NGOBROLIN NEW HYUNDAI TUCSON YANG RESMI DIPASARKAN DI INDONESIA MULAI 23 JANUARI 2020

jbkderry.com – Kamis 23 Januari 2020, media kelas secangkir kopi jbkderry.com hadir di acara open house peluncuran New Hyundai Tucson dan Hyundai IONIQ Electric di Hyundai Simprug, Jakarta Selatan.

Untuk soal Hyundai IONIQ yang juga mulai dipasarkan di Indonesia, dengan harga Rp 569 juta (off-the-road) akan dibahas pada artikel terpisah.

New Hyundai Tucson kini hadir dalam satu tipe yaitu GLS (enggak ada atau belum ada lagi tipe XG-nya yang ada Panoramic Roof-nya), dan dua pilihan mesin yaitu tipe mesin bensin 2.0 NU MPi dengan transmisi Automatic Shiftronic-6 Speed, serta CRDi EVGTurbo 2.000 cc (diesel) dengan transmisi Automatic Shiftronic 6 Speed.

Untuk yang tipe bensin GLS harganya Rp 464 juta, dan untuk tipe CRDi GLS Rp 520 juta, OTR Jakarta dan bisa berubah sewaktu-waktu, silakan cek update harganya di website https://hyundaimobil.co.id/.

Eh, sebelum lupa, baik mesin bensin dan mesin CRDi masih sama dengan versi sebelumnya.

Kesan pertama melihatnya, SUV ukuran compact ini memang makin ajib, ini kesan beneran yang jbkderry.com rasakan. Yang mencolok, eh, maksudnya langsung memikat pandangan mata adalah desain radiator grille-nya yang baru, dengan model empat palang berlapis chrome yang melintang horizontal dan kisi-kisi model diamont-cut berwarna hitam.

Keren. Pihak Hyundai Indonesia sih juga sempat bilang ada perubahan pada bagian lampu utama, DRL, dan lampu kabutnya. Untuk detail info itu, silakan masukkan saja kata kunci “Hyundai Tucson” atau “Hyundai Tucson Indonesia” di Google, sudah banyak informasinya dari media-media mainstream yang menyadur data dari rilis persnya.

Di artikel ini seperti biasa karena namanya media kelas secangkir kopi, cuma ceritakan pengalaman yang langsung jbkderry.com lihat dan rasakan saat melihat model teranyar Darth Vader, eh, maksudnya New Hyundai Tucson (jadi keinget cinta yang lalu neeh).

Balik ke soal kesan melihat New Hyundai Tucson, perubahan di sisi ekstrior samping di antaranya pada velg, serta handel pintu sama beltline dengan lapisan chrome. Untuk soal handel dan beltine dengan lapisan chrome sih kembali ke soal selera, tapi kalau soal desain velg baru, jbkderry.com lebih suka desain velg yang lama.

Ukuran ban sih tetap sama, 225/60/17.

Oh iya, kini kaca spion luar yang terlipat secara elektrik itu juga mengalami redesain, dan kini telah dilengkapi dengan fitur paddle lamp dan side repeater. Buat konsumen kategori usia millenial atau berjiwa millenial keknya dua fitur bakal lebih disukai.

Kata orang Hyundai Indonesia sih bagian belakang juga ada perubahan pada kombinasi lampu LED. Buat pilihan warna eksterionya (kabarnya tetap sama), yaitu Phantom Black, Platinum Silver, Pepper Grey, dan White Cream.

Perubahan di Interior Keren dan Mantep Cuy

Masuk ke kabin via akses pintu penumpang yang sudah model smart key dan immobilzer, langsung terlihat sejumlah perubahan signifikan. Tidak hanya lebih enak dan modern dilihat, tapi juga lebih ergonomis alias lebih mudah dan memanjakan untuk dijangkau fitur-fiturnya.

Paling keren pertama adalah keberadaan head unit model ngapung alias floating, kekinian banget gan kayak di abangnya Hyundai Santa Fe.

Head unit model ngapung ukuran 7-inci ini bisa terkoneksi dengan Android Autolink dan Apple Car Play™, serta dilengkapi dengan fitur Aux, USB, iPod dan Bluetooth.

Wuih, kalau mau jalan-jalan jauh dan butuh lihat peta digital via Google Maps atau Waze, tinggal pairing smartphone dengan head unit, kelar dan lebih mudah, lebih nyaman aman pula saat mengemudi.

Nuansa interiornya dengan nuansa Beige sih kembali ke soal selera masing-masing, demikian pula dengan aksen lapisan carbon-fiber dan redesain kisi-kisi AC dengan lapisan chrome juga kembali kepada selera masing-masing konsumen.

Tapi ada banyak alasan kesenangan yang lebih baik pada New Hyundai Tucson ini. Mulai kini kursi pengemudi sudah bisa diatur secara elektrik dalam 8 posisi, dan sudah ada Lumbar Support. Fitur terakhir ini menurut jbkderry.com sangat bermanfaat untuk mereduksi efek lelah pada pungung bawah pengemudi saat berkendara jarak jauh atau di kemacetan.

Lalu kini juga sudah fitur drive mode yang bisa menciptakan sensasi berkendara yang berbeda dan sesuai kebutuhan atau keinginan. Pada tipe bensin, ada 3 pilihan drive mode: normal, eco dan sport. Sementara pada tipe CRDi, ada 2 pilihan drive mode: eco dan sport.

Di kursi barir kedua juga lebih nyaman dengan desain baru kisi-kisi ventilasi A/C, serta sudah ada USB Port untuk memudahkan pengisian daya gadget atau smartphone dari penumpang di baris kedua.

Panel instrumen atau instrument cluster-nya juga kini dilengkapi dengan fitur layar baru 4.2-inch TFT LCD Supervision Cluster yang menampilkan berbagai informasi kendaraan termasuk fitur drive mode.

Fitur Keamanan Lebih Lengkap

Salah satu hal yang jbkderry.com sukai dari produk mobil Hyundai terkini, khususnya yang berdesain SUV, adalah sisi keamanannya yang terhitung lengkap di kelasnya masing-masing.

New Hyundai Tucson kini di antaranya telah dilengkapi dengan ABS & EBD System untuk pengereman yang optimal, Dynamic Guideline Camera memudahkan pengemudi ketika memarkir kendaraan, Rear Parking Sensor memberikan tanda/kode bagi pengemudi untuk jarak aman ketika parkir maupun mundur.

Lalu sudah ada fitur Down Hill Brake Control, Hill-Start Assist Control, Dual Airbag System, serta struktur rangka dari Hyundai New Tucson sudah memakai AHSS (Advanced High Strength Steel) yang memiliki lebih banyak 51% kandungan bajanya, sehingga lebih kokoh dan aman, serta lebih senyap atau kedap saat berkendara.

Struktur rangka itu juga memiliki kemampuan untuk menyerap efek benturan atau kecelakaan, untuk memberikan jaminan keselamatan yang lebih baik pada penumpang saat insiden yang tidak diinginkan terjadi di jalan.

Sama satu lagi yang jbkderry.com sukai dari New Hyundai Tucson ini, yaitu ban dan velg serepnya kini dalam ukuran yang sebenarnya. Bukan lagi ban dan velg emergensi seperti pada Darth Vader, eh, maksudnya Hyundai Tucson model sebelumnya.

Itu saja dulu informasinya sementara ini, ada vlognya juga nanti lagi mau diedit buat diunggah di kanal YouTube dan IG-TV Derry Journey.

Terima kasih sudah mampir, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s