NGOBROLIN PELUANG MG ZS SUV RP 200 JUTAAN DI PASAR OTOMOTIF INDONESIA

jbkderry.com – Di tengah merebaknya wabah Corona di Indonesia, pada kuartal pertama 2020 ini pasar otomotif tanah air seyogyanya akan kehadiran pemain baru yang menarik di segmen SUV, yaitu MG (Morris Garages) ZS.

Kenapa menarik? Karena informasi yang beredar di jagat maya, MG ZS sedianya dipasarkan di Indonesia dalam dua tipe yaitu Excite dan Ignite dengan harga Rp 255 juta dan tertinggi 289,9 juta.

Dari informasi di Ig MG Motor Indonesia, MG ZS sedianya akan diperkenalkan secara virtual di hari Selasa 24 Maret 2020 melalui jaringan sosial media mereka; Instagram, Facebook, dan YouTube.

MG ZS kabarnya dibekali mesin 1.500cc bertenaga 114 ps dan torsi 150 Nm, serta transmisi otomatis 4-percepatan. 

Fiturnya pun terhitung berlimpah, mulai dari panoramic sunroof yang kabarnya dioperasionalkan dengan model tombol putar, bukan tekan tarik seperti pada umumnya yang dikenal selama ini. Menyalakan dan mematikan mesin pun cukup tekan tombol (push start button).

Lalu ada airbag 6 buah, head unit 8-inci yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem pengereman pun sudah ABS, BA, dan EBD. Fitur kontrol traksi dan stabilitas juga kabarnya juga sudah masuk fitur standar (bukan opsional).

Sekilas Lebih dengan MS ZS

MG ZS yang juga dipasarkan di Inggris telah melalui uji tes benturan di Euro NCAP dengan nilai rating 3-Bintang pada tahun 2017.

Di Asia Tenggara, MG SZ telah dipasarkan di Brunei Darussalam sejak pertengahan 2019. Sementara di Thailand, sedianya bersamaan dengan di Indoneisa pada 24 Maret 2020.

Dengan posisi harganya yang berada di bawah angka Rp 300 juta per unit, disertai dukungan fitur-fiturnya, MG ZS kabarnya diproyeksi dapat memberikan penetrasi pasar yang maksimal pada sang pemimpin pasar, Honda HR-V.

Sekilas lebih dekat dengan Morris Garages

Seperti yang cukup banyak diinformasikan oleh beragam media di Indonesia, Morris Garagre adalah merek asal Inggris yang saat ini kepemilikannya telah diakuisisi dan berada di bawah perusahaan otomotif terbesar di Cina, yaitu Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) yang bermarkas di Shanghai.

Sudut Pandang Media Kelas Secangkir Kopi

Khusus untuk harga Rp 255 juta (jika benar) ini tentu cukup untuk mengubah selera konsumen kebanyakan, mengingat di rentang harga Rp 250an juta termasuk salah satu klasifikasi harga “tergemuk” alias masih sesuai dengan selera dan kapasitas keuangan pembeli umum di Indonesia.

Bukan rahasia lagi, jika pertimbangan merek, kapasitas duduk 7-penumpang, serta segmentasi desain tidak lagi terlalu berpengaruh pada keputusan membeli konsumen umum di Indonesia.

Kini, dengan budget Rp 250an juta, konsumen bisa mempertimbangkan membeli Toyota Avanza varian tertinggi, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga tipe tertinggi, Honda Mobilio tipe tertinggi, atau sebuah SUV berkapasitas duduk 5-penumpang MG ZS?

Bukan rahasia lagi, jika trend SUV semakin naik di Indonesia. Kalau kalian kira-kira pilih yang mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s