INI DIA SEMBILAN MEREK MOBIL TERTUA DI DUNIA

Kendaraan produksi Peugeot

jbkderry.com – Artikel otomotif untuk Senin 21 Oktober 2019 ini mengulas artikel tentang sembilan merek mobil tertua di dunia yang disarikan dari situs oldest.org.

Ternyata mobil pertama di dunia pada tahun 1808 sudah menggunakan bahan bakar hidrogen bukan bahan fosil, meskipun sudah menganut sistem kerja mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).

Di awal perjalanannya, kesembilan merek mobil ini tidak lantas memproduksi mobil, melainkan bisnis yang kemungkinan tidak dibayangkan oleh masyarakat secara umum.

Berikut informasi dari kesembilan merek mobil tertua di dunia yang masih ada hingga saat ini…

1. Peugeot (1810)

Merek mobil asal Perancis ini disebut sebagai yang tertua di dunia karena sudah ada sejak tahun 1810, meskipun produksi kendaraannya sendiri baru dimulai 72 tahun kemudian di tahun 1882.

Di awal berdirinya, bidang usaha Peugeot justru berkenaan dengan alat penggilingan kopi rumahan. Di tahun 1830, bidang usaha Peugeot pun dimulai dengan memproduksi sepeda.

Mobil pertama Peugeot sendiri baru diperkenalkan pada tahun 1889 yang merupakan hasil kerjasama dengan seorang pengusaha bernama Leon Serpollet. Meskipun demikian, mobil beroda tiga dengan menggunakan sumber tenaga mesin uap ini masih belum memungkinkan bisa masuk dalam jalur produksi.

Setahun kemudian di tahun 1890, dengan bantuan dari mesin Panhard-Daimler, mobil beroda tiga tersebut bisa menjadi mobil bermesin pembakaran dalam yang lebih baik.

Di tahun 1898, Peugeot pun mulai memproduksi motor, meskipun 30 tahun kemudian di tahun 1926, perusahaan mobil dan motornya dipisahkan.

2. Tatra (1825)

Merek mobil asal Czech Republic ini memulai bidang usahanya di bidang produksi kereta kuda. 66 tahun kemudian di tahun 1891, perusahaan tersebut mulai memproduksi mobil yang berjalan di rel (railroad cars).

Di tahun 1897, Direktur Teknis dari Tetra yaitu Hugo Fischer von Roeslerstamm membeli sebuah mobil produksi Benz, yang kemudian menjadi bahan inspirasinya untuk memproduksi mobil pertama mereka yang kemudian diberi nama Prasident. Setahun kemudian, truk pertama Tetra pun mulai jalur produksi.

Di tengah Perang Dunia II, Tetra memproduksi mesin tank dan truk untuk kebutuhan militer Jerman, walaupun hal ini kemudian coba ditutupi menyusul banyaknya prajurit Jerman yang tewas saat mengoperasionalkannya di medan perang. Peristiwa penyangkalan ini pun membuat pasukan Jerman kemudian menggunakan truk-truk produksi Tatra.

Di tahun 1999, Tetra menghentikan produksi mobilnya, namun produksi truk tetap dilanjutkan.

3. Opel Automobile GmbH (1862)

1899 Opel Patentmotorwagen System Lutzmann – Opel Classic Collection

Di awal perjalanannya, Opel dikenal sebagai perusahaan produksi mesin jahit. 24 tahun kemudian di tahun 1886, merek mobil asal Jerman ini mulai memproduksi sepeda.

Di tahun 1899 baru mobil pertama Opel dibuat, dan baru tiga tahun kemudian di tahun 1902 diperkenalkan di ajang Hamburg Motor Show. Itu pun Opel belum memfokuskan bidang bisnisnya pada produksi mobil.

Keadaan mulai berubah saat pabrik mereka kemudian terbakar beberapa tahun kemudian, dan pihak perusahaan pun memutuskan membuat pabrikan mobil secara khusus dan tersendiri, dan meninggalkan usahanya di bidang produksi mesin jahit.

Di tahun 1913, Opel berhasil menjadi perusahaan mobil terbesar di Jerman, menyusul 17 tahun kemudian di tahun 1930 menjadi pabrikan mobil terbesar di Eropa. Setahun kemudian di tahun 1931, kepemilikan Opel secara 100% dibeli oleh General Motors.

Hingga pada Agustus 2017, kepemilikan beralih menjadi bagian unit usaha dari perusahaan otomotif Perancis, Peugeot S.A. (Groupe PSA). Di beberapa negara, kendaraan produksi Opel juga dipasarkan dengan nama lain seperti Holden (untuk pasar Australia), lalu dengan nama Buick, Saturn, dan Cadillac untuk pasar Amerika Utara dan Cina

4. Mercedes-Benz (1883)

Merek mobil premium ini seperti yang mungkin telah diketahui oleh banyak orang merupakan gabungan dari dua perusahaan otomotif, sebelum dideklarasikan resmi pada tahun 1926. Sederhananya, cikal bakal keberadaannya terjadi jauh sebelum tahun tersebut.

