BERWISATA MURAH KE AIR TERJUN CURUG LEUWI ASIH BOGOR

jbkderry.com – Mengisi liburan akhir tahun dengan budget yang ramah pada isi dompet bisa ke tempat satu ini, Curug Leuwi Asih – Bogor.

Untuk bisa ke tempat ini, ada baiknya bersepeda dengan rekan-rekan sehobi, atau jika bersama keluarga lebih baik menggunakan motor ketimbang mobil, karena akses jalannya agak sempit. Apalagi jika pergi di hari libur nasional, hmm, umumnya banyak waktu perjalanan yang terbuang.

Lokasinya ada di belakang kawasan wisata JungleLand, dan menyusuri jalan khas pegunungan yang identik dengan tikungan dan tanjakan. Rutenya bisa lewat Sentul City atau jalan Gunung Pancar.

Dari kawasan JungleLand jika mengacu data di Google Maps, jaraknya sekitar 6 km. Meski akses jalannya terhitung sempit untuk lalu lalang mobil, namun yang menyejukkan hati adalah pemandangan alamnya dan udaranya yang masih segar.

Beberapa waktu lalu ketika masih suka gowes dengan komunitas Kopi Ireng (yang mulai kendur sejak momen Liburan kemarin), biaya tiketnya per orang dikenai Rp 10 ribu, tapi pas jalan di Rabu 18 Agustus 2019 lalu, tiketnya naik menjadi Rp 15 ribu per orang.

Saat tiba di sana sekitar pukul setengah 10 pagi, hanya ada kami sekeluarga berlima, dan saat pulang pun jam 11 belum hadir pengunjung lain. “Kemarin sih pas Selasa ada rombongan ibu-ibu pengajian sekitar 150 orang ke mari, jadi ramai. Dan seperti biasa ramai umumnya di Sabtu Minggu baik pengunjung naik motor ataupun yang bersepeda,” kata seorang ibu pemilik warung yang ada pas di sudut kanan begitu turun ke kawasan sungai.

Menarik berwisata di Curug Leuwi Asih, karena selain biaya tiketnya terjangkau, para pengelola dan penjaja warungnya ramah-ramah, dan yang harus mendapat apresiasi lebih adalah upaya swadaya masyarakat sekitarnya dalam membangun kawasan wisata ini.

“Sekarang-sekarang sih alhamdulillah sudah mulai ada bantuan pihak luar, dulu mah harus usaha sendiri,” imbuh ibu pemilik warung itu lagi.

Harga jajajan di beberapa warung, termasuk di tempat ibu itu juga terhitung sama saja dengan harga jajanan di luaran, jadi gak perlu khawatir harga “tembak”. Hitung-hitung juga membantu perkembangan ekonomi dan ikhtiar para pengelola serta penjual jajajan di situ.

Liburan bawa anak juga masih enak akses. Main ke sungai tinggal turun, pun demikian kalau mau ke kawasan air terjun Leuwi Asih ada akses jalan khusus di bagian atas. Hanya saja jika membawa anak tetap harus hati-hati pas jalan ke akses air terjunnya, karena ada bebatuan besar yang perlu panduan dan tuntunan para orang tua. Selebihnya mestinya aman, sepanjang tetap dalam pengawasan.

Jadi buat yang ingin berlibur dengan keluarga atau rekan-rekan, dengan budget ramah kantong di wilayah Bogor, kenapa gak coba ke Curug Leuwi Asih…

One Reply to “BERWISATA MURAH KE AIR TERJUN CURUG LEUWI ASIH BOGOR”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s