10 MOBIL PALING LARIS DI INGGRIS SEPANJANG TAHUN 2019

Ford Fiesta, Photo by: Derry Journey

jbkderry.com – Kata kunci “most popular car in UK 2019” alias “deretan mobil paling populer di Inggris sepanjang tahun 2019” ketemu artikel yang diunggah di situs https://www.driving.co.uk pada 5 September 2019 lalu.

Uniknya dalam daftar 10 mobil paling laris di Inggris hingga Agustus 2019 ini didominasi oleh mobil desain hatchback dan compact SUV.

Berikut daftarnya:

1. Ford Fiesta (terjual 52.921 unit)

Hatchback yang juga pernah dipasarkan di Indonesia ini mampu mempertahankan dominasinya sebagai mobil terlaris di Inggris pada tahun 2018.

Popularitas Ford Fiesta utamanya ditunjang oleh kelincahan dan kenyamanannya untuk dikendarai. jbkderry.com pun pernah merasakan impresinya yang menawan di Bali sekitar lima tahun silam, dan uniknya unit yang dipakai test drive selama 3 hari 2 malam adalah yang bermesin 1,0L EcoBoost yang pernah didaulat sebagai mesin terbaik di dunia di saat itu. 

Silakan simak artikel Menyusuri Keindahan Pulau Dewata 1.

Selain enak dikendarai melintasi jalan-jalan di Bali yang tergolong sempit, serta dukungan mesin yang andal, Ford Fiesta juga didukung dengan kualitas rancang bangun dan kapasitas interior yang baik di kelasnya.

2. Volkswagen Golf (terjual 39.220 unit)

Ya, lagi-lagi mobil berdesain hot-hatch yang menduduki di posisi runner-up dan konsisten menguntit ketat penjualan Ford Fiesta di sepanjang tahun 2019 ini.

Hot-hatch dari Volkswagen ini memang tidak lekang oleh waktu menjadi pilihan warga Inggris Raya, terlebih dengan dukungan material interior berkualitas dan kenyamanan berkendara bersamanya.

Di Indonesia, Volkswagen Golf juga masih dipasarkan melalui jaringan distributor PT Garuda Mataram Motor dan bisa dilihat melalui alamat situs https://www.vw.co.id.

3. Ford Focus (terjual 37.988 unit)

Penjualan Ford Focus hingga Agustus 2019 saling susul menyusul dengan penjualan VW Golf di Inggris Raya.

Secara dimensi, Ford Focus memiliki dimensi yang lebih besar dibanding Ford Fiesta, meski sama-sama mengusung desain hatchback.  jbkderry.com pun pernah merasakan kesan kenyamanan mengendarainya di Bali beberapa tahun silam saat PT Ford Motor Indonesia masih ada di tanah air.

4. Vauxhall Corsa (terjual 34.653 unit)

Vauxhall merupakan merek mobil asal Inggris raya, namun kini kepemilikan sepenuhnya ada di perusahaan asal Perancis, Peugeot.

Vauxhall Corsa juga mengusung desain hot-hacth dan bertemu dengan Ford Fiesta dan Kia Rio. Di Inggris sendiri, popularitas Vauxhall Corsa memang telah berlangsung lama. Tidak heran jika generasi keempatnya kini masih laris manis.

5. Nissan Qashgai (terjual 34.498 unit) 

Kendaraan berdesain compact crossover SUV satu ini telah memasuki fase generasi kelima.

Popularitasnya di mata konsumen Inggris Raya secara umum terletak pada sektor kenyamanannya untuk dikendarai, serta harganya yang tergolong terjangkau oleh dana konsumen secara umum. Selain itu juga faktor kepraktisan menjadi pertimbangan utama lainnya.

Meski secara desain keseluruhan, pesonanya dinilai masih kalah bersaing dari para rival utama. Soal reliabilitas atau nilai keandalannya juga dinilai tidak terlalu baik.

6. Mercedes-Benz A-Class (terjual 33.486 unit)

Ya, lagi-lagi data penjualan model kendaraan satu ini menunjukkan jika antusiasme konsumen Inggris Raya secara umum adalah pada kendaraan berdesain hatchback alias sedan tanpa buntut.

Di Inggris Raya, generasi terbaru Mercedes-Benz A-Class mampu melewati angka penjualan rival-rival terberatnya di segmen subcompact premium seperti BMW 1-Series dan Audi A3.

Dengan harga yang tergolong paling terjangkau di segmen premium, pesona A-Class juga terletak pada interior, spesifikasi, serta image-nya tentu.

7. Volkswagen Polo (terjual 27.455 unit)

“Adik” dari VW Golf ini telah memasuki fase generasi keenam, dan menjadi rival terberat Ford Fiesta di segmennya.

Sama seperti abangnya VG Golf, hatchback asal Jerman ini juga didukung dengan performa mesin yang efisien, kenyamanan dikendarai yang oke, serta didukung interior yang dinilai menjadi paling menarik di kelasnya.

8. Ford Kuga (terjual 26.116 unit)

Model kendaraan satu ini merupakan pesaing ketat Nissan Qashqai di wilayah Inggris Raya di segmen compact crossover SUV.

Dari beberapa hasil penelusuran di jagat maya, ditemukan data jika pesona Ford Kuga di antaranya pada performa yang menawan dan kenyamanan berkendara yang dinilai sebagai salah satu SUV untuk keluarga yang paling nyaman.

9. MINI Hatch (terjual 24.125 unit)

Model kendaraan yang mereknya asal Inggris namun kepemilikannya kini oleh Jerman (baca: BMW AG). Desainnya yang mengusung tema retro menjadi magnet kuat untuk menggoda daya beli para peminatnya di Inggris Raya.

Popularitasnya di Inggris Raya sendiri diproyeksi akan lebih tinggi lagi saat MINI Electric alias versi listriknya diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang.

10. Kia Sportage (terjual 22.367 unit)

Kia Sportage sedikit kehilangan grip persaingan dari dua rival utamanya, Nissan Qashqai dan Ford Kuga, namun kabar bagusnya masih bisa bertahan di posisi 10 besar mobil terlaris di Inggris Raya sejauh ini di tahun 2019.

Dari penelusuran di jagat maya, pesona utama Kia Sportage adalah pada nilai keandalannya sebagai salah satu yang terbaik di pasar otomotif Inggris Raya saat ini.

Penutup Artikel

Awrait, itu saja dulu artikel kelas secangkir kopi di akhir pekan Minggu 6 Oktober 2019. Semoga ada manfaatnya, terima kasih telah berkunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s