DI TENGAH PANDEMI COVID-19, VOLKSWAGEN DAN FORD UMUMKAN PENGEMBANGAN KERJASAMA TEKNOLOGI

jbkderry.com – Dilansir dari https://www.autonews.com/ melalui sebuah artikel berjudul “VW, Ford forge ahead with technology sharing to save costs” yang diunggah Jumat 15 Mei 2020, dua perusahaan otomotif besar dari dua benua yang berbeda telah mengumumkan awal kesepakatan kerjasama.

Dalam artikel itu disebutkan, pabrikan otomotif raksasa asal Eropa yaitu Volkswagen Group telah mencapai kesepakatan awal kerjasama dengan pabrikan otomotif besar asal Amerika Serikat yaitu Ford Motor Co, untuk pengembangan kendaraan listrik dan swakemudi/otonom (self-driving).

Penandatangan kesepakatan kerjasama ini kabarnya akan dilangsungkan pada akhir Juni 2020, mengingat kedua belah pihak disebutkan memerlukan waktu untuk mempersiapkan dana investasi yang besar dalam pengembangan mobil bertenaga baterai dan otonom.

Kesepakatan kerjasama ini tentu menjadi angin segar bagi industri otomotif dunia, mengingat pandemi global saat ini telah banyak memporak-porandakan industri otomotif secara menyeluruh.

Kerjasama kedua belah pihak perusahaan otomotif besar ini menjadi pertanda jika isyarat lugas, jika perusahaan-perusahaan otomotif raksasa belum menyerah dan bahkan lebih giat untuk menggabungkan kekuatan.

Kerjasama ini juga juga dapat membantu kedua belah pihak untuk dapat menekan pengeluaran yang lebih besar dalam pengembangan teknologi baru.

Industri Otomotif Global Yang Terpukul

Dari artikel itu juga disebutkan jika penjualan mobil di dunia sejauh ini pada tahun 2020 telah mengalami kemerosotan hingga 20%, dan diprediksi dapat berlanjut hingga tahun 2021.

Di tengah menyusutnya permintaan konsumen dan kendala modal yang meningkat, pelaku industri otomotif memang seperti dituntut untuk dapat melakukan pengembangan teknologi baru untuk dapat merangsang kembali minat beli di pasar otomotif dunia.

Salah satunya melalui transisi menuju kendaraan listrik dan swakemudi/otonom yang diharapkan dapat terjadi lebih cepat ke depan.

Melalui kerjasama antara Volkswagen dan Ford disebutkan kedua belah pihak sudah dapat memperkenalkan kendaraan hasil pengembangan teknologi bersama pada awal tahun 2022.

Mari kita nantikan sama-sama informasi lanjutan dari kesepakatan kerjasama ini.

Link artikel asli bisa dilihat di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s