PENGALAMAN PERPANJANG SIM DAN MASA BERLAKUNYA LEBIH SINGKAT

jbkderry.com – Kamis 17 Oktober 2019, selepas mengantar tiga bocah bersekolah, Derry Journey bergegas ke Polres Kab. Bogor. Waktu belum lagi pukul delapan pagi saat tiba di sana, dan mestinya SIM A serta SIM C sih baru koit di awal November 2019 mendatang.

Ya, masih 3 minggu lagi masa berlakunya, tapi daripada ditunda-tunda dan mumpung dananya ada, meluncurlah ke sana.

Artikel kelas secangkir kopi kali ini untuk berbagi pengalaman memperpanjang SIM A dan SIM C yang saat artikel ini dibuat telah berubah format desain dengan nama (dikutip dari istilah media mainstream) ‘SIM Pintar’ atau ‘Smart SIM’.

Semoga bermanfaat.

1. Datang Pagi-Pagi (sebelum jam 8) & Jangan Lupa Bawa Pulpen serta Air Minum

Masuk ke areal parkiran samping kantor Polres Kab. Bogor, tepatnya ada di Gedung Kesenian Kabupaten Bogor, langsung disodori semacam tiket parkir (kertas print-print-an hitam putih) dengan angka tertera Rp 3.000,-.

“Nanti saja bayarnya pas pulang,” kata salah satu tukang parkir di pintu masuk.

Kenapa harus datang pagi-pagi, karena ternyata layanan perpanjang SIM hanya dari pukul delapan pagi hingga 10 pagi, dan benar saja pas 10:01 WIB jendela kecil tempat pendaftaran dan pembayaran langsung ditutup.

2. Jaket Harus Dibuka

Ya, ini imbauan yang meminta jaket dibuka saat masuk ke kawasan kantor Polres Kab. Bogor, dan itu pula yang diminta oleh seorang petugas polisi yang  membawa senjata laras panjang, tapi buru-buru Derry Journey jawab, “Saya belum mandi dan baju saya kotor, pak.”

Akhirnya dipersilakan masuk, “Kalau belum fotokopi SIM dan KTP, silakan fotokopi dulu di dalam,” kata polisi muda tersebut.

3. Siapkan Uang Fotokopi dan Map Rp 7.000,- Untuk Perpanjang 2 (dua) SIM

Di sebuah toko fotokopi di areal kantor Polres Kab. Bogor, Derry Journey dikenai biaya Rp 7 ribu untuk biaya fotokopi SIM A, SIM C, KTP, dan dua buah MAP biru.

Kalau bisa siapkan uang pas, takutnya gak ada kembalian karena masih pagi.

4. Bayar Uang Kesehatan Rp 30 Ribu dan Fotokopi Rp 1.000,-

Setelah dari tempat fotokopi, peserta perpanjangan SIM diarahkan ke bagian gedung belakang dengan akses jalanan sangat sempit, tapi ada beberapa panduan kertas tempel yang tulisannya, “Lewat sini, Bro.”

Hmm, kalau pesertanya cewek atau transgender masuk kategori “Bro” juga apa enggak yah?

Di sini selain diminta bayar Rp 30 ribu (yang katanya dana kesehatan), peserta cuma dites membaca angka-angka kecil yang ditempel di dinding, uji buta warna, dan periksa denyut nadi di lengan kanan. Setelah itu diminta fotokopi blangko Rp 1000,-.

Rasanya harga Rp 30 ribu ini agak kemahalan untuk formalitas semacam itu.

5. Ke Loket Perpanjangan (Sediakan waktu 2 – 3 jam di sini)

Derry Journey tiba pukul 08:01 WIB di sini, lalu kasih dua map biru yang didepannya diminta tulis nama peserta. Makanya jangan lupa bawa pulpen, ada sih penjual ibu-ibu yang lewat tapi harganya lumayan naek Rp 5.000,-.

Setelah setor map di loket, tinggal tunggu dipanggil lagi buat dapat nomer antrian. “Ya, kira-kira jam sebelasan lah kelar, standar,” kata seorang mas-mas, peserta perpanjangan SIM juga.

“Biasanya malah lebih ramai,” imbuhnya.

Pagi itu ada sekitar 80an orang pendaftar.

6. Dapat Nomor Antrian (nunggu dipanggil lagi)

Setelah dapat nomor antrian, nunggu lagi dipanggil. Setelah dipanggil, lalu bayar dan dikasih formulir untuk diisi (makanya jangan lupa bawa pulpen sendiri).

Nunggu juga lumayan lama dan panas, jadi jangan lupa bawa air minum.

Setelah isi formulir dan bayar, selanjutnya nunggu dipanggil lagi buat difoto.

7. Biaya Perpanjangan SIM A Rp 80 RIbu dan SIM C Rp 75 Ribu

Biaya yang harus dibayarkan peserta perpanjangan SIM sudah tertera di dekat loket.

8. Selanjutnya tunggu difoto dan selesai

Saat masuk ke ruang foto di sebuah bangunan berukuran (katakanlah) kecil (seukuran kamar tidur – gedean dikit), sekitar 6 – 10 orang diminta buat atrian difoto, nempelin jempol kanan berkali-kali, serta tandatangan digital.

Setelah itu diminta keluar ruangan untuk nunggu SIM jadi. Sekitar pukul 11:03 WIB, SIM A dan SIM C Derry Journey selesai.

9. Masa Berlaku SIM jadi lebih singkat

“Mohon didengarkan, masa berlaku SIM sekarang tidak lagi sama, bukan lagi tanggal ulang tahun jadi patokan, tapi tanggal pembuatan yang berarti hari ini,” kata seorang polisi di ruangan foto kepada para peserta.

Busyet, itu berarti Derry Journey agak rugi deh, karena masa berlaku SIM A dan C sebelumnya baru jatuh tempo tanggal 3 November, tapi hari ini baru tanggal 17 Oktober 2019, hiks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s