TOYOTA PERKENALKAN YARIS CROSS KE DUNIA

jbkderry.com – Kamis 23 April 2020, Toyoya mengumumkan peluncuran model kendaraan baru dengan desain new compact SUV, namanya Yaris Cross.

Menurut keterangan resmi Toyota, Yaris Cross ini sedianya diperkenalkan pertama kali ke dunia pada ajang Geneva Motor Show 2020 bulan Maret lalu, namun sebagaimana sudah banyak dipublikasikan ajang pameran tersebut dibatalkan terkait pandemi covid-19.

Model kendaraan compact SUV terbaru dari Toyota ini sedianya mulai dipasarkan di Jepang pada kuartal keempat tahun ini, antara bulan September hingga Desember 2020. Yaris Cross yang dipasarkan di Jepang sedianya diproduksi di Toyota Motor East Japan Co., Ltd.

Menyusul kemudian rencana diperkenalkan ke Eropa pada pertengahan tahun 2021, yang sedianya diproduksi di Toyota Motor Manufacturing Perancis.

Dengan mengusung nama new Yaris Cross sudah bisa ditebak target market Toyota, yaitu kalangan urban berusia dan berjiwa muda yang kini memang semakin menggemari kendaraan dengan desain compact SUV. Hal itu pun dipertegas dengan nama merek Yaris yang diusungnya.

Faktor kesenangan mengemudi juga menjadi salah satu nilai yang ingin ditawarkan oleh desainer dan engineer Toyota yang terlibat dalam pengembangannya.

New Yaris Cross ini juga sudah dikembangkan dengan platform terbaru TNGA (Toyota New Global Architecture), dan mengadopsi sistem all-new hybrid dari Toyota yang lebih ramah lingkungan.

Dengan mengusung embel-embel nama “Cross” juga sudah dapat ditebak migrasi desainnya. Ya, New Yaris Cross tidak lagi menggunakan identitas desain hatchback. Itulah dimensinya pun membesar.

Pihak Toyota menjelaskan new Yaris Cross ini memiliki ukuran bodi yang mudah dioperasionalkan, atau dengan kata lain tidak butuh waktu lama untuk mengenal karakter kendaraan, yang tentu saja berimbas pada faktor kenyamanan berkendara yang lebih mudah didapatkan.

Dimensinya yang membesar pun membuat situasi kabin dan kapasitas bagasi untuk barang pun menjadi lebih lega dan lapang.

Bagaimana dengan desain  eksteriornya? Buat jbkderry.com yang paling menarik adalah sektor buritannya yang mengingatkan pada garis desain Toyota C-HR.

Toyota new Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.180 mm, lebar 1.765, dan tinggi 1.560 mm (termasuk antena). Jarak antar sumbu rodanya 2.560 mm.

Untuk pilihan mesin ada dua, yaitu mesin bensin 1,5L 3-silinder segaris dengan dua pilihan transmisi Direct-shift CVT dan manual 6-percepatan, serta sistem penggerak roda depan (FWD).

Lalu sebagaimana telah disebutkan di atas ada pilihan hybrid THS II (Toyota Hybrid Sistem II) with reduction gear 1.5-liter Dynamic Force Engine), dengan pilihan sistem penggerak roda depan atau E-Four (electric four-wheel-drive system). 

Menurut spekulasi di media WhatCar.com, kabarnya new Yaris Cross ini akan dijual dengan harga mulai £21,000 atau sekitar Rp 399 juta.

Hmm, kira-kira kalau masuk Indonesia berapa yah harganya? Apakah Toyota Indonesia akan segera menghadirkannya juga di tahun ini, atau di tahun depan (2021)?

Mari ditunggu bersama info lanjutannya. Sumber infomasi bisa diklik di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s