KETIKA PARA SULTAN BERBELANJA SUV DI BULAN JANUARI 2020

jbkderry.com – Pasar SUV real-size alias ukuran penuh di Indonesia memang tidak besar, segmennya khusus, dan kelas harganya memang di atas kemampuan masyarakat umum.

Tapi kalau pembahasannya soal keamanan dan kenyamanan, kelima SUV ini pantas mengemuka ke permukaan. Ya, VW Tiguan Allspace, Mazda CX-9, Hyundai Santa Fe, Mazda CX-8, dan Peugeot 5008.

Tanpa berpanjang lebar lagi prolognya, mari dimulai perjalanannya dengan membahas VW Tiguan Allspace dan Peugeot 5008.

VW Tiguan Allspace

Di bulan Januari 2020, sebanyak 112 unit VW Tiguan Allspace dikabarkan (berdasarkan data Gaikindo) terjual.

Dengan iming-iming harga Rp 598 juta on the road Jakarta, SUV yang diperkenalkan pada GIIAS 2018 dan lalu mulai dirakit di Indonesia pada semester kedua 2019 lalu, memang terhitung menggiurkan.

Ya, dengan harga “hanya” Rp 598 juta, konsumen penggemar SUV di Indonesia sudah bisa memiliki SUV real-size buatan Jerman.

VW Tiguan Allspace dengan kapasitas kursi 3 baris untuk tujuh orang penumpang (lebih pas disebut 5 + 2, kursi baris ketiga untuk penumpang anak-anak) memang pas buat pilihan konsumen Indonesia, yang butuh kapasitas angkut yang banyak ketika membeli mobil baru.

Sederhananya, VW Tiguan Allspace dapat memenuhi ekspektasi umum konsumen Indonesia sebagai family SUV, alias SUV yang pas buat kebutuhan keluarga dan bisa diajak kemana saja mulai perkotaan hingga petualangan ke alam.

VW Tiguan Allspace dibekali mesin bensin 1.4 TSI, dengan tenaga puncak 150 hp dan torsi 250 Nm, yang disalurkan ke roda depan melalui trasmisi tipronic DSG (kopiling ganda) 6-percepatan. Kabarnya, VW Tiguan Allspace mampu melaju hingga kecepatan 202 km/jam.

Untuk rating keamanan, berdasarkan hasil crash test di Euro NCAP pada tahun 2016, VW Tiguan Allspace berhasil mencapai rating tertinggi 5-Bintang.

Volkswagen Tiguan Allspace memiliki dimensi panjang 4.486 mm, lebar 1.839 mm, dan tinggi 1.632,serta wheelbase 2.681 mm.

Fitur Unggulan: 

3 Zone Climatronic AC, Cruise Control, kamera 360 derajat Area View, Park Assist System, Tire Pressure Monitoring, Electronic Stability Control (ESC), Automatic Post Collision Brake System, Electronic Parking Brake dengan Autohold, enam buah Airbags dan ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak yang aman.

Pilihan Warna:  Candy White, Deep Black, Indium Grey, Reflex Silver, dan Silk Blue. 

Peugeot 5008 

Di bulan Januari 2020, SUV asal Perancis ini terjual 8 (delapan) unit. Salah satu pembelinya adalah artis dan youtuber kondang Baim Wong.

Buat peminatnya, Astra Peugeot yang merupakan distributor resmi di Indonesia menawarkannya dalam dua tipe, yaitu Peugeot 5008 SUV Allure Plus seharga Rp 720 juta (on the road Jakarta) dan Peugeot 5008 SUV GT Line seharga Rp 840 juta (on the road Jakarta).

Sama dengan rivalnya di atas VW Tiguan Allspace, Peugeot 5008 juga memiliki konfigurasi kursi 3 baris untuk 7 orang penumpang.

Peugeot 5008 dibekali mesin bensin turbo 16-katup VVT berkapasitas 1,6-liter, dengan tenaga optimal 165 hp/6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm/1.400 rpm.

Untuk rating keamanan, Peugeot 5008 telah melalui uji tes benturan di di Euro NCAP pada tahun 2016 dan berhasil mencapai rating tertinggi 5-Bintang.

Peugeot 5008 GT Line memiliki dimensi 4.641mm, lebar 1.844 mm, tinggi 1.646 mm, serta wheelbase 2.840 mm. Sedangkan Peugeot 5008 Allure Plus memiliki panjang 4.670mm, lebar 1.855mm, tinggi 1.655, dan whellbase 2,840mm.

Fitur Unggulan: 

Park Assist dan kamera 360° di pintu belakang serta depan (Visiopark), membantu memudahkan pengemudi untuk melakukan parkir kendaraan dengan setir yang bergerak otomatis dan menyesuaikan kondisi parkir baik secara paralel maupun mundur.

Lalu ada fitur ikonik Peugeot yang memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, di antaranya melalui desain desain dashboard yang menyerupai kokpit pilot pesawat terbang.

Pilihan Warna: 

Peugeot 5008 GT Line ditawarkan dengan 4 pilihan warna, yakni Emerald Crystal, Nimbus Grey, Nera Black, Pearlescent White. Sedang Peugeot 5008 Allure Plus ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Nera Black, Pearl White, dan Metalic Cooper.

Catatan Lain:

Untuk artikel mengenai Hyundai Santa Fe dan Mazda CX-9, silakan masukkan kata kunci tersebut masing-masing di menu pencaharian (search menu) di media kelas secangkir kopi.

Berikut beberapa di antaranya:

KUPAS KEHADIRAN ALL NEW MAZDA CX-9 DI INDONESIA DENGAN SECANGKIR KOPI

KESAN AWAL BERSAMA HYUNDAI GRAND SANTA FE: SUV RASA SULTAN EROPA DENGAN HARGA ASIA 

NGOBROLIN RIVAL SEPADAN MAZDA CX-8 DI INDONESIA

Oh iya, sebagai penutup artikel di bulan Januari 2020, Mazda CX-9 terjual 35 unit, Hyundai Santa Fe sebanyak 27 unit, dan Mazda CX-8 sebanyak 19 unit.

Terima kasih telah menyempatkan waktu mampir, semoga ada manfaatnya artikel kelas secangkir kopi kali ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s