HONDA PAMERKAN TEROBOSAN TERBARU MENUJU ERA MOBIL SWAKEMUDI TAHUN 2035

Honda Augmented Driving Concept

jbkderrry.com – Honda kembali melakukan langkah maju menuju produksi swakemudi (atau autonomous) di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 yang baru saja berlangsung di Las Vegas Convention Center pada 7 – 10 Januari lalu.

Teknologi terbaru menuju era swakemudi dari Honda itu diberi nama teknologi augmented driving. Tahapan teknologi terbaru dari Honda ini merupakan bagian strategi dari pabrikan mobil asal Jepang itu pada tahun 2035 mendatang, yang memiliki visi menciptakan kendaraan yang sepenuhnya otonom atau swakemudi atau dapat melaju secara mandiri.

Melalui aplikasi teknologi augmented driving concept itu, Honda ingin mengajak masyarakat otomotif dunia untuk merasakan atau menikmati konsep mobilitas dengan cara-cara baru, yang dapat membebaskan mereka dari kewajiban untuk menyetir selama berkendara secara terus menerus.

Teknologi semi-otomonom augmented driving concept selalu siap siaga untuk mengambil alih laju kendaraan saat diperlukan, hanya dengan melakukan switch atau peralihan mode berkendara.

Untuk merealisasikan teknologi tersebut, para engineer Honda yang terlibat dari proyek augmented driving concept tersebut telah memasang beberapa sensor di dalam kendaraan, agar dapat merespon keinginan pengemudi kendaraan saat ingin melakukan perubahan mode berkendara.

Salah satu aplikasi terobosan teknologi pada Honda augmented driving concept adalah pada bagian setirnya, dimana pengemudi cukup menepuk setir sebanyak dua kali maka kendaraan akan melaju. Lalu apabila setir ditarik, maka kendaraan akan melamban, sementara saat setir didorong maka kendaraan kendaraan akan melaju lebih kencang.

Di ajang CES 2020, Honda juga menampilkan simulasi teknologi mobil otonom yang diharapkan dapat terealisasi nyata pada tahun 2035. Simulasi teknologi bernama V2X itu dapat memberikan navigasi sepanjang berkendara.

Di ajang CES 2020, masih ada beberapa terobosan teknologi yang dipamerkan Honda di antaranya Honda Xcelerator (sebagai alat bantu untuk pekerja di dalam pabrik), dimana salah satu tujuannya untuk mengurangi resiko cidera dari gerakan yang dilakukan berulang di bagian assembly.

Lalu ada unjuk teknologi “Smartphone as Brain“, yang mampu mengintegrasikan smartphone dengan kendaraan Honda mereka. Masih ada beberapa realisasi teknologi yang Honda pamerkan di CES 2020; seperti Honda Personal Assistent Technology,  Honda Energy Management Concept, Honda Safe Swarm, dan prototipe Honda Smart Intersection.

Kalau masih penasaran dengan penjelasan lanjutan mengenai teknologi baru Honda yang dipamerkan di CES 2020, silakan klik link berikut https://global.honda/newsroom/news/2019/c191218eng.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s