NGOBROLIN DUA HAL KEREN DARI KOREA: HYUNDAI DAN BTS

jbkderry.com – Saat artikel ini dibuat Sabtu 14 Maret 2020, kalau sempat mampir ke kanal YouTube The Late Late Show with James Corden yang jumlah subscribers-nya 23,1 juta dan The Tonight Show Starring Jimmy Fallon yang jumlah subscribers-nya 24,2 juta, ada satu kesamaan yaitu Lead Video-nya adalah tentang BTS.

Itu berarti sudah dua pekan, kedua kanal YouTube kelas internasional itu menjadikan K-Pop asal Korea Selatan itu ada di posisi Video Lead. Seorang kawan baik bilang, ” Bukan hal yang luas biasa sih, kalau dibayar.”

Bisa jadi iya, posisi Video Lead itu memang berbayar, tapi memang tetap terkesan luar biasa buat masyarakat digital, khususnya para penggemar K-Pop di seluruh dunia.

Kedigdayaan BTS di Amerika Serikat (dan juga di Inggris) tidak hanya melalui dua host kelas dunia seperti melalui James Cordon dan Jimmy Fallon. Jejak langkah BTS di kedua negara raksasa itu di antaranya setidaknya sudah ada sejak tahun 2018.

BTS sudah tampil di Los Angeles Auto Show di bulan November 2019, di ajang musik paling kondang sedunia Grammy Awards ke-61 di bulan Februari 2019, di ajang Billboard Music Awards di bulan Mei 2019, di London Piccadilly Circus di bulan Mei 2019, dan salah satu yang terbaru di ajang Grammy Awards ke-62 di akhir Januari 2020 di Staples Center – Los Angeles.

Penampilan boy-band Bangtan Boys yang terdiri tujuh personel di ajang-ajang tersebut di atas juga makin terasa spesial, karena menggandeng salah satu brand paling terkemuka di negara, yaitu Hyundai.

BTS yang pertama kali berdiri di Seoul pada tahun 2010 ini memang tengah ditunjuk sebagai Global Brand Ambassador oleh Hyundai. Dan sejak tahun 2018, BTS telah menjalankan tugasnya itu dengan mempromosikan flagship SUV terbaru dari Hyundai yang diberi nama Palisade.

Sementara khusus di ajang Grammy Awards ke-62 di bulan Januari 2020 lalu, BTS mendapat tugas khusus mempromosikan visi Hyundai dalam pengembangan teknologi fuel-cell dan mobilitas yang bersih melalui penggunaan kendaraan berbasis hidrogen.

“Hyundai bekerjasama dengan BTS untuk meningkatkan perhatian publik pada hidrogen sebagai sumber energi penting di masa depan dan upaya pengembangannya dalam kebutuhan mobilitas yang ramah lingkungan, termasuk sebagai upaya memperkuat komunikasi dengan generasi millenial dan generasi Z,” kata Wonhong Cho, Executive Vice President & Chief Marketing Officer dari Hyundai Motor Company.

Generasi millenial merujuk pada setiap individu yang lahir di awal tahun 1980an hingga awal 2000an, yang menjadi saksi transisi dari era analog menuju digital, serta memahami perkembangan teknologi informasi.

Sementara generasi Z merujuk pada individu yang lahir setelah pertengahan tahun 1990an dan tumbuh secara kuat dalam lingkungan digital serta punya kebiasaan menggunakan perangkat-perangkat digital, sehingga diasosiasikan sebagai “digital natives” atau individu yang tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan digital.

Video kerjasama BTS dan Hyundai sendiri bisa dilihat di akun resmi Instagram @hyundai.lifestyle dan kanal YouTube @hyundaiworldwide mulai akhir Februari hingga April 2020.

Berikut salah satu di antaranya:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s