NGOBROLIN MEREK MOBIL PALING MENARIK DI BAHAS DI TAHUN 2019: WULING

jbkderry.com – Sudah beberapa hari terakhir, media kelas secangkir kopi jbkderry.com tertarik membuat artikel sesuai judul di atas.

Menarik, karena bisa dibilang Wuling yang bisa punya trend positif di tahun 2019 yang penuh tantangan, di saat dimana pasar mobil di Indonesia mengalami penurunan penjualan 11,6% periode Januari – November (data Gaikindo) dibanding periode waktu yang sama tahun 2018.

Secara model, mungkin ada yang ingin berargumen Mitsubishi Xpander masih bagus kok eksistensinya di pasar?! Silakan simak data penetrasi pasarnya sepanjang 11 bulan pertama 2019, khususnya saat diperbandingkan dengan rival utama Toyota Avanza yang semakin berjarak.

Atau mungkin ada juga yang mau bilang, “Ah, Toyota Avanza masih di posisi pertama di kelasnya.”, silakan juga telusuri data angka penurunan penjualan Toyota Avanza sejak tahun 2014 yang mencapai double digit per tahun.

Sederhananya, silakan simak datanya sendiri dengan memasukkan kata kunci yang tepat di Google untuk mengukur fakta penjualan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza.

Lantas kenapa Wuling bisa satu-satunya merek mobil yang menarik untuk dibahas di tahun 2019? Yuk, diobrolin a la media kelas secangkir kopi.

1. Opini Pandangan Negatif Pada Merek Cina Tidak Terbukti

Sebelum Wuling sungguh-sungguh masuk Indonesia, tentu ada keraguan, apakah merek satu ini bisa mengubah persepsi negatif pada merek-merek mobil Cina yang gagal ambyar di Indonesia, seperti Geely, Chery, dan Great Wall?

Kecuali pada media-media yang dapat kucuran iklan pasti membela yang bayar untuk membantu membentuk opini di masyarakat.

Tapi apa iya masyarakat Indonesia masih selalu jadi korban iklan dan rekayasa informasi media mainstream? Hmm, rasanya kalau ini masih bisa diperdebatkan, karena budget promosi Wuling tentu tidak lebih besar ketimbang Toyota dan Mitsubishi.

Sederhananya, masyarakat Indonesia terbukti punya tata nilai dan mekanisme filter sendiri serta cara unik dalam menerima kehadiran Wuling secara baik.

2. Strategi Posisi Harga dan Fitur (yang gimmick?)

Sudah bukan rahasia lagi, jika salah satu kekuatan yang Wuling Indonesia tekan dari awal adalah posisi harga yang lebih rendah dibanding para kompetitornya, tapi rasanya ini bukan strategi baru di pasar otomotif Indonesia.

Analisa a la kelas secangkir kopi jbkderry.com, posisi harga yang lebih terjangkau ditambah deretan fitur yang menarik, menjadi kombinasi yang cukup sukses dalam strategi marketing mereka.

Masih terbayang di benak jbkderry.com, waktu Wuling Almaz hadir dengan fitur perintah suara berbahasa Indonesia. Meski terkesan receh dari sudut pandang beberapa pihak, tapi satu hal yang pasti, itu adalah nilai baru yang belum ada sebelumnya.

3. Strategi Desain dan Kualitas Dealer yang Kuat

Beberapa kali jbkderry.com melihat keberadaan dealer 3S Wuling, seperti di Depok dan Bogor, rasanya layak disetarakan dengan dealer Toyota, Honda, Daihatsu, dan Nissan.

Artinya, bisa lho ternyata merek asal Cina seperti Wuling punya standar dealer 3S seperti pabrikan Jepang yang sudah sangat mapan dan matang di pasar otomotif Indonesia.

4. Membidik Loyalis Chevrolet di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi, jika General Motors punya share atau kepemilikan saham di prinsipal Wuling di Cina, meski bukan mayoritas.

Wuling Indonesia pun melalui pabriknya yang berlokasi di Cikarang telah melakukan ekspor Wuling Almaz yang di-rebadge dengan nama Chevrolet Captiva ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara dan Oseania seperti Thailand, Brunei Darussalam, dan Fiji.

Artinya, sebenarnya nilai keraguan membeli produk kendaraan Wuling di Indonesia cukup bisa dikikis dengan ketangguhan Chevrolet yang sudah cukup terbukti di Indonesia.

Hengkangnya Chevrolet dari Indonesia juga jadi berkah tersendiri bagi penetrasi Wuling di Indonesia ke depan. Sederhananya, kalau rindu produk Chevrolet tinggal beli kendaraan produksi Wuling Indonesia.

5. Loyalis di Jagat Maya yang Kuat

Sudah beberapa kali jbkderry.com, para loyalis Wuling di jagat maya, khususnya di Facebook (Wuling Club Indonesia dan Wuling indonesia – Cortez Owners & fans) yang siap siaga beradu argumen membela produk kendaraan yang telah dipilihnya, Wuling.

Ini tentu baik, karena siapa lagi penjaga argumen terbaik selain konsumen yang telah menggunakan dan membuktikan dari kualitas kendaraan yang dibelinya?!

6. Pembuktian di Taksi dan Layanan Purna Jual

Keberadaan Wuling Confero sebagai armada taksi di satu sisi memang agak mereduksi nilai prestise kendaraan, tapi di sisi lain juga bermakna jika kendaraan produksi Wuling memiliki nilai ekonomis yang baik.

Buktinya perusahaan taksi yang jelas cari untung berani memilihnya.

Seorang teman pengguna Wuling Confero juga sempat memaparkan pengalamannya saat menggunakan layanan purna jual dan pembelian suku cadang yang disebutnya terjangkau dan ramah kantong.

7. Desain sebagai Penantang Kuat

Secara desain model kendaraan produksi Wuling seperti Confero, Cortez, dan Almaz menurut jbkderry.com belum dapat dikatakan setara dengan para rivalnya.

Melihat Confero, jujur masih lebih enak melihat Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander. Ataupun melihat Cortez, masih lebih enak melihat Toyota Kijang Innova baru. Melihat Almaz, masih lebih enak melihat desain segmen sub-compact SUV seperti Mazda CX-3, Toyota C-HR, ataupun Mitsubishi Eclipse Cross.

Tapi apakah jauh gapnya? Enggak, tarafnya nyaris menyetarai. Sederhananya, sebagai sosok penantang terkuat di segmennya masing-masing, produk kendaraan Wuling dapet banget pesannya. Apalagi dengan iming-iming harga tebus yang lebih terjangkau.

8. Data Fakta Penjualan Bicara

Selama periode Januari – November 2019, Wuling telah menjual 17.731 unit kendaraan di Indonesia, serta ekspor kendaraan periode September – November 2019 sebesar 2.099 unit.

Wuling Almaz menduduki pemberi sumbangsih angka penjualan terbesar, diikuti Confero, dan Cortez di posisi ketiga.

Dan seksinya lagi, beberapa produk kendaraan Wuling mampu melewati angka penjualan beberapa model favorit asal Jepang di segmennya masing-masing. Silakan masukkan saja kata kunci “mobil terlaris di Indonesia tahun 2019” dengan keterangan bulan yang ingin diketahui.

Itu saja dulu artikel kelas secangkir kopi kali ini, semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s