PENJUALAN KIA DI INDIA LEWATI ANGKA PENJUALAN TOYOTA

Hanya berbekal satu model (Seltos), Kia berhasil melampaui penjualan Toyota di India.

jbkderry.com – Sekitar dua hari lalu, Senin 4 November 2019, jbkderry.com melihat informasi di IG @indianautomotive, jika berkat model kendaraan sub-compat SUV terbarunya yang diberi nama Seltos, Kia berhasil melampui penjualan Toyota pada bulan Oktober 2019 di India dan menjadi brand dengan penjualan terbesar ke-5 di negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia itu.

Lalu hari dimana artikel ini dibuat, Rabu 6 November 2019, berbekal kata kunci “india largest carmaker october 2019” di Google, ketemulah satu sumber artikel yang dimuat di media online https://www.zigwheels.com/, dan berikut penjabarannya lebih lanjut…

Sepanjang Oktober 2019 lalu, brand asal Korea tersebut berhasil membukukan angka penjualan 12.850 unit Kia Seltos.

Sejak diperkenalkan pada tanggal 22 Agustus 2019, Kia Seltos telah membukukan angka penjualan 26.840 unit.

Kia Seltos yang dipasar sub-compact SUV India berhadapan dengan para rival seperti MG Hector, Tata Harrier, Mahindra XUV500, dan saudaranya Hyundai Creta, dipasarkan dengan harga antara Rs 9,6 lakh hingga Rs 16,99 lakh (sekitar Rp 189,8 juta hingga Rp 335,9 juta).

Sejauh ini, Kia yang baru saja baru masuk di pasar otomotif India pada tahun 2019 ini telah menerima pesanan lebih dari 60.000 unit Kia Seltos. Ya, atau dengan kata lain, baru mengandalkan satu produk saja, Kia dikabarkan telah melampaui penjualan Toyota di India.

Sebuah kabar yang memberi efek kejut luar biasa tentu, apalagi dari beberapa referensi yang jbkderry.com, pasar otomotif di India pada tahun 2019 ini tidak tengah berjalan baik, silakan simak artikel NGOBROLIN PASAR OTOMOTIF INDIA DAN DI INDONESIA DI TAHUN 2019.

Namun pada kenyataannya, Kia ternyata berhasil merangsang minat beli yang cukup fenomenal. Mungkin kalau di Indonesia, kasusnya kayak Wuling. Di Indonesia, di tengah angka penjualan kendaraan yang turun 13,5 % (periode Januari – Agustus 2019), Wuling berhasil menorehkan angka penjualan yang cukup baik di segmen yang dimasukinya melalui Confero, Cortez, dan Almaz.

Kia sendiri sudah merencanakan akan memperkenalkan dua model kendaraan mereka lainnya pada Auto Expo 2020 yang sedianya berlangsung pada tanggal 7 – 12 Februari tahun depan. Salah satu mdel kendaraan yang Kia sedianya perkenalkan berikutnya adalah Kia Carnival dan satu lagi kabarnya berdesain compact SUV yaitu Kia Stonic.

Melalui fasilitas produksinya di Anantapur, Andra Pradesh, Kia mengklaim mampu memproduksi sekitar 300.000 unit kendaraan per tahun.

Kia Carnival yang sedianya diperkenalkan di India nampaknya akan menjadi cobaan berat baru buat Toyota di pasar otomotif India, karena kabarnya akan hadir dengan akomodasi yang lebih premium ketimbang Toyota Innova Crysta.

Wuih, ngeri neeh ngeliat sepak terjang Kia di India, bagaimana menurut kalian, guys? Silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s