MITSUBISHI INDONESIA BICARA BANYAK HAL MULAI PRODUK BARU HINGGA KEBIJAKAN ODOL

jbkderry.com – Melalui kegiatan Media Gathering 2020 (11 Februari 2020 di Jakarta), pihak PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) banyak menyampaikan hal-hal penting, mulai dari produk-produk baru, kesiapan mandatori B30, realiasi kebijakan ODOL, perkembangan infrastruktur jalan tol, persiapan 50 tahun Mitsubishi Fuso di Indonesia, dampak virus Corona, peluang di sektor logistik dan komoditas, hingga layanan purna jual atau after sales.

Kesiapan Produk Kendaraan Niaga Mitsubishi Sejak Awal 2020

Duljatmono selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), menjadi perwakilan yang paling aktif merespon pertanyaan jurnalis undangan.

Dan berikut beberapa poin yang sempat disampaikannya pada kegiatan Media Gathering Mitsubishi tersebut:

“Tahun 2020 dapat disebut sebagai “jembatan” menyambut setidaknya dua hal penting di tahun 2021, yaitu penerapan Euro IV dan ODOL 0% yang dicanangkan pemerintah.

Buat kami, realisasi menuju kedua hal tersebut akan berdampak positif untuk merangsang pasar dan sekaligus menjadi tantangan untuk Indonesia yang semakin maju.

Kami pun telah siap menghadirkan produk kendaraan truk angkutan yang sesuai kebijakan pemerintah, dilengkapi dengan layanan purna jual yang sesuai.

Saat ini misalnya, kami telah menghadirkan produk baru Fuso 6×2 Long Version untuk memenuhi kebutuhan standar konsumen yang menginginkan volume yang lebih besar.

Di segmen LDT yang harus kami jaga pun demikian, melalui modifikasi setidaknya pada empat varian. Bagian overhang belakang diperpanjang 0,4 meter, sehingga rata-rata naik 0,5 ton, dari 7,5-ton ke 8 ton, dan dari 8-ton ke 8,5-ton.

Di segmen MDT Fuso juga ada modifikasi long-version maupun GVW yang lebih tinggi, kurang lebih 5 tipe yang dikembangkan untuk kapasitas yang lebih besar tapi tetap sesuai dengan peraturan pemerintah.

Langkah modifikasi varian ini sesuai dengan regulasi ODOL, dan bisa lebih mendukung orientasi bisnis konsumen ke depan.”

Mengenai Kebijakan B30

Duljatmono selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menjadi representasi juru bicara perusahaan dan beberapa hal yang disampaikan di antaranya:

“Sejak pemerintah menetapkan program B20 pada tahun 2016, kami telah langsung menyediakan produk Colt Diesel sudah comply dengan B20. Demikian juga pada produk Fuso sudah.

Artinya sedari awal, produk kendaraan niaga LDT dan MDT Mitsubishi selalu siap sedia sejak awal.

Demikian pula ketika mulai Januari 2020, regulasi B30 ditetapkan pemerintah, kami juga telah mengirim Colt Diesel dalam mendukung pengujian yang dilaksanakan pemerintah, sehingga intinya tidak ada masalah dengan B30.

Untuk produk Fuso, kini ada modifikasi tambah di-line fuel. Jika sebelumnya cuma ada water separator, kini ada pre-filter untuk mencari kotoran-kotoran yang lebih kasar. Berdasarkan pengujian internal kami, Fuso kini sudah siap dengan B30.

Untuk produk Fighter, waktu diluncurkan sudah comply B20 dengan double-filter. Kini untuk B30, ada modifikasi tambahan jadi triple-filter dan sudah siap untuk comply dengan B30.

Mengenai wacana B40 yang sudah mulai digaungkan pemerintah, kami belum menerima informasinya lebih detail. Untuk itu intinya kami tentu perlu waktu persiapan, studi, dan pengujian lebih lanjut.

Di level pemerintah yang kami ketahui, juga masih dalam proses diskusi. Rencana tes di Maret 2020, tapi belum ada infomasi mendalam.”

Modifikasi Varian Terkait Regulasi ODOL

“Modifikasi custom trailer truck (CTT) seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sebenarnya masuk dalah perubahan kecil, dan sudah bukan hal baru, misalnya pada kendaraan tangki Pertamina ubahan umum dilakukan, sehingga tidak perlu ajukan pendaftaran.”

Perkembangan Infrastruktur Jalan Tol. 

“Ketersediaan jalan tol yang makin panjang di Jawa dan Sumatera, telah mempengaruhi peta pasar kendaraan niaga.

Pada faktanya banyak konsumen yang mulai bergeser ke segmen MDT yang lebih besar. Kondisi jalan yang semakin baik, mendorong pelaku bisnis banyak yang migrasi ke truk dengan volume angkut lebih besar, karena bisa lebih efisien.

Persiapan 50 Tahun Mitsubishi Fuso di Indonesia

Kali ini yang menjawab Presiden Direktur PT KTB; Atsushi Kurita.

“Peringatan 50 tahun Mitsubishi Fuso di Indonesia jatuh pada bulan Desember 2020 mendatang, kami telah menyiapkan banyak kejutan. Nantikan informasi lebih lanjut ke depan.”

Dampak Virus Corona

Duljatmono selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menjadi representasi juru bicara perusahaan dan beberapa hal yang disampaikan di antaranya:

“Mengenai dampak virus corona, kami belum bisa memberikan jawaban dalam waktu dekat mengenai dampaknya. Intinya kami tetap waspada, mengingat banyak juga sektor bisnis yang terkait dengan Cina, misal CPO, batubara, dan konsumsi.

Kami akan memantau dampaknya dari waktu ke waktu, dan mempersiapkan dengan segala kondisi, namun yang terpenting bagi kami tentu adalah menjaga posisi sebagai market leader dan share di pasar.”

Peluang di Sektor Logistik dan Komoditas

Duljatmono selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menjadi representasi juru bicara perusahaan dan beberapa hal yang disampaikan di antaranya:

“Logistik pasti paling besar peluangnya, sekitar 50 – 60 %. Dengan trend pertumbuhan ekonomi sebesar 5%, peluangnya setidaknya demikian dan bisa lebih tinggi. Khususnya jelang Lebaran dan akhir tahun biasanya meningkat.

Komoditas memang tidak besar, tapi diharapkan bisa memicu pertumbuhan seperti yang pernah terjadi pada tahun 2017.”

Layanan Purna Jual (After Sales) 

Duljatmono selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kembali menjadi representasi juru bicara perusahaan dan beberapa hal yang disampaikan di antaranya:

“Kami saat ini memiliki 227 bengkel di seluruh Indonesia, dan ini tentu memudahkan konsumen untuk mendapatkan pelayanan, termasuk bagi pengguna kendaraan niaga Mitsubishi yang ingin menambahkan filter bensin pada kendaraannnya, baik untuk konsumen Fuso maupun Fighter.

Kami juga bekerjasama dengan setiap dealer untuk dapat mengedukasi konsumen, khususnya mengenai realisasi kebijakan B30 pada kendaraan, sehingga periode perawatan berkala tetap sesuai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s