BERWISATA KULINER HARGA TERJANGKAU DI SEKITAR STASIUN JUANDA JAKARTA

jbkderry.com – Di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019 – 2024, Minggu Oktober 2019, jbkderry.com menikmati menu jajajan di sekitar Stasiun Juanda – Jakarta dengan harga yang lumayan terjangkau alias gak mahal-mahal amat.

Lokasi pertama yang didatangi adalah Es Krim Ragusa, salah satu destinasi es krim paling legendaris di ibukota karena telah ada sejak tahun 1932. jbkderry.com sudah cukup lama menyimpan keinginan bisa ke tempat ini merasa senang, karena akhirnya kesampaian.

Hal lain yang cukup menyenangkan ke tempat kuliner satu ini, karena bisa cukup berhemat untuk biaya transportasinya dan relatif lebih aman serta nyaman pula, yakni naik Commuter Line yang biayanya hanya Rp 4.000,- / orang dari Stasiun Citayam menuju Stasiun Juanda.

Dari stasiun Juanda, aksesnya pun tergolong mudah dan relatif aman. Setelah turun dari kereta tinggal berjalan kaki sekitar 200 meter, dan cukup aman karena ada JPO (jembatan penyeberangan orang) dari stasiun Juanda menuju arah Masjid Istiqlal.

Hanya saja di hari itu agak sedikit kontras, karena di hari pelantikan petinggi negara masih ada potret kemiskinan para pedangan kaki lima di JPO yang membawa anak-anak mereka yang masih kecil dan terlihat dekil. Hal yang tentu cukup menyentak nurani, karena lokasinya cukup dekat dari Istana Presiden dan kantor Gubernur DKI.

Setelah turun dari JPO, sudah ada beberapa polisi yang berjaga untuk prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Beberapa di antaranya mengingatkan jbkderry.com, “Kalau ke Monas aksesnya ditutup.”, tapi jbkderry.com menjelaskan hanya ingin ke Es Krim Ragusa.

Tepat di seberangnya ada akses sungai kecil yang airnya kurang karena musim kering dan kembali butek.

Es Krim Ragusa: es krim legendaris sejak 1932

Bangunan Es Krim Ragusa ternyata adalah sebuah ruko dengan desain interior yang klasik mengingatkan jbkderry.com pada dekorasi toko-toko zaman dulu di era 1980an.

Tidak pakai lama, ada empat menu es krim yang dipesan. Dua cup es krim masing-masing rasa Vanilla dan Coklat dipesan dengan harga masing-masing Rp 15.000,-/cup. Lalu ada satu cup es durian seharga Rp 20.000,-/cup, dan satu lagi es krim tiga rasa dengan ukuran cup lebih besar seharga Rp 25.000,-/cup.

jbkderry.com dan rombongan kecilnya paling suka yang rasa durian dan tiga rasa, namun rasa coklat dan duriannya juga lumayan enak.

Kesimpulan: recommended ke tempat kuliner satu ini, karena suasananya cukup enak, rasa es krimnya memang legendaris, dan harganya cukup terjangkau.

Joni Steak: Rasanya enak, tempatnya nyaman, harga lumayan terjangkau, dan Mushallah-nya apik

Rencana awal adalah setelah makan es krim adalah pulang kembali ke rumah, namun kiddos pada protes, “Masa langsung pulang?”

Jadilah langsung browsing lokasi kuliner enak dan harga terjangkau di sekitar situ. Sempat ingin ke arah Pecenongan yang memang terkenal dengan kawasan wisata kuliner, akhirnya destinasi berikut yang ditentukan adalah Joni Steak di kawasan jalan Sawah Besar.

Untuk sampai ke situ, jbkderry.com dan rombongan kecilnya berjalan kaki beberapa ratus meter, di tengah cuaca panas, jadi walaupun terhitung dekat jaraknya tapi cukup menyiksa juga jalannya. Apalagi ternyata di kolong jalan layang perlintasan Commuter Line antara stasiun Juanda dan stasiun Sawah Besar ada lokasi pengangkut sampah yang baunya cukup menyengat hidung hingga sampai ke kepala.

Meski orang-orang dewasa dan anak-anak yang nampak berdomisili di situ tetap beraktivitas seperti pada umumnya, terlihat tidak terganggu sama sekali mungkin karena telah terbiasa.

Di Joni Steak, terasa nyaman di dalamnya. Dekorasi ruangnya enak, penyejuk udaranya juga bagus, harga menunya lumayan terjangkau untuk rasanya yang juga enak, serta yang tidak kalah menarik adalah Mushallah-nya apik dan nyaman pula.

Harga steaknya 100 ons cuma Rp 40 ribuan dan Rp 45 ribuan, lalu pizza-nya yang ukurannya lumayan besar untuk  3 – 4 orang “cuma” Rp 80.000,-.

Menurut jbkderry.com, dengan harga segitu dan kenyamanan yang ditawarkan, tempat satu ini masuk kategori “recommended” alias cukup patut direkomendasikan.

Setelah selesai makan dan membayar, Keanu langsung nyeletuk, “Ke stasiunnya naik Gocar yah, ayah.”

Biaya transportasi online dengan menggunakan Toyota Avanza itu pun terhitung murah. Dengan jarak sekitar 600an meter, jbkderry.com membayar Rp 13.000,- berdasarkan tarif, tapi dilebihkan sedikit jadi Rp 20.000,- sebagai tanda terima kasih.

Baiklah, inilah cerita akhir pekan jbkderry.com kali ini. Semoga informasi sederhana kelas secangkir kopi ini ada manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s