NGOBROLIN KOREA SELATAN DALAM BEBERAPA HAL (SUDUT PANDANG SECANGKIR KOPI)

jbkderry.com – Tanggal 9 Februari 2020 (waktu Amerika Serikat) rasanya tidak akan dilupakan oleh masyarakat Korea Selatan, karena itu untuk pertama kalinya sutradara asal Korea Selatan bisa menerima penghargaan paling bergengsi di dunia, Academy Awards atau yang juga akrab disebut Oscar.

Boon Joon-Ho, sutradara film Parasite menerima penghargaan Sutradara Terbaik di ajang 92nd Academy Awards, mengalahkan nama-nama sutradara (super) beken di Hollywood yang menjadi nominasi; Martin Scorsese (film The Irishman), Todd Phillips di film Joker, Sam Mandes di film 1917, dan Quentin Tarantino di film Unce Upon a Time in Hollywood.

Tidak berhenti sampai di situ, film berdurasi 2 jam 12 itu juga berhasil meraih penghargaan Best Picture alias Film Terbaik di ajang Oscar tahun 2020 ini, mengalahkan sejumlah film-film keren lainnya (beberapa sudah pernah dibahas di jbkderry.com), seperti Ford v Ferrari, Joker, dan 1917.

Total 4 penghargaan dari 6 nominasi di ajang Oscar 2020, semakin membuktikan kreativitas Korea Selatan yang semakin mendunia. Hari ini siapa yang belum mengenal Drakor (Drama Korea) dan K-Pop.

Dari rilis Top Beauty World yang sudah banyak tersebar di jagat maya, 3 pria asal Korea Selatan berhasil masuk ke dalam Top 10 Pria Tertampan di Dunia, yaitu Kim Taehyung (personil BTS) di posisi kedua, Kim Jun Myeon (personil EXO) di posisi kelima, dan Jeon Jungkook (personil BTS) di posisi kesembilan.

Dari kategori wanita lebih dahsyat lagi. Masih di ajang yang sama, Iam Yoo-ah didaulat sebagai perempuan tercantik di dunia.

Kebanggaan masyarakat Korea Selatan pada negara, bangsa, budaya, dan bahasanya pun bisa dilihat dari sikap Boon Joon-Ho pada saat menerima Piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik di tahun 2020 ini. Sutradara berusia 50 tahun itu tetap menggunakan bahasa Korea pada saat menerima penghargaan, dan meminta bantuan jasa penterjemah untuk menyampaikan kata-katanya dalam bahasa Inggris.

Kemajuan Korea Selatan yang mendunia dapat juga dilihat dari industri elektronik dan otomotifnya. Salah satu yang paling segar informasinya, termasuk di Indonesia, adalah kehadiran flagship terbaru Samsung yakni S20 Series yang sudah mulai bisa dipesan di Indonesia per tanggal 12 Februari 2020 ini. Harganya pun premium mulai Rp 12 jutaan.

Demikian pula di sektor industri otomotifnya. Salah satu informasi terbaru yang jbkderry.com catat adalah kerjasama Hyundai Motor Company dengan Department Energi dari Pemerintah Amerika Serikat dalam program pengembangan Hidrogen dan Fuel Cells.

Di Indonesia sendiri, kepercayaan publik terhadap merek otomotif asal Korea Selatan dapat disebut terus bergerak positif melalui brand Hyundai dan Kia.

Salah satu langkah terbaru Hyundai di Indonesia adalah kerjasama dengan Grab dalam mengembangkan layanan kendaraan listrik, yaitu melalui peluncuran 20 unit taksi listrik Hyundai IONIQ pada akhir Januari 2020 lalu di Bandara Cengkareng di Tangerang.

PT Hyundai Mobil Indonesia juga di akhir Januari 2020 lalu baru saja merilis model terbaru dari All-New Tucson. Informasinya sudah dirilis di jbkderry.com, silakan masukkan kata kunci “Tucson” di menu pencarian (search menu).

Sementara Kia yang hadir melalui jalur distribusi baru PT Kreta Indo Artha (KIA) telah menghadirkan satu produk SUV terbaru yang tengah laris manis di India, Kia Seltos. Informasinya juga sudah dirilis di jbkderry.com, silakan masukkan kata kunci “Seltos” di menu pencarian (search menu).

Melihat fenomena-fenomena di atas, jangan heran kalau generasi millenials dan post-millenials (bahkan mamud alias mama-mama muda) kini lebih asyik ngobrolin BTS atau Yoona ketimbang Selena Gomez atau mantan pacarnya Justin Bieber.

Bagaimana menurut kalian, guys?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s