TIPS SUPAYA KABIN MOBIL TETAP BEBAS VIRUS

jbkderry.com – Intisari artikel ini disarikan dari sebuah artikel di Forbes, link-nya nanti bisa dilihat di ujung artikel ini. Semoga ada manfaatnya…

Di tengah merebaknya pandemik Covid-19 atau juga disebut virus corona, tingkat kewaspadaan pun seyogyanya ditingkatkan, termasuk pada perhatian kabin atau interior mobil.

Bukankah mencegah (jauh) lebih baik ketimbang mengobati?!

Meski masih mengundang perdebatan, tapi beberapa ilmuwan berpendapat jika Covid-19 bisa bertahan di udara hingga tiga jam, serta bisa bertahan beberapa hari pada plastik.

Ups, plastik? Yup, mayoritas permukaan interior kendaraan berlapiskan plastik.

Untuk itulah sebaiknya secara reguler, kabin kendaraan (khususnya bagian setir) dibersihkan dengan disinfektan atau setidaknya alhokol 70%.

Bagian kendaraan yang krusial mendapat perhatian lebih lainnya untuk secara reguler dibersihkan yaitu tuas transmisi, tombol jendela dan kaca spion, handel pintu, sandaran siku, sabuk pengaman, kisi-kisi A/C, tombol-tombol sistem audio dan A/C. Pastikan bersihkan merata 100%, kalau bisa dibantu dengan sapuan lap.

Untuk cairan pembersihnya silakan cari cairan khusus pembersih interior kabin, misalnya pas lagi main ke Ace Hardware. Demikian juga pada bagian joknya, dapat digunakan cairan yang sesuai spesifikasinya.

Pastikan sediakan hand sanitizer (cairan pembersih tangan) di kabin saat melakukan perjalanan. Jadi kalau mau keluar atau masuk kembali ke dalam mobil pastikan dipakai deh tuh hand sanitizer-nya. Ingat, statement awal-awal di atas, “Bukankah mencegah (jauh) lebih baik ketimbang mengobati?!”

Kalau bisa juga jaga kabin kendaraan dari penumpang yang dicurigai kurang sehat, tapi kalau memang kepaksa pernah, pastikan buka kaca mobil biar udara virusnya bisa segera keluar kabur dari interior mobil.

Itu saja tips sederhananya, semoga bermanfaat. Oh iya, link artikel aslinya silakan klik di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s