INDUSTRI OTOMOTIF DI BRASIL MULAI BANGKIT KEMBALI DI TENGAH PANDEMI

Axor, truk berat dari Mercedes-Benz. (ilustrasi foto)

jbkderry.com – Meski di tengah grafik penyebaran pandemi Covid-19 yang meningkat di Brazil, namun industri otomotif di negeri bekas jajahan Portugal itu justru dikabarkan menggeliat.

Informasi ini jbkderry.com sarikan dari sebuah artikel berjudul “Mercedes Benz to resume second shift in Brazilian factory as sales slowly recover” yang tayang di reuters.com pada Kamis 2 Juli 2020.

Jadi kabarnya pada Rabu Juli 2020, pabrikan mobil asal Jerman mulai menjalankan strategi kerja dua shift di pabrik mereka yang berlokasi Sao Bernardo do Campo, kawasan industri di pinggiran Sao Paulo, agar para karyawan dapat tetap bekerja dengan menjaga jarak untuk memenuhi permintaan konsumen yang dikabarkan mulai pulih secara perlahan.

Pihak Mercedes-Benz juga mengatakan sebagian besar karyawannya yang bekerja di jalur produksi ini, merupakan karyawan yang kontraknya ditangguhkan sementara sejak Mei 2020. Lalu masih ada sekitar 50% lainnya yang masih dicutikan hingga 31 Agustus 2020, sesuai kesepakatan antara pihak Mercedes-Benz dan serikat pekerja.

“Dengan jadwal seperti ini, kami memang baru bisa menempatkan tenaga karyawan yang lebih sedikit per shift, demi menjami regulasi menjaga jarak,” kata Fernando Garcia, wakil presiden sumber daya manusia di Mercedes-Benz untuk Amerika Latin, Fernando Garcia, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Saat ini juga, kami juga sementara menyesuaikan volume produksi sesuai pesanan khusus dari konsumen truk Mercedes-Benz,” imbuhnya.

Dalam pernyataan resminya, pihak Mercedes-Benz menyebut pasar otomotif di Brasil bisa dikatakan mulai pulih, setelah berbulan-bulan di tahun ini mengalami kelesuan ekonomi menyusul penyebaran pandemi Covid-19 di sana.

Dalam artikel itu disebutkan, jika penjualan mobil di Brasil pada Juni 2020 mampu menembus angka 132.800 ribu unit, ini tentu jauh lebih tinggi ketimbang data Mei 2020 yang ada di angka 62.200 unit.

Buat Mercedes-Benz sendiri untuk segmen bus dan truk pada bulan Juni 2020, angka penjualan berada di kisaran 10.000 unit, hal ini tentu kabar baik jika di bulan Mei 2020 “hanya” membukukan angka penjualan 5.460 unit.

Kalau Indonesia kira-kira kapan yah, pasar otomotifnya bisa kembali rebound? Silakan berbagi pendapat di bawah, jika berkenan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s