NGOBROLIN PESONA TOYATA CALYA YANG (MASIH) TERUS LARIS MANIS

jbkderry.com – Jika melihat data perkembangan penjualan mobil baru dari Gaikindo sepanjang tahun 2019, nama Toyota Calya terus ada di daftar teratas yang berhasil menarik minat beli konsumen, sekaligus menjadi instrumen penting dalam memberikan sumbangsih krusial angka penjualan mobil baru di Indonesia.

Di bulan Oktober tahun 2021 mendatang, eksistensi Toyota Calya di pasar mobil baru Indonesia akan mendapat tantangan seiring berlakunya PM Nomor 73 Tahun 2019 telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2019.

Itu berarti di saat itu, harga jual Toyota Calya akan kena pajak PPnBM sebesar 3% (alias tidak lagi 0%) dan itu tentu berimbas pada harga naik.

Nah, sebelum sampai ke tahun itu, menarik juga melihat keberadaan Toyota Calya yang menjadi salah satu primadona konsumen pembeli mobil baru di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Pertama, tentu soal harga dan merek Toyota-nya. Kapan lagi bisa beli mobil baru Toyota dengan harga paling terjangkau (data resmi Januari 2020, Rp 140an – Rp 160an juta OTR Jakarta), plus berkapasitas 3 baris kursi untuk tujuh orang penumpang. Menariknya lagi, harga jual kembalinya kalau melihat di situs-situs jualan mobkas lumayan cukup terjaga (nilai depresiasinya/penyusutan harga jualnya masih lebih terjaga).

Belum lagi dengan keberadaan jumlah layanan dealer 3S, plus sejumlah inovasi layanan purna jual sebagai pemimpin pasar penjualan mobil baru di Indonesia, semakin memenuhi syarat mengapa Toyota Calya masih punya taring kuat menjadi primadona.

Dalam perspektif kendaraan sebagai alat transportasi yang muat banyak penumpang, harga relatif terjangkau, lebih mudah untuk akses perawatan berkala dan ketersediaan suku cadang, cukup nyaman untuk kendaraan sekelasnya, nilai kebaruan masih cukup hangat karena baru ada versi perubahan minor di bulan September 2019, konsumsi BBM dari beberapa sumber disebut cukup irit, plus nilai penyusutan saat jual kembali gak terlalu rugi-rugi amat, pantaslah Calya jika masih menjadi primadona penjualan Toyota di tahun 2020 ini.

Di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global, dan tantangan perubahan siklus perdagangan di dalam negeri (termasuk dampak dari disruspsi digital), Toyota Calya dapat dijadikan solusi jalan damai antara punya mobil baru dengan harga lebih bersahabat, akses layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang lebih luas, dan nilai jual kembali yang relatif lebih kecil nilai kerugiaannya.

Itu saja artikel kelas obrolan secangkir kopi untuk hari Minggu pagi 5 Januari 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s