10 TAHUN JBKDERRY.COM (16 OKTOBER 2009 – 16 OKTOBER 2019)

jbkderry.com – Rabu 16 Oktober 2019, redaksi media kelas secangkir kopi ini dapat notifikasi atau pemberitahuan dari pihak WordPress, jika di hari itu sudah 10 tahun usia jbkderry.com ada bersama platform media digital yang kabarnya mulai dirilis di dunia pada 16 tahun silam atau tepatnya 27 Mei 2003.

Waktu 10 tahun nge-Blog, “Untuk apa dan dapat apa?”, itu pertanyaan yang mengemuka pertama kali di pengelola media ini waktu dapat pemberitahuan dari WordPress.

10 tahun silam waktu jbkderry.com pertama kali dimulai, tidak ada intensi selain ingin tetap meruangkan passion untuk menulis.

Seiring waktu perjalanannya pun banyak banget catatan-catatan dalam format artikel kelas secangkir kopi yang pernah tayang di jbkderry.com. Per tanggal 18 Oktober 2019 sudah ada sekitar 1.682 buah artikel yang ada di jbkderry.com selama bereksistensi melalui platform WordPress.

Dari segi penghargaan ada beberapa, yang paling bergengsi yaitu pas jadi Photo of the Year 2017 dari Volvo Trucks Indonesia, itu bangga dan senangnya bukan main, meski hadiahnya cuma tropi tanpa embel-embel hadiah lain seperti uang dan lainnya, tapi tetap senang sekali.

Bagaimana enggak senang, di antara sekian banyak media (khususnya media-media mainstream), foto-foto Volvo Trucks karya jbkderry.com didaulat menjadi yang terbaik versi Volvo Trucks Indonesia sepanjang tahun 2017.

“Penilaiannya objektif, karena kami juga melibatkan pakar dan agensi,” kata Mr. Jurn Terpstra, Marketing Director Volvo Trucks Indonesia saat itu.

Dari segi kerjasama yang menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan sampai bisa beli tunai Bumblebee 155 juga ada. Tercatat beberapa merek otomotif yang pernah bekerjasama seperti GT Radial, IRC, Hyundai, Yamaha, dan UD Trucks.

Kalau undangan liputan pun juga ada beberapa misalnya dari Toyota, Mitsubishi, Garda Oto, dan beberapa merek lain. Juga beberapa kali lolos akreditasi media di pameran otomotif seperti GIIAS dan IIMS.

Seiring jalannya waktu, katakanlah sejak semester kedua 2018 lalu, posisi jbkderry.com agak terjajar ke belakang dari orbit. Selain makin banyaknya populasi media mainstream, bertumbuhnya KOL atau influencer, hingga berkembangnya media-media alternatif yang dikelola oleh anak-anak muda yang produktif dan dinamis.

Scoop utama pembahasan artikel di media ini yaitu bidang otomotif pun memang berjalan kurang baik sejak semester kedua tahun 2018 lalu, itu pula yang jbkderry.com tangkap dari beberapa pemaparan para pakar berkelas dunia di JATO.com.

Lantas mau kemana jbkderry.com ke depan? Sebuah pertanyaan singkat yang bisa diikuti dengan garukan ke arah kepala penulisnya, tapi itu sejenak. Dunia bisa jadi berjalan lebih sulit kompetisinya, tapi memadamkan antusiasme untuk bergerak adalah dosa yang lebih besar.

Secara gerak maju bisa disebut jbkderry.com tidak lagi berbuah, bahkan berbunga pun belum, tapi itu tidak harus berarti pertanda menjadi mati. Tidak haruslah seperti jejak sejarah orang-orang besar, semua karya harus bermuara dengan kedigdayaan atau pencapaian materi yang megah.

Mungkin ini dapat disebut menghibur diri, tapi bisa juga dijadikan pencetus naiknya suluh motivasi dalam tiap diri yang tengah luruh untuk tidak berhenti. Cobalah ketik di Google dan bacalah seksama sejenak, “akhir masa hidup sang proklamator” atau “masa akhir hidup Pramoedya Ananta Toer”.

Menulis, dan kenapa harus terus menulis? Cobalah masukkan kata kunci “Why writing is important” di Google dan akan ketemu beberapa jawaban yang sekiranya dapat membantumu menemukan jawaban yang memotivasi.

Berikut di antaranya:

  • Menulis itu mengajarkanmu pula pada kebiasaan membaca yang baik.
  • Menulis itu mengajarkanmu untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan berpikir.
  • Menulis itu juga bagian ekspresi dari dalam diri tiap manusia.
  • Menulis itu bagian dari upaya mewujudkan cara berpikir penulisnya.
  • Menulis itu bagian dari kemampuan diri untuk menjelaskan setiap ide.
  • Menulis itu bagian dari upaya untuk menjaga setiap kepingan kenangan.
  • Menulis itu bagian diri kita untuk semakin memahami dan mengerti kehidupan.
  • Menulis itu bagian dari upaya kita untuk menghibur, bahkan lebih jauh memberikan edukasi atau pencerahan kepada orang lain.

Itu versi referensi di Google, tapi kalau ditanya ke pengelola media kelas secangkir kopi jbkderry.com, kenapa harus menulis berikut beberapa jawabannya:

  • Menulis itu bagian untuk tetap menjaga semangat hidup.
  • Menulis itu bisa menjadi bagian untuk menghibur diri saat luruh.
  • Menulis itu bisa mengeluarkan endapan di kepala yang terasa berat, kemudian terasa menjadi hal yang biasa saat telah menaktualkannya.
  • Menulis itu bisa menjadi bagian strategi jitu untuk berdamai dengan diri sendiri di tiap kesempatan.
  • Menulis itu bisa menjadi bagian strategi jitu untuk tetap melanjutkan antusiasme perjalanan.

Hmm, itu saja dulu catatan ringan merayakan 10 tahun perjalanan jbkderry.com. Terima kasih telah menyempatkan waktu berkunjung, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s