TIPS EFEKTIF KERJA DARI RUMAH DARI ASURANSI ASTRA (BUKAN IKLAN YAH)

jbkderry.com – Senin 20 April 2020, media kelas secangkir kopi dapat email dari Asuransi Astra. Sebenarnya ada beberapa email juga dari mereka yang gak diunggah di media ini, karena pas difilter a la media kelas secangkir narasinya belum pas atau sudah pernah diangkat artikel yang esensinya sama.

Mudah-mudahan informasi kali ini ada manfaatnya buat Anda, dan sekali ini bukan iklan yah.

Oh iya, inti artikelnya adalah 5 (lima) tips bekerja dari rumah alias work from home yang lebih efektif (seperti judul artikel). Narasi dalam huruf miring berdasarkan keterangan yang dibuat oleh pihak Asuransi Astra.

“Belakangan ini istilah Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah bukan lagi istilah yang asing di telinga, sejalan dengan arahan dari pemerintah untuk menerapkan physical distancing demi melandaikan kurva penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pun mengintruksikan agar seluruh masyarakat Indonesia mengurangi berkegiatan di luar rumah. Termasuk salah satunya dengan menerapkan sistem kerja Work From Home untuk para pekerja kantoran.

Meski sistem kerja WFH terkesan hanya “memindahkan” tempat kerja dari kantor ke rumah, WFH tidak semudah yang terlihat. Saat di rumah ada saja hal-hal yang membuat konsentrasi Anda terpecah. Seperti, anak rewel, pasangan yang minta tolong untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, hingga godaan untuk rebahan di kasur yang empuk.

Harapannya karyawan tetap produktif walau #dirumahaja bagi semua orang adalah sesuatu yang diimpikan. Bagaimana caranya supaya fokus tidak mudah terpecah dengan segala godaan yang ada di rumah? Berikut beberapa tips simpel dari Asuransi Astra supaya dapat tetap produktif saat harus bekerja dari rumah.

1. Siapkan tempat kerja khusus

Tempat kerja yang tepat akan memengaruhi mood bekerja tanpa Anda sadari. Karena itu, siapkan tempat kerja khusus yang dapat membantu Anda untuk fokus dan nyaman bekerja selama WFH.

Jika Anda punya, disarankan sebaiknya bekerja di ruang kerja atau ruang baca di rumah. Namun jika tidak punya, Anda dapat menggunakan ruangan yang paling jarang digunakan oleh anggota keluarga Anda.

Setelah Anda tahu akan bekerja di ruang mana, jangan lupa untuk menginformasikan kepada anggota keluarga Anda, penting untuk menginformasikan siapa yang memakai ruang apa, untuk menghindari rebutan tempat dan mengganggu satu sama lain dengan pekerjaan masing-masing.

Dan disarankan sebisa mungkin hindari bekerja dari tempat tidur, karena dapat mengganggu konsentrasi Anda selama bekerja.

2. Awali hari seperti saat berangkat ke kantor

Terkesan sepele, namun dapat mempengaruhi working-mood Anda seharian. Mulailah hari dengan tetap bangun pagi layaknya hari-hari pergi ke kantor.

Lanjutkan dengan mandi, supaya menjaga kesegaran tubuh. Kemudian, gunakan pakaian yang rapi sebagaimana Anda seperti pergi ke kantor atau hendak meeting dengan client.

Sebisa mungkin hindari memakai baju yang sama dipakai saat tidur, seperti baby doll, piyama, ataupun sarung.

Hal ini memang sepele, namun sangat berpengaruh untuk menjaga mood saat proses bekerja. Dengan tidak mengganti pakaian tidur, mood Anda terganggu dan menjadi rentan tergoda untuk bermalas-malasan.

3. Susun to do list

Menyusun to do list menjadi senjata ampuh agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan terstruktur. Dalam menjalankan to do list, terkadang diperlukan koordinasi dengan rekan kerja.

Saat WFH, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas video conference. Ini bisa dilakukan dengan berbagai platform seperti zoom dan google hangout.

Lalu Anda harus tetap mengontrol agar kinerja Anda optimal dengan memastikan durasi kerja tetap 8 jam seperti saat ngantor pada hari biasa. Pastikan juga Anda jauh dari gangguan yang membuyarkan fokus Anda supaya pekerjaan Anda dapat beres tepat waktu.

4. Tetap menjaga kesehatan tubuh

Terdengar sepele karena banyak yang beranggapan menjaga kesehatan tubuh tidak sesulit saat di luar rumah, namun nyatanya banyak orang yang masih tetap “ambruk” walaupun bekerja dari rumah.

Disarankan untuk tetap berolahraga di pagi hari sebelum memulai aktivitas, dengan berolahraga membantu Anda dapat lebih berkonsentrasi saat bekerja, kedua tetaplah menjaga jadwal tidur yang teratur, jangan sampai anggapan karena bekerja dari rumah membuat mengabaikan pentingnya jam tidur teratur.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga tak kalah penting. Banyak orang yang tak sadar akan pentingnya hal ini, karena anggapan tidak banyaknya aktivitas berat selama di rumah berimbas pada kurangnya mengkonsumsi air mineral.

Memastikan tubuh terhidrasi sangat perlu karena kadar air yang cukup pada tubuh akan akan menunjang sistem organ dalam tubuh. Kekurangan cairan dapat membuat Anda mudah lelah. Hindari mengonsumsi minuman soda berlebihan atau bahkan alkohol.

5. Jaga kesehatan mental

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan olah raga teratur, istirahat cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, dan minum air yang cukup. Menjaga kesehatan mental di tengah kuatnya arus berita negatif terkait pandemi setiap harinya sangat penting. Karena jika diabaikan, akan memicu efek kepanikan dan rasa cemas yang dapat mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh Anda.

Upayakan untuk menerima informasi atau menerima arus berita yang sehat. Tak melulu tentang Covid-19, Anda juga disarankan untuk mengakses informasi lain yang bisa membuka wawasan, memberi inspirasi dan rasa optimisme selama Anda mengisolasi diri dari dunia luar.

Tekad yang kuat menjadi kunci untuk meraih keberhasilan dalam segala hal. Tak terkecuali saat work from home. Tanpa tekad, WFH menjadi tidak efektif dan minim produktivitas. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan dapat membantu Anda agar dapat bekerja efektif selama WFH.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Garda Akses yaitu call center Asuransi Astra di nomor 1-500-112 (24 jam).”

Demikian informasinya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s