MENAKLUKKAN KAKI GUNUNG RINJANI BERSAMA XPANDER CROSS

jbkderry.com – Hari kedua perjalanan di Pulau Lombok, Jumat 7 Februari 2020, adalah memenuhi tantangan menyisir jalur di kaki Gunung Rinjani. Kali ini mengendarai Mitsubishi Xpander Cross dari Novotel Lombok di Kabupaten Lombok Tengah.

Stopping point pertama adalah Lesehan Mae Cenggo (di Kabupaten Lombok Timur), buat istirahat dan makan siang, serta momen pergantian pengemudi (driver). Media kelas secangkir kopi jbkderry.com yang sebelumnya duduk sebagai penumpang di baris pertama, kali ini menjadi pengemudi.

Waktu perjalanan dari situ (kata seorang panitia acara di radio komunikasi/handy talkie) sekitar 1,5 jam perjalanan. Dan benar kata-kata sebagian kawan, jalanan di Lombok itu kondisi aspalnya mulus, namun gambaran medannya identik dengan tanjakan, turunan, dan tikungan.

Di beberapa titik; kondisi tanjakan, turunan, dan tikungan menuju kaki Gunung Rinjani terhitung menantang dan menguji adrenalin. Hal yang paling menguji nyali adalah ketika harus melintasi jalur tanjakan panjang sekitar 200 meteran, dengan level kemiringan jalan di kisaran 25 – 30 derajat, serta ketika memasuki turunan lalu dilanjutkan dengan medan tikungan tajam.

Di benak jbkderry.com, ini bukan hal yang mudah buat mobil (manapun) dengan model layout kursi 3 baris dan mesin (hanya) 1.500cc. Beruntung kinerja handling dan kaki-kaki Xpander Cross memang mewarisi trah Mitsubishi sejati yang tangguh dan terhitung sangat nyaman (khususnya untuk kendaraan sekelasnya).

Kinerja handling dan kaki-kaki yang apik membuat jbkderry.com cukup yakin Xpander Cross bisa melalui tantangan menaklukkan rute menantang kali ini. Sempat hanya mengandalkan kick-down di posisi tuas transmisi D, jbkderry.com pada kesempatan berikutnya mulai mengaktifkan sistem manumatiknya di posisi tuas geas 2 dan L.

Hasilnya cukup membantu dan (agak) lebih tangkas buat menaklukkan jalur tantangan seperti yang telah disebut di atas tadi. Menurut hemat jbkderry.com, andai mengendarai lineup mobil Mitsubishi lain seperti Outlender PHEV yang torsinya berlimpah, atau Eclipse Cross yang dibekali turbo untuk menambah amunisi mesin 1.5L, atau All-New Triton, pasti akan lebih mudah menaklukkan rute ini.

Tapi setidaknya, Mitsubishi Xpander Cross terbukti mampu menaklukkan rute perjalanan di kaki Gunung Rinjani.

Meski medan jalannya menuju rute kali ini terhitung tidak mudah, tapi jbkderry.com sepakat, Lombok ini indah nian alamnya. Mungkin memang benar Tuhan sedang tersenyum ketika membuatnya. Pemandangan pegunungan Rinjani (sangat) sedap dipandang, dan panorama pantainya pun sanggup membuat rasa kagum hingga di pentas internasional.

Rasanya tidak sabar melihat respon dunia lebih lanjut, andai perhelatan akbar MotoGP di tahun 2021 mendatang jadi terlaksana. Semoga daerah destinasi wisata terkemuka di Indonesia ini semakin berkembang ke depannya.

Di Pondok Rinjani Bu Sita di jalan Raya Sembalun Lawang No.18, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, iring-iringan sekitar 20 mobil Mitsubishi (Outlander PHEV, Eclipse Cross, All-New Triton, dan Xpander Cross) kembali berhenti, untuk istirahat dan mengisi perut.

Perjalanan yang membutuhkan waktu cukup jauh, di tengah kondisi istirahat yang cenderung kurang, namun tidak nampak wajah kusam dari tiap peserta. Meski secara umum nampak cukup lelah, tapi yang lebih mencuat adalah rasa senang dan bersyukur di air muka.

Ya, tidak ada alasan untuk tidak bersyukur bisa sampai ke sini. Pemandangan alamnnya indah nian dan udaranya sejuk khas wilayah pegunungan. “Di beberapa titik yang kita lewati tadi adalah pusat gempa (tahun 2018), makanya banyak genteng rumah yang nampak baru,” kata salah seorang panitia.

Tuntas meresapi nikmatnya kesempatan di sini, perjalanan pun dilanjutkan menuju destinasi tempat beristirahat di hari itu, Holiday Resort Lombok di jalan Raya Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. 

Matahari baru saja hilang dari tugasnya, saat kami tiba di penginapan dengan desain etnikal itu. Saatnya beristirahat, sebelum keesokan harinya (hari ketiga) menyelesaikan tahapan perjalanan hingga tengah hari, lalu sorenya kembali ke Jakarta.

Terima kasih, Mitsubishi Indonesia (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia – MMKSI) atas ajakan bisa mencicipi rute jalanan di kaki Gunung Rinjani kali ini.

Sebuah pengalaman yang luar biasa, menjadi kenangan yang (rasanya) sangat sulit untuk dilupakan. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s