Salah satu perusahaan awalnya adalah Daimler-Motores-Gesellschaft (DMG) yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach pada tahun 1890 yang memulai produksi mesin bensin. Setelah sukses dengan produksi mobil balap berukuran kecil, pihak perusahaan pun memulai fokusnya dalam pengembangan kendaraan Mercedes.

Perusahaan satunya lagi adalah Benz & Companie Rheinische Garmotoren-Fabric yang dididikan oleh Karl Benz, Max Rose, dan Friedrich Wilhelm Eßlinger pada tahun 1883. Di awal perjalanan perusahaan yang satu ini mesin industrial dan mesin gas, sebelum Benz memutuskan fokus pada hasrat pribadinya memproduksi mobil yang kemudian dipanggil sebagai “kereta tanpa kuda” (horseless carriages).

Mobil tersebut kemudian menjadi mobil pertama di dunia yang berbahan bakar bensin pada tahun 1886.

Kedua perusahaan ini kemudian seperti yang dicatat dalam sejarah umum melakukan merger pada tahun 1926.

5. Skoda Auto (1895)

Merek mobil satu ini asalnya satu rumpun bangsa dengan Tatra, yaitu berasal dari Czech Republic, dan didirikan oleh Laurin & Klement pada tahun 1895.

Di masa-masa awal, Skoda Auto membuat sepeda, motor, dan mobil. Jalur produksi mobil sendiri dimulai pada tahun 1905 dan tidak lama berselang berhasil menjadi perusahaan otomotif terbesar di Austria-Hongaria.

Di tahun 1925, kepemilikan perusahaan konglomerat diambil oleh Skoda Works, dan seiring waktu pula namanya dikenal lebih singkat, Skoda. Sejak tahun 2000, Skoda menjadi bagian anak perusahaan Volkswagen Group.

6. Land Rover (1896)

Di awal nama aslinya adalah Lancashire Steam Motor Company di Inggris, sebelum mereknya mengalami perubahan nama. Fokus bisnisnya saat itu memproduksi mesin pemotong rumput.

Di tahun 1907, nama perusahaan berubah menjadi Leyland Motors. Di tahun 1968 berubah lagi menjadi British Leyland Motor Corporation Ltd setelah melakukan merger dengan British Motor Holdings.  Di tahun 1986 namanya berubah lagi menjadi The Rover Group.

Mobil pertamanya diproduksi pada tahun 1948, dan kemudian didaulat sebagai ikon kendaraan Inggris.

7. Renault (1899)

Merek mobil asal Perancis ini didirikan oleh tiga bersaudara Louis, Marcel, dan Fernand Renault.

Louis yang merupakan seorang engineer yang menjalankan tugas mendesain prototipe kendaraan, sementara kedua saudaranya yang menjalankan roda bisnis perusahaan.

Di awal tahun 1898, Renault berhasil menjual mobil pertama.

Di tahun 1903, Renault mulai memproduksi mesin buatan sendiri. Kemudian mulai fokus mengembangkan truk, bus, dan kendaraan kargo. Di masa Perang Dunia, Renault memproduksi mesin pesawat militer dan amunisinya. Renault juga kemudian fokus dalam pengembangan mesin agrikultur dan industri.

8. Fiat (1899)

1899 Fiat 4 HP

Tahun kelahiran Fiat sama dengan tahun kelahiran Renault, bedanya satu kelahiran Italia sementara satunya lagi kelahiran Perancis.

Nama penuhnya Fabbrica Italiana Automobili Torino yang kemudian diterjemahkan menjadi Italian Automobiles Factory yang bermarkas di Turin, Italia.

Mobil pertama Fiat dibuat pada tahun 1899. Ya, bener di awal tahun berdirinya langsung memproduksi mobil. Mobil-mobil produksi Fiat yang paling populer di segmen kendaraan city car dan supermini.

Di tahun 1970, Fiat mulai pengembangan kendaraan listrik. Di luar perusahaan di bidang mobil, Fiat juga memiliki bisnis produksi senjata.

Kepemilikan Fiat kini ada di tangan Chrysler Automobiles.

9. Cadillac (1901)

Cikal bakal merek Cadillac ada hubungannya dengan Henry Ford (pendiri Ford) yang ingin membuat perusahaan otomotif kedua, namun kemudian perusahaan ini ditinggalkannya menyusul ketidaksepakatan yang terjadi dengan dua orang banker Lemuel Bowen dan William Murphy.

Murphy dan Brown kemudian mengajak Henry Leland untuk menjual perusahaan tersebut, namun Leland kemudian berhasil meyakinkan keduanya untuk melanjutkan bisnis produksi mobil tersebut.

Setahun kemudian di tahun 1902, nama perusahaan pun diubah. Tujuh tahun kemudian pada tahun perusahaan otomotif tersebut dibeli oleh General Motors, setelah sebelumnya dikenal sebagai produsen mobil-mobil di segmen mewah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s