NGOBROLIN PENYEBARAN VIRUS CORONA DAN TIPS RINGAN PENCEGAHAN

jbkderry.com – Artikel ini bukan bertujuan buat “pansos”, hanya ingin berbagi informasi soal bagaimana virus corona bisa menyebar dan bagaimana kiat mudah pencegahannya.

Jadi dari referensi yang jbkderry.com dapatkan, penyebaran virus corona berasal “air muncratan” atau air liur yang berasal dari batuk, pilek, ingus, atau bersin pengidapnya ke orang lain di sekitarnya.

Air liur dari bersin dan batuk yang sampai ke langsung ke mata, hidung, atau mulut orang lain di sekitarnya dalam jarak uang cukup dekat.

Untuk menghindari potensi terkena virus corona, sebaiknya jika melihat orang lain yang lagi batuk pilek atau nampak kurang sehat, buatlah jarak aman. Dari referensi yang jbkderry.com, buatlah jarak aman setidaknya dua meter, atau paling dekat 0,5 meter dari efek “air muncratan” batuk, pilek, atau bersin dari orang diduga mengidap virus yang belum ada obatnya itu saat ini.

Dan jika Anda ingin membantu mencegah proses penyebarannya, bisa berbaik hati memberikan masker kepada orang sakit tersebut, agar dia bersedia mengenakannya.

Cara lain agar Anda yang sehat bisa terhindar dari proses penyebaran virus ini adalah dengan menghindari sebisa mungkin keramaian.

Pasalnya di keramaian, Anda akan kesulitan mendeteksi orang yang kemungkinan sudah terjangkiti virus corona. Bahkan bisa jadi salah duga malah, orang yang pakai masker disangka terkena virus (padahal dia hanya ingin memproteksi dirinya dari kemungkinan terkena), sementara orang yang kemungkinan sudah terjangkiti tidak nampak sakit (padahal sudah mengidap virus corona).

Patut diwaspadai pula, jika proses penyebaran virus melalui air liur pengidap juga bisa menyebar melalui tangan mereka, handel pintu, pegangan tangan di kereta atau bus, pulpen, mouse, sumpit, tisu, gelas, tombol lift, pegangan tangga, dan perangkat gadget.

Dan jika Anda menyentuh hal-hal yang telah terkena virus air liur yang disebut di atas, lalu menyentuh bagian muka Anda sendiri atau orang-orang kesayangan di sekitar, bisa berpotensi terjangkiti virus corona.

Virus corona sendiri bisa mengendap pada benda-benda seperti yang tersebut di atas dalam waktu maksimal 24 jam, dan cara termudah membersihkan dari potensi terjangkiti dari hal-hal tersebut adalah dengan mencucinya menggunakan sabun.

Setidaknya ada 4 (empat) tips yang bisa dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjangkiti virus corona:

1. Jangan sentuh wajah Anda atau wajah orang lain. Jika pun memang dirasa perlu, pastikan sudh mencuci tangan dengan sabun hingga bersih sampai siku (jangan sampai ada bagian yang luput atau terlewatkan). Sebaiknya hindari juga punya kuku panjang, dan kalaupun memang suka pelihara kuku pastikan juga di sela-sela kuku pun rajin dibersihkan.

2. Jangan pakai lagi masker yang sama lebih dari satu hari, buang jika perlu ketika sudah dirasa kotor. Pasalnya bakteri di bagian dalam masker akan tumbuh kembang jika digunakan terlalu lama. Jangan pula sentuh bagian luar masker setelah menggunakan atau mengenakannya. Dan jangan lupa lagi, cuci tangan seperti informasi di poin 1.

3. Hindari berbagi penggunaan bersama soal makanan, alat-alat makan (garpu, piring, sendok, dan semacamnya), serta handuk. Setiap orang menggunakan handuk yang berbeda, baik ayah, ibu, dan anak-anak.

4. Pokoknya jangan pernah lupa cuci tangan sesuai informasi di poin 1, setelah bepergian dari tempat umum dan juga sebelum makan.

Semoga bermanfaat.

Sumber informasi:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s