PENJUALAN MOBIL LISTRIK BMW JUSTRU NAIK DI SAAT PANDEMI COVID-19

jbkderry.com – Dilansir dari informasi resmi BMW pada Selasa 7 Juli 2020, pabrikan mobil asal Jerman itu mengumumkan meski pada semester pertama tahun ini, angka penjualan mobil mereka secara keseluruhan susut 23% yaitu di angka 962.575 unit (data penjualan dari 3 merek mereka; BMW, MINI, dan Rolls-Royce), namun terselip sebuah kabar baik…

Angka penjualan mobil listrik dari merek BMW dan MINI sepanjang semester pertama 2020 justru naik 3,4% di angka 61.652 unit, dan seluruh unit mobil listrik tersebut dikabarkan sudah diserahkan alias telah sampai ke tangan konsumen.

“Kami secara seksama mengikuti perkembangan permintaan pasar global, dan telah mencanangkan beragam skenario agar dapat merespon secara cepat permintaan di berbagai wilayah sesuai kebutuhan mereka masing-masing,” kata Pieter Nota, anggota Dewan Manajemen BMW AG bertanggung jawab atas Pelanggan, Merek, dan Penjualan.

“Kami juga menyambut perkembangan positif di Cina, dimana penjualan produk kendaraan kami pada kuartal kedua tahun ini tercatat lebih tinggi dibanding periode yang sama pada tahun 2019 lalu. Kabar menggembirakan lain tentu dari penjualan kendaraan listrik kami yang melampaui pencapaian tren pasar di paruh pertama tahun ini. Rangkaian model kendaraan plug-in hybrid dan fully-electric MINI tengah sangat diminati konsumen kami saat ini,” tambah Nota.

Data Penjualan BMW Group Sepanjang Semester Pertama 2020

Sepanjang semester pertama 2020, angka penjualan kendaraan dari merek BMW turun 21,7% dibanding periode yang sama tahun lalu dan berada pada angka penjualan 842.153 unit.

Sementara dari merek MINI, data penjualan pada periode yang sama turun 31,1% atau berada pada angka penjualan 118.862 unit.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, kabar gembira datang dari kendaraan listrik merek BMW dan MINI yang mampu naik 3,4% atau lebih jelasnya mampu terjual 61.652 unit ke konsumen.

Sementara dari merek kendaraan super mewah Rolls-Royce, data penjualannya turun 37,6% dan berada di angka penjualan 1.560 unit.

Lalu dari penjualan sepeda motor high-end market BMW Motorrad, pasarnya turun 17,7% atau setara dengan angka penjualan 76.707 unit sepanjang periode Januari – Juni 2020.

Strategi Penjualan Kendaraan Listrik BMW AG di Masa Depan

BMW Group telah menjabarkan rencana sistematis peluncuran jajaran kendaraan listriknya sejak awal tahun ini.

Hal ini telah dibuktikan dengan peluncuran sejumlah kendaraan plug-in hybrid di berbagai segmentasi pasar, baik untuk pasar di domestik Jerman maupun di berbagai belahan dunia.

Di Jerman sendiri, tersedia paket insentif ekonomi untuk menstimulasi pasar.

Sebagai bukti keseriusan BMW di pasar kendaraan listrik, BMW telah mencanangkan produksi versi fully-electric BMW iX3 dalam beberapa bulan ke depan.

Di tahun 2021, pengembangan jajaran kendaraan listrik pun telah dipersiapkan masuk jalur produksi, seperti fully-electric BMW i4 dan NMW iNEXT.

BMW Group sendiri mencanangkan dapat memperkenalkan 25 model kendaraan listrik mulai tahun 2023, dimana lebih dari separuh dari jajaran tersebut adalah kendaraan fully-electric alias mobil listrik sepenuhnya yang mengandalkan suplai tenaga dari baterei dan motor listrik.

Lalu untuk kategori plug-in hybrid di antaranya sejak Juni 2020 ini, sudah tersedia pilihan generasi terbaru BMW 5 Series plug-in hybrid.

MINI yang membidik segmen anak muda tersedia pilihan plug-in hybrid MINI Cooper SE Countryman ALL4, yang menurut data pabrikan memiliki level konsumsi BBM 2 – 1,7 liter/100 km, komsumsi tenaga listrik 14 – 13,1 kWh/100 km, serta emisi CO2 kombinasi antara 45 – 40 g/km.

Lalu ada fully-electric MINI Cooper SE (tentu saja tanpa mesin ICE/mesin konvensional lagi), dengan konsumsi tenaga listrik 16,8 – 14,8 kWh/100 km, serta emisi gas buang CO2 yang tentu saja sudah 0 g / km.

Pasar Potensial Mobil Listrik dari BMW Group Ada di Eropa

Jerman

Dari total penjualan 116.255 unit sepanjang semester pertama 2020 dari merek BMW dan MINI di Jerman, 10,8% di antaranya adalah kendaraan berteknologi listrik.

Eropa

BMW dan MINI berhasil menjualan kendaaraan BEV (Battery Electric Vehicle) dan PHEV sebanyak 40.734 unit sepanjang Januari – Juni 2020, atau secara nilai persentasi sebesar 10,9% dari total penjualan 372.428 unit di periode tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s