak baru perjalanan pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Ford, di India.

Di hari itu, Ford mengumumkan kesepakatan untuk menjual share 51% operasional bisnisnya di India kepada Mahindra & Mahindra yang merupakan salah satu pabrikan mobil terbesar di India.

Penjualan saham tersebut merupakan bagian kesepakatan kerjasama senilai US$275 juta (atau sekitar Rp 3,85 triliun).

Ke depan melalui kerjasama ini, kedua belah pihak akan mengembangkan produk, potensi pasar, dan distribusi dari merek Ford di India akan dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab bersama.

Salah satu potensi pasar yang kemungkinan dikembangkan oleh kedua belah pihak dalam kerjasama ini adalah segmen midsize SUV, dengan menggunakan platform dan powertrain yang telah ada di Mahindra. Selain itu juga pengembangan kendaraan listrik menjadi bagian dari fokus kerjasama.

Sebagai bagian dari kesepakatan kerjasama ini, komposisi kepemilikan saham sebesar 51% dipegang oleh Mahindra, sementara Ford menguasai 49% saham.

Untuk komposisi kepemimpinan sendiri disepakati dibagi rata 50-50, namun pihak Mahindra yang memiliki otoritas menentukan Chairman. Mekanisme kerjasama ini sendiri sedianya direncanakan dimulai pada pertengahan tahun 2020.

Bagi pihak Mahindra & Mahindra, kerjasama ini juga menjadi bagian untuk kembali menaikkan animo pasar pada produksi produk kendaraannya yang menurun cukup tajam di pasar domestik pada satu tahun terakhir.

Pihak Mahindra & Mahindra juga berharap kerjasama ini dapat mengantarkan pada produksi dan peluncuran produk-produk kendaraan baru untuk berkompetisi khususnya dengan Maruti Suzuki India Ltd dan Hyundai Motor India Ltd.

Dan tidak hanya produksi kendaraan untuk kebutuhan pasar domestik yang berusaha dipenuhi, namun juga untuk kebutuhan pasar ekspor di antaranya ke Timur Tengah, Australia, Afrika Selatan, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Chili, dan beberapa wilayah lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s