BIAYA PERAWATAN BERKALA YAMAHA AEROX 155 SETELAH 18 BULAN PEMAKAIAN

jbkderry.com – Senin pagi 14 Oktober 2019, Derry Journey membawa si Bumblebee 155 ke beres Yamaha JG Motor Cibinong di jalan raya Bogor, untuk perawatan setelah sekitar 18 bulan pemakaian.

Asumsi awal hanya di kisaran Rp 200 ribuan atau maksimal di kisaran Rp 300 ribuan, dengan asumsi rincian biaya servis ringan Rp 120 ribu, pengecekan CVT Rp 100 ribu, dan ganti oli mesin Rp 66.500.

Setelah beberapa saat ngantri (sekitar sejam), karena pagi itu cukup banyak yang servis motor, akhirnya si Bumblebee 155 kepegang juga sama seorang mekanik. Beberapa saat mekanik itu datang menghampiri dengan kertas catatan yang langsung membuat perasaan gak enak.

“Wah, bakal mahal lagi neeh.”

Benar saja, sang mekanik pun menjelaskan hasil tulisan tangannya yang tertera beberapa item pengerjaan dan suku cadang yang harus diganti, serta bagian paling tidak enak tertera angka di kisaran Rp 650 ribuan.

Derry Journey pun memperhatikan, lantas menunjuk satu poin, “Ini servis injeksi sudah kok, pak.”

Memang karena si Bumblebee 155 ini tergolong agak jarang dipakai, jarak tempuhnya masih belum tembus 10 ribu km. Meski kemudian satu item itu dicoret, namun masih tertera angka Rp 540an ribu dan gak bisa ditawar lagi.

“Ini semuanya semestinya dikerjakan, pak, karena memang sudah saatnya diganti,” jelas sang mekanik lagi. Item yang harus umumnya disebut di bagian CVT dan kampas rem depan.

Bu Yonna yang pegang budget pun langsung menggerutu kecil, “Busyet, servis berikutnya berapa lagi biayanya. Sudah biaya servis mobil neeh.” (namanya juga emak-emak)

Enggak kok, bu. Berikutnya biayanya reguler lagi kok.”

Bu Yonna agak senengan dikit karena pas gesek kartu ATM “cuma” dikenai biaya seperti yang tertera di foto lead di atas, Rp 441.000,- atau lumayan bisa hemat cepek ceng. Lebih senang lagi pas tahu biaya perpanjangan SIM A dan SIM C Derry Journey “cuma” habis Rp 200 ribu,-.

“Aku sudah anggarkan servis motor dan perpanjangan SIM Rp 800 ribu, baguslah kalau bisa agak hemat,” tukas Bu Yonna.

Yup, Derry Journey salut buat para ojek online yang menggunakan Yamaha Aerox dan Yamaha NMAX yang buat cari rezeki, secara bukan hanya kenyamanan berkendara yang sesuai slogannya “Live in the higher state“, tapi juga biaya perawatannya juga.

Sekali lagi menurut pendapat Derry Journey, MAXI Series Yamaha sangat pas buat skutik gaya hidup buat konsumen umum (atau entry level) yang ingin naik kelas dan mengejar rasa yang lebih nyaman dalam berkendara, tapi jika mengejar biaya yang lebih efisien dalam perawatan, plus nilai kepraktisan serta kegesitan berkendara untuk mobilitas sehari-hari di kawasan urban rasanya lebih pas memilih model di bawahnya sepertio Mio, Fino, Soul GT atau FreeGo.

Sebagai premis, Yamaha Aerox 155 adalah representasi dari salah satu slogan umum, “Ada kenyamanan (yang lebih baik), ada harga (lebih tinggi juga untuk dibayar).”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s