PLN RESMIKAN STASIUN PENGISIAN DAYA KENDARAAN LISTRIK DI 4 KOTA INDONESIA

sumber image: PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

jbkderry.com – Senin 28 Oktober 2019, perkembangan infrastruktur untuk kendaraan listrik di Indonesia kembali melangkah maju, setelah PT PLN (Persero) meresmikan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau charging station di kantor PT PLN (Persero) dan fasilitas publik di 4 (empat) kota yaitu Jakarta, Bandung, Tangerang, dan Bali Selatan.

Langkah PT PLN ini tentu tidak terlepas dari upaya langkah lanjutan yang riil atau nyata dari Peraturan Presiden no.55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan yang telah disahkan pada tanggal 8 Agustus lalu.

Dalam penyediaan sejumlah SPKLU ini, PLN melakukan dua mekanisme yakni murni inisiasi sendiri, dan yang kedua melalui kerjasama dengan pihak swasta seperti dengan pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Pihak PT MMKSI sendiri memberikan dukungan di antaranya melalui donasi tiga unit kendaraan tanpa emisi dan gas buang berupa Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Dua unit Outlander PHEV dipakai untuk mengantarkan jajaran direksi PT PLN (Persero) dalam iring-iringan mobil listrik yang bertolak dari kantor pusat PT PLN (Persero) di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta menuju AEON Mall BSD sebagai tempat acara peresmian dilaksanakan. Sedangkan satu unit lainnya menjadi bagian dari rangkaian peresmian SPKLU di kantor PT PLN (Persero) Kota Bandung.

Prosesi peresmian SPKLU pada Sabtu (28/10) berlokasi di Aeon Mall, BSD City – Banten, dihadiri oleh Direktur Ketenagalistrikan ESDM Rida Mulyana, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Fajar Harry Sampurno, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, Plt Komisaris Utama PLN Ilya Avianti.

“Kami secara terbuka bekerjasama dengan berbagai pihak, baik perusahaan swasta ataupun BUMN lainnya untuk pembangunan dan peluncuran SPKLU,” kata Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani.

Sebelumnya, PLN juga telah menggandeng kerjasama dengan 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Sedianya di tahun 2019 ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

Pihak PLN juga telah mengikat kerjasama dengan 20 perusahaan swasta dan juga BUMN, dalam hal penyediaan SPKLU di sejumlah instansi, termasuk area parkir kendaraan bermotor di berbagai perkantoran dan juga nantinya di pusat-pusat perbelanjaan.

Itu semua dilakukan sebagai upaya menciptakan terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterei di Indonesia, guna menciptakan Indonesia yang tidak hanya bebas dari polusi, namun juga dalam jangka panjang, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui.

Dalam sambutannya Dirjen ketenagalistrikan Rida Mulyana, menyebutkan apresiasi terhadap langkah PLN dalam penyediaan SPKLU.

“Langkah PLN sangat bagus dan strategis dengan kerjasama untuk pemanfaatan kendaraan berbasis listrik. Hal ini juga bagus untuk peningkatan penjualan tenaga listrik kedepannya,” Ungkap Rida Mulyana.

Peresmian ini sangat penting bagi kami, sebagai wujud keseriusan PLN untuk mendukung program kendaraan berlistrik di Indonesia, seperti yang kita ketahui bahwa PLN mendapatkan penugasan dari Pemerintah dalam rangka penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk KBL berbasis baterai.

Hal ini juga menjadi bukti komitmen dan kontribusi bersama terhadap program Pemerintah demi terwujudnya kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Pasalnya SPKLU ini adalah hal mendasar untuk mendorong penggunaan kendaraan berlistrik.

MMKSI mendukung langkah positif Pemerintah Indonesia melalui PT PLN (Persero) dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dengan beralih ke kendaraan yang menggunakan daya listrik. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami di mana OUTLANDER PHEV, yang baru kami pasarkan di Indonesia dapat menjadi bagian dari langkah pemerintah Indonesia dalam percepatan program mobil listrik berbasis baterai,” papar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s