NGOBROLIN HYUNDAI i20 BARU YANG ALAMI REVOLUSI DESAIN SENSUOUS SPORTINESS

jbkderry.com – Sabtu 28 Maret 2020, informasi soal rencana peluncuran generasi terbaru Hyundai i20 di India pada bulan Juni mendatang sudah berseliweran di jagat maya.

Ya, di bulan Juni 2020 sedianya generasi baru hot-hatch dari Hyundai akan menyapa India, meski bisa terancam batal kalau wabah corona tetap merebak.

Sebelum sampai ke pembahasan soal spesifikasi pembaruan yang terkesan revolusioner dari bahasa desain baru Hyundai, yaitu Sensuous Sportiness, ada baiknya Anda mengenal lebih dekat filosofi di balik bahasa desain terbaru tersebut.

Pasalnya beberapa waktu lalu, jbkderry.com sempat melihat beberapa komentar netizen soal konsep (bahasa) desain terbaru Hyundai yang disebut terus mengalami perubahan tanpa ciri khas, sebagaimana saudaranya Kia yang dikenal dengan ciri khas “Tiger-Nose” pada desain grille-nya.

Usut punya usut, ternyata memang melalui filosofi desain terbaru Sensuous Sportiness, para petinggi Hyundai dalam hal desain ingin menyampaikan hal yang memang terkesan revolusioner dari pemahaman umum selama ini.

“Tidak akan ada lagi kesan a la boneka Rusia pada mobil Hyundai ke depan. Gaya baru desain mobil Hyundai kini seperti bidak-bidak catur, dimana setiap kendaraan punya penampilan dan fungsi yang berbeda, namun di saat bersama, mereka tetap sebuah tim,” kata SangYup Lee, Senior Vice President and the Head of Hyundai Design Center, pada tahun 2019 lalu saat memperkenalkan generasi terbaru Hyundai Sonata.

Pada kesempatan itu, generasi terbaru Sonata memang menjadi model kendaraan pertama dari Hyundai yang mendapat kehormatan perdana mencicipi realisasi filosofi desain Sensuous Sportiness.

Melalui kekuatan desain baru Sensuous Sportiness, Hyundai ingin menyampaikan pesan jika setiap manusia memiliki gaya, kebutuhan, dan tujuan yang berbeda. Untuk itu, Hyundai bertujuan dapat memenuhi ekspektasi mobililitas setiap individu di bumi, agar setiap manusia dapat lebih bahagia dengan caranya masing-masing.

Generasi Terbaru Hyundai i20

Generasi terbaru Hyundai i20 hadir dengan lampu depan LED, ciri khas Cascading Grille berkelir hitam, serta lampu kabut projektor.

Di bagian belakang adalah hal desain paling menarik (menurut) jbkderry.com dari implementasi desain Sensuous Sportiness. Simak saja desain lampu belakang yang membentuk huruf Z, dan dibuat menyatu dengan reflektor di bagian tengahnya.

Ada 10 pilihan warna yang kini tersedia, termasuk dengan pilihan warna atap yang berbeda dengan warna bodi.

Perubahan revolusioner pada bagian interior juga tidak kalah mencengangkan. Generasi terbaru i20 ini di antaranya mendapat dua panel digital 10,25inci seperti pada Hyundai Verna yang baru saja mengalami facelift.

Lalu head unit model floating 10,25-inci, dengan fasilitas layar sentuh (touchscreen) dan dapat terkoneksi dengan Android Auto, Apple Car Play, dan BlueLink Telematic System.

Menarik juga melihat desain baru pada dashboard, dengan garis horizontal yang memanjang dan langsung menghubung pada empat bagian ventilasi udara.

Fitur keselamatan yang membekali di antaranya sistem driving assist SmartSense dengan kemampuan memonitor potensi benturan pada kendaraan di depan. Lalu terdapat juga fitur electronic stability program.

Untuk pilihan mesin ada versi 1,5-L diesel, 1,2L bensin, dan 1.0L turbo diesel.  Mesin 1,0L turbo diesel juga disandingkan dengan teknologi mild-hybrid 48-Volt dan transmisi 6-percepatan iMT (ntelligent Manual Transmission). Sistem ini disebut dapat membantu mereduksi konsumsi BBM, karena begitu kaki pengemudi meninggalkan pedal gas, mesin akan mati dan akan hidup kembali di saat pedal gas mulai ditekan.

Sementara mesin bensin disandingkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan atau CVT. Lalu mesin diesel merupakan versi yang sama dengan Kia Seltos disandingkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan atau 6-percepatan torque converter.

Di India sendiri, generasi terbaru Hyundai i20 sedianya akan berhadapan dengan Tata Altroz, Maruti Suzuki Baleno, Toyota Glanza, dan Honda Jazz.

Penasaran dengan harganya? Sama…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s