HYUNDAI IONIQ DI TAHUN 2020 INI DAYA JELAJAHNYA NAIK 37%

Hyundai IONIQ Electric saat ini menjadi mobil listrik (BEV) dengan harga paling terjangkau di Indonesia, Rp 569 juta off the road.

jbkderry.com – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, nampaknya makin gercep (gerak cepat) dalam mengembangkan mobil listriknya.

Masih ingat ulasan jbkderry.com di akhir Januari 2020 lalu, ketika PT Hyundai Mobil Indonesia mengadakan open house Hyundai IONIQ Electric di Jakarta pada tanggal 23 Januari 2020? (Simak artikel HYUNDAI INDONESIA MULAI PASARKAN MOBIL LISTRIK SEHARGA RP 569 JUTA).

Selang beberapa hari dari di Indonesia, Hyundai juga memperkenalkan generasi terbaru Hyundai IONIQ Electric untuk pasar Amerika Serikat pada tanggal 28 Januari 2020. 

Dilansir dari situs resmi Hyundai di Amerika Serikat, generasi terbaru Hyundai IONIQ Electric ini memiliki daya jelajah yang meningkat 37% dibanding versi sebelumnya.

Dari informasi yang jbkderry.com dapatkan, saat baterei terisi hingga 80%, Hyundai IONIQ Electrik dapat menjelajah hingga jarak antara 300 – 320 km. Proses pengisian daya cepat hingga 80% disebut dapat dicapai dalam waktu 54 menit.

Di Amerika Serikat, harga Hyundai IONI Electric dimulai dari US$33.045 atau sekitar Rp 462,63 juta (nilai kurs Rp 14.000). Sementara kalau di Indonesia, Hyundai IONIQ Electric sementara ini masih menjadi model mobil listrik (BEV) paling terjangkau dengan harga Rp 569 juta off-the road.

Di Indonesia sendiri, keberadaan Hyundai IONIQ Electric sudah bisa dirasakan oleh publik, khususnya di wilayah Jabodetabek, mengingat pada tanggal 27 Januari 2020, pihak Grab Indonesia telah mengoperasionalkan sebanyak 20 unit taksi listrik Hyundai IONIQ Electric. Prosesi peresmian unit taksi listrik dari Grab Indonesia itu dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Kemampuan daya jelajah Hyundai IONIQ Electric yang semakin jauh tidak terlepas dari peningkatan kapasitas batereinya dari 28 kWh menjadi 38,3 kWh. Alhasil daya puncak motor listriknya pun meningkat dari sebelumnya 118 hp menjadi 134 hp. Sementara torsi maksimal tembus 295 Nm.

Di Amerika Serikat, Hyundai setidaknya saat ini telah memasarkan 3 model kendaraan berteknologi listrik, yaitu Kona Electric, IONIQ Electric, dan IONIQ Plug-in Hybrid.

Dari informasi yang jbkderry.com himpun, bagi publik yang tertarik ingin mengetahui lebih jauh bahkan test drive Hyundai IONIQ bisa mendatangi dealer Hyundai Simpgrug, Jakarta Selatan.

Hyundai Kembangkan Platform Kendaraan Listrik Masa Depan

Pada tanggal 11 Februari 2020, Hyundai Motor Group mengumumkan kerjasama dengan Canoo, untuk mengembangkan platform baru untuk kendaraan listrik di masa depan.

Canoo merupakan perusahaan yang bermarkas di Los Angeles dengan fokus pengembangan EV (Electric Vehicle) sesuai pesanan pelanggan secara khusus.

Platform baru yang menggunakan basis arsitektur skateboard Canoo ini disebut dapat menyederhanakan proses pengembangan, sehingga bisa berdampak pada harga kendaraan yang lebih rendah atau lebih terjangkau. 

Untuk merealisasikan proyeksi satu ini, pihak Hyundai Motor Group disebut telah mengucurkan dana investasi sebesar US$ 87 miliar atau sekitar 1.281 triliun (nilai kurs Rp 14.000) selama lima tahun. 

“Kami sangat terpukau dengan kecepatan dan efisiensi Canoo dalam mengembangkan artitektur EV yang inovatif. Itulah mengapa mereka menjadi rekan rekayasa engineeing yang tepat kami dalam tahapan menjadi pelaku industri mobilitas terdepan di masa mendatang,” kata Albert Biermann, Head of Research & Development dari Hyundai Motor Group.

“Kami bekerjasama dengan para teknisi Canoo dalam mengembangkan platform Hyundai dengan biaya yang efektif dan dapat diaplikasikan pada pengembangan secara massal,” imbuh Biermann.

“Sebuah kehormatan bagi kami dapat bekerjasama dengan Hyundai dalam mengembangkan arsitektur EV untuk kendaraan mereka di masa depan. Sebagai perusahaan yang masih terhitung belia, kami memang telah lama berharap dapat bekerjasama dengan perusahaan otomotif sekaliber Hyundai dalam mengembangkan kendaraan listrik yang berbeda,” kata Ulrich Kranz, In Charge of Canoo.

Canoo memperkenalkan kendaraan listrik pertama mereka khusus di hadapan pelanggan pada tanggal 24 September 2019, atau hanya sekitar 19 bulan dari masa perusahaan ini didirikan pada Desember 2017.

Pada tahun 2021 mendatang, Canoo sedianya akan memperkenalkan kendaraan pertama mereka yang didesain sebagai kendaraan transportasi listrik untuk publik dan sifatnya swakemudi.

Pamerkan Mobil Listrik Baru di Geneva Motor Show 2020

Pada tanggal 3 Maret 2020 mendatang, atau 2 hari dari sebelum pembukaan Geneva Motor Show 2020 pada tanggal 5 Maret, Hyundai kembali menunjukkan langkah agresifnya dalam pengembangan kendaraan listrik, dengan memperkenalkan kendaraan konsep terbaru yang diberi nama “Prophecy”.

Ya, kendaraan listrik konsep ini sedianya akan dipamerkan hingga hari terakhir Geneva Motor Show 2020 di Swiss yang berakhir pada tanggal 15 Maret 2020.

Kendaraan konsep berteknologi listrik ini dikembangkan dengan bahasa atau filosofi desain terbaru Hyundai yang diberi nama “Sensuous Sportiness”.

“”Propecy” tidaklah mengikuti trend. Kehadirannya lebih menyiratkan pesan pesona yang abadi,” kata SangYup Lee, Head of Hyundai Global Design Center.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s