PENJUALAN TOYOTA AVANZA DI INDONESIA SUDAH HAMPIR TEMBUS 1,8 JUTA UNIT

jbkderry.com – Pasar otomotif nasional dalam kurun waktu 16 tahun terakhir (2003 – 2019) tentu tidak bisa lepas dari sosok model kendaraan produksi Toyota ini. Apalagi kalau bukan Toyota Avanza.

Bagaimana tidak, dalam kurun waktu 16 tahun tersebut berdasarkan data yang dirilis oleh tim PR PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Kamis 28 November 2019, angka penjulan Toyota Avanza telah nyaris menyentuh angka 1,8 juta unit sekaligus menjadikannya model kendaraan terlaris di Indonesia.

Sebuah pencapaian yang mengesankan tentu, karena gempuran para rival seiring waktu di segmennya, low MPV, semakin riuh, di tengah kondisi pasar dan minat beli konsumen yang cenderung menurun.

Meski angka penjualannya terus menurun (silakan simak BENARKAH TOYOTA AVANZA KALAH DARI MITSUBISHI XPANDER?) di tahun 2018 lalu kembali turun di angka 82.167 unit atau sekitar 6.487 unit per bulan, namun singgasana Toyota Avanza sebagai penguasa segmen low-MPV saat ini belum tergoyahkan baik itu oleh Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Livina, atau Wuling Condero.

Bahkan di antara rival itu, tercatat hanya Mitsubishi Xpander yang masih bisa melakukan perlawanan konsisten selama dua tahun terakhir, lainnya secara perlahan rontok terpaut jauh termasuk kembarannya Daihatsu Xenia yang justru terlempar dari jajaran 10 mobil terlaris pada Oktober 2019 berdasarkan data Gaikindo.

Berdasarkan data dari pihak PT TAM, angka penjualan Toyota Avanza periode Januari – Oktober 2019 dikabarkan telah mencapai 73.962 unit. Dan jika trend penjualan rata-rata bulanan di atas 6.000 unit bisa dicapai pada sisa dua bulan terakhir di tahun 2019 ini, tidak menutup kemungkinan ini akan menjadi momentum rebound alias bakal lebih tinggi dibanding pencapaian penjualan di tahun 2018. 

Atas pencapaiannya itu pula sudah banyak bentuk penghargaan dan apresiasi yang diterima oleh Toyota Avanza, termasuk yang terbaru dari ajang Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2019 melalui penghargaan predikat Platinum – The Most Valuable Brand untuk kategori kendaraan MPV (atau baca saja segmen kendaraan keluarga). 

Di ajang IBBA 2019, penghargaan tertinggi kepada Toyota Avanza diberikan karena dinilai mampu memenuhi kepuasan pelangganya karena sejak awal memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan real 7 seater MPV yang sesuai dengan karakteristik dan geografis Indonesia.

“Avanza adalah produk Toyota yang memiliki hubungan erat dengan masyarakat Indonesia bahkan telah menjadi Part of Indonesia Greatness selama 16 tahun terakhir dan sukses mempertahankan posisi nomor satu sebagai MPV terlaris di kelasnya saat ini, sehingga Avanza tetap menjadi pilihan,”  kata Anton Jimmy Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor.  

IBBA merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan Majalah SWA dan MARS bersama SWANETWORK yang pada tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-20 dengan sebelumnya melakukan survei terhadap brand-brand lokal yang keberadaannya dinilai telah mampu bersaing di tataran global.

Untuk tahun 2019, survei brand digelar pada beberapa kota besar di tanah air dengan kurun waktu selama tiga bulan menggunakan metode multistage random sampling terhadap lebih dari 10 ribu responden untuk mengetahui merek terbaik dari berbagai kategori produk.

Well, selamat untuk Toyota Avanza. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s