NGOBROLIN TEROBOSAN RANS ENTERTAINMENT DI BULAN RAMADAN (NEW NORMAL)

jbkderry.com – Hari ini Minggu 3 Mei 2020, rencananya pengen buat artikel mengenai “New Normal” alias membuat ulasan bagaimana siklus hidup dengan model baru di sejumlah negara atau wilayah di dunia yang kabarnya telah mulai dilepaskan dari kebijakan lockdown oleh pemerintahnya.

Atau pun bila masih lockdown, kita bisa sama-sama belajar atau setidaknya mendapatkan referensi mengenai gambaran masyarakat sebuah wilayah di luar negeri dalam menciptakan sebuah standar kenormalan hidup yang baru di tengah merebaknya pandemi covid-19.

Salah satu referensinya ketemu di The Sun, sebuah media online di Inggris (bisa disimak di sini), tapi setelah disimak lebih jauh, esensinya mirip-miriplah dengan artikel yang disarikan dari BBC.com pada Sabtu 2 Mei 2020. Silakan simak artikel NGOBROLIN KEHIDUPAN KERJA DI CINA PASCA KEBIJAKAN LOCKDOWN DICABUT.

Akhirnya daripada media kelas secangkir kopi ini minus unggahan artikel di hari ini, diangkatlah sebuah artikel seperti judul di atas.

Jadi sejak awal Ramadan di tahun 2020, ada sebuah fenomena baru di kanal YouTube Rans Entertainment yang dimiliki pasangan pesohor Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Pasalnya kanal YouTube ini menawarkan sebuah warna baru di platform media sosial tersebut, yaitu acara live sahur dan buka puasa yang dipandu oleh sang istri Nagita Slavina.

Kalau acara buka puasa dengan tema #BukberRans, ada hadiah ratusan ribu rupiah buat setiap pemirsanya yang beruntung. Bahkan buat postingan komentar terpilih di kanal YouTube saja bisa dapat hadiah Rp 100 ribu. Kalau VC di WA bisa dapat hadiah lebih banyak lagi, meski tetap hitungan ratusan ribu rupiah.

Paling mencengangkan hadiahnya acara #SahurRans yang dimulai setiap pukul 3 dinihari selama Ramadan, kadang bisa telat tayang juga karena Nagita telat bangun.

Dalam acara #SahurRans, bini Raffi Ahmad itu ditemani sama kedua adik ipar dan mertuanya memberikan hadiah hingga puluhan juta rupiah uang tunai, smartphone Android, televisi LED, serta ada pula hadiah umrah setiap hari yang bekerjasama dengan jasa pengiriman ekspedisi Si Cepat.

Kenapa hal itu menarik dibahas dalam format artikel di media kelas secangkir kopi ini? Berikut beberapa alasannya:

  • Hadiahnya besarannya nampak lebih besar dibanding program-program sejenis di stasiun tivi selama ini.
  • Rans Entertainment nampak jeli menangkap momen social distancing yang membuat beberapa stasiun tivi telah meniadakan program acara sahur.
  • Celah program yang dikelola Rans Entertainment melalui acara #BukberRans apalagi #SahurRans menjadi celah bisnis baru dalam perkembangan dunia digital di tanah air, khususnya yang berbasis platform digital YouTube.
  • Kreativitas tim Rans Entertainment pun harus diakui beberapa lebih maju dibanding para kreator YouTube di tanah air.
  • Kreativitas model bisnisnya pun menarik, karena tim Rans Entertainment dapat menyajikan konsep ide bisnis yang anyar ke para kliennya, melalui bundling packet dengan Instagram mereka yang kabarnya terbesar jumlah followers-nya di Asia Tenggara. Melalui Ig RaffiNagita1717, mereka dapat men-trigger para penggemarnya untuk berkunjung ke kanal YouTube mereka, melalui fasilitas Insta Story.
  • Format tayangan di Rans Entertainment pun akan tetap tayang di kanal YouTube mereka, sehingga para audiens yang terlambat nonton bisa menonton siaran ulang. Buat para klien dan calon klien, hal ini tentu jadi gimmick marketing yang sangat baik. Terlebih jumlah subscribers mereka pun salah satu yang terbesar di Indonesia, nyaris 14 juta subscribers.
  • Dengan tim yang lebih kecil, biaya kerjasama dengan Rans Entertainment bisa jadi lebih negosiabel ketimbang stasiun tivi, dengan dampak jangkauan yang bisa dibilang cukup jauh. Terbukti penelpon-penelpon di acara #SahurRans dan #BukberRans datang dari banyak wilayah di Indonesia, termasuk dari Sumatera dan Kalimantan.

Tentu masih ada pointer-pointer lain yang bisa menggambarkan dahsyatnya potensi kekuatan bisnis di Rans Entertainment. Master mind-nya tentu Raffi Ahmad sendiri, meskipun dia sendiri tidak bisa tampil ke dalam kedua program besutan di kanal YouTube-nya tersebut, karena masih terikat kontrak dengan stasiun tivi untuk acara sejenis di waktu buka puasa dan sahur.

Gambaran kedahsyatan kanal YouTube Rans Entertainment ini juga bisa dilihat dari beberapa orang produksi yang memiliki posisi penting di sejumlah stasiun tivi kini malah memilih bergabung dengan Rans Entertainment.

Bila kayak gini, tidak salah jika Rans Entertainment juga bisa disebut sebagai “New Normal” di jagat siaran dan media di Indonesia.

Bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s