HYUNDAI INDONESIA MULAI PASARKAN MOBIL LISTRIK SEHARGA RP 569 JUTA

Hyundai Ioniq Electric Vehicle (EV)

jbkderry.com – Kamis 23 Januari 2020, media kelas secangkir kopi jbkderry.com datang ke acara open house PT Hyundai Mobil Indonesia di Gedung Hyundai – Simprug, Jakarta Selatan.

Hari itu, dalam acara open house PT Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan dua mobil baru sekaligus, yaitu New Hyundai Tucson 2020 dan Hyundai IONIQ Electric.

What, Hyundai IONIQ Electric? Yup betul, gaezzz. Mobil hatcback bersumber tenaga listrik sepenuhnya atau kerap dinamakan BEV (Battery Electric Vehicle) yang mengandalkan baterei lithium-ion polymer  berkapasitas 38,3kWh.

Motor listrik yang menjadi amunisi performa IONIQ Electric memiliki tenaga puncak 100 kW dan torsi maksimal 295 Nm.

“Saat baterei terisi dalam posisi 80%, IONIQ Electric mampu melaju hingga 300 – 320 km. Dan salah satu poin menariknya adalah biaya pengisian daya listriknya di fasilitas fast charging atau pengisian cepat hanya sekitar 85 ribu rupiah. Jika dibandingkan di atas kertas, dengan mobil sekelas yang menggunakan mesin bensin sekelas Pertamax, untuk jarak seperti itu kira-kira biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 300 ribu,” kata Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Proses pengisian daya cepat (fast charging) untuk Hyundai IONIQ Electric hingga terisi 80% disebut membutuhkan waktu 56 menit, namun jika menggunakan fasilitas pengisian daya standar dengan standar AC (240 Volt), dari posisi 0% ke 80% butuh waktu 6 jam 15 menit.

Oh iya, jika Anda ingin menambah wawasan soal tips merawat baterei kendaraan listrik seperti IONIQ Electric ini bisa menyimaknya di artikel satu ini yang juga pernah diulas di media kelas secangkir kopi ini, judul artikelnya NGOBROLIN TIPS MERAWAT MOBIL LISTRIK.

Dalam artikel itu disebutkan salah satu kiat untuk menjaga usia baterei bisa lebih maksimal, yaitu sebaiknya menjaga isi daya baterei pada rentang posisi 20% hingga 80%.

Buat yang tertarik menebus Hyundai IONIQ Electric harganya Rp 569 juta off the road. Nah, menyusul keluarnya kebijakan Gubernur DKI Jakarta melalui Peraturan Gubernur nomor 3 tahun 2020 yang membebaskan pajak BBN-KB untuk kendaraaan listrik alias 0%, maka harganya gak bakalan jauh dari harga off the road-nya.

Asumsinya untuk perhitungan on the road Jakarta kurang dari Rp 575 juta. Tertarik?

2 Replies to “HYUNDAI INDONESIA MULAI PASARKAN MOBIL LISTRIK SEHARGA RP 569 JUTA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s