COPEN MOBIL SPORT MUNGIL DULU DAIHATSU KINI JADI TOYOTA

jbkderry.com – Salah satu kata kunci yang marak di Google dan dijadikan artikel otomotif pada Selasa 15 Oktober 2019 adalah Toyota Copen GR Sport.

Sport mungil convertible (atap bisa membuka) yang dikembangkan kembali bersama divisi Gazoo Racing (sebuah divisi performa dari Toyota) ini sedianya juga akan mengambil tempat di ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019 (24 Oktober – 4 November).

Ya, tentu ini menjadi setengah kejutan istimewa (termasuk buat jbkderry.com), karena selama ini Copen dikenal sebagai produk Daihatsu, dan bahkan di ajang Tokyo Auto Salon 2019 pada tanggal 11 Januari lalu, Daihatsu sendiri memperkenalkannya sebagai Copen GR Sport.

jbkderry.com sebut setengah kejutan istimewa, karena tidak sepenuhnya menjadi kabar mengejutkan, mengingatkan kepemilikan share mayoritas Toyota di Daihatsu. Bahkan sejak tahun 2016, kabarnya kepemilikan share keseluruhan sudah diambil oleh Toyota (sebelumnya 51%).

Dengan perubahan nama merek utama, Copen versi Toyota (dengan melibatkan Gazoo Racing pula) tampilannya jadi lebih sporty baik di sisi eksterior dan interior.

Toyota Copen Gazoo Racing memiliki bobot di 907 kg, dengan dukungan mesin turbocharged 0,66-liter (sekitar 660cc) bertenaga puncak 63 hp / 6.400 rpm dan torsi maksimal 92 Nm / 3.200 rpm.

Toyota Copen GR Sport menggunakan sistem penggerak roda depan, dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau CVT dengan Super Active Shift 7-percepatan dan paddle shifters.

Data teknis di atas sama saja dengan Daihatsu Copen? Yup, memang karena urusan itu kabarnya memang sengaja dilakukan oleh pihak Toyota (dan divisi Gazoo Racing-nya), karena fokus pengembangan justru pada faktor kestabilan bodi kendaraan dan sistem suspensinya.

Toyota Copen GR Sport di antaranya menggunakan shock absorbers khusus, dengan kinerja suspensi yang disempurnakan, penyempurnaan power steering,  new front brace, dan redesigned center brace.

Pada sektor eksterior, tampilan agresif Coper versi Toyota di antaranya terlihat pada desain bumper depan yang unik, grille depan lebih besar, serta bumper belakang dengan diffuser baru.

Perubahan eksterior lain di antaranya pada velg forged-aluminum BBS, LED headlight, LED fog lights, dan LED taillights. Serta tentu saja ada emblem GR Sport di bagian depan, samping, dan belakang kendaraan.

Lalu ada tersedia pilihan 8 delapan warna, serta berbagai pilihan warna juga tersedia untuk atapnya.

Di bagian dalam ada jok sport Recaro dengan bordiran GR, setir berlapis kulit dari Momo (dan tentu saja ada emblem GR-nya pula), serta panel instrumen baru GR dengan aksen merah.

Tertarik? Hmm, lihat-lihat saja dulu, karena pihak Toyota sementara ini menyatakan hanya tersedia untuk pasar domestik, atau mungkin bisa mulai membujuk pihak Toyota Indonesia untuk membawanya ke tanah air…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s