MENGENAL LEBIH DEKAT 4 MODEL TRANSMISI MOBIL

jbkderry.com – Tahukah Anda jika pada tahun 2018 lalu ada lebih dari 95 juta unit mobil pribadi dan kendaraan komersial yang diproduksi di dunia? Data ini jbkderry.com dapatkan langsung dari situs resmi OICA yang merupakan organisasi internasional kendaraan bermotor.

Meski kemudian pasar penjualan kendaraan baru pada tahun 2018 turun 1,7% dibanding pencapaian tahun 2017, namun bukan berarti antusiasme konsumen juga tengah menurun. Salah satu indikasinya saat ini adalah maraknya informasi pengembangan kendaraan bersumber penggerak listrik seperti halnya yang tengah lagi ramai dikampanyekan di Indonesia.

Tapi artikel kali ini tidak untuk membahas khusus mengenai hal tersebut, melainkan (sesuai judul) fokus pada empat model transmisi mobil yang telah ada pada saat ini. Artikel ini disarikan dari artikel berbahasa Inggris di situs engineering.com.

Semoga bermanfaat…

1. Transmisi Manual

Transmisi manual atau lazim juga disebut transmisi standar bisa disebut semakin popularitasnya di dunia. Kabarnya kini hanya 1 dari 5 mobil baru yang menyediakan pilihan transmisi manual.

Di Amerika Serikat sendiri, angka penjualan mobil bertransmisi manual hanya kurang dari 3%. Salah satu penyebabnya yang disinyalir adalah perkembangan transmisi otomatis terkini yang justru bisa lebih irit dibanding transmisi manual.

Saat ini produsen kendaraan yang masih menyediakan pilihan transmisi manual pun semakin menurun, di antaranya yang masih menyediakan pilihan transmisi manual adalah GM, Ford, Honda, Hyundai, Kia, Nissan, Subaru, dan Toyota.

2. Hydraulic Plenetary Automatic (Transmisi AT)

Tipe paling umum dari transmisi otomatis menggunakan mekanisme mengunci dan melepaskan planetary gears saat proses perpindahan gigi, serta juga menggunakan kopling hidrolik untuk menyalurkan tenaga yang lebih cepat ketimbang kopling manual, namun penumpang di kendaraan masih bisa merasakan proses perpindahan gigi.

Proses perpindahan gigi pada model transmisi ini umumnya disertai hentakan atau ayunan, meskipun seiring perkembangan teknologi, rasio gear-nya dibuat lebih rapat sehingga efek hentakan atau ayunan jadi lebih minim.

3. Dual-Clucth (DCT)

Teknologi transmisi otomatis yang lebih maju ini ditemukan awalnya di Jerman, dengan menggunakan dua buah independent gear set dan clutch circuit yang kinerjanya diatur melalui komputer.

Transmisi dual-clutch merupakan transisi antara Hydraulic Plenetary Automatic dan transmisi CVT (dibahas di bawah). Beberapa produsen kedaraan yang menjadi pionir teknologi DCT yakni Volkswagen, Nissan, Ferrari, dan McLaren. Porsche juga menggunakan teknologi DCT tapi dengan nama tersendiri yakni PDK yang merupakan akronim dalam bahasa Jerman dari kata transmisi double-clutch.

4. Continuously Variable (CVT) 

Sistem transmisi satu ini merupakan kebalikan transmisi hydraulic plenatary yeng terdiri dari beberapa level kecepatan. Transmisi CVT menganut sistem kerja kecepatan tunggal.

Manfaat paling siginifkan dari sistem transmisi satu ini adalah proses transisi perubahan kecepatannya yang berlangsung halus, sehingga kinerja mesin bisa lebih efisien. Meski lebih halus dan efisien, namun ada beberapa kelemahan umum dari transmisi CVT yaitu hentakan torsi yang minim serta perbaikan biayanya jauh lebih mahal dibanding transmisi AT.

Transmisi CVT dari beberapa referensi yang jbkderry.com dapatkan lebih cocok untuk kebutuhan mobilitas perkotaan yang medan jalannya cenderung rata atau bukan untuk kebutuhan mobilitas di jalan perbukitan yang intens.

Beberapa pabrikan yang paling umum menggunakan transmisi CVT adalah Honda, Nissan, dan Toyota. Nissan menggunakan transmisi CVT dari JATCO, yang merupakan divisi transmisi hasil bergabungnya Nissan dan Mitsubishi. Honda memproduksi sistem CVT-nya sendiri, sementara Toyota punya unit perusahaan Aisin untuk mengembangkannya.

Sederhananya, pabrikan Jepang disebut yang paling terkini dalam pengembangan transmisi CVT.

Demikian dulu artikel untuk kali ini, semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir. Silakan simak juga artikel lainnya TERNYATA PERUSAHAAN PEMBUAT TRANSMISI OTOMATIS JUMLAHNYA HANYA HITUNGAN JARI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s