ALL NEW COROLLA CROSS JADI CARA TOYOTA RANGSANG PASAR SUV DI INDONESIA DI TENGAH PANDEMI

jbkderry.com – Saat artikel ini dibuat dan diunggah di media kelas secangkir kopi jbkderry.com, informasi mengenai model kendaraan SUV terbaru dari Toyota ini sudah banyak tumpah ruah di jagat maya Google.

Namun sebagai automotive enthusiast rasanya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk turut mengulasnya.

Pertama karena ini adalah masuk kategori urban SUV, dan yang suka berkunjung ke media kelas secangkir kopi ini pasti tahu betapa jbkderry.com merupakan penyuka berat mobil berdesain SUV.

Alasan kedua, sudah bukan rahasia lagi jika model kendaraan berdesain urban SUV merupakan salah satu faktor kunci dari banyak produsen otomotif untuk mengikat hati konsumen. Menurut data JATO, silakan masukkan kata kunci “suv market share 2019“, sejak tahun 2014 – 2018, pasar SUV terus menggeliat positif grafiknya.

Bahkan di segmen kendaraan super premium alias super mewah, sebutlah Porsche masih bisa menyelamatkan angka penjualannya di kuartal pertama tahun 2020 ini justru karena model kendaraan SUVnya, melalui Macan dan Cayenne.

Alasan ketiga, di tengah pandemi ini, daya beli yang masih dapat disebut relatif lebih aman adalah pasar mobil di atas Rp 400 juta, walaupun segmentasinya tentu tidak sebesar pasar mobil di bawah Rp 300 juta.

Berdasarkan informasi di jagat maya, All New Corolla Cross saat diperkenalkan pada hari Kamis pagi 6 Agustus 2020, kabarnya dipasarkan dalam dua kategori tipe, yaitu tipe mesin bensin 1.8L seharga Rp 457,8 juta dan tipe Hybrid Rp 497,8 juta.

Secara posisi harga, All New Corolla Cross masih di bawah harga saudaranya Toyota C-HR yang sudah tembus di atas Rp 500 juta.

Ngobrolin Lebih Jauh All New Corolla Cross

Ya, Toyota pun sama halnya dengan banyak produsen otomotif terkemuka di dunia, memandang kendaraan berdesain SUV mengandung potensi yang lebih besar di pasar otomotif.

Itu pun dibuktikan dengan sosok Corolla yang kini menjelma dari sosok sedan menjadi sosok urban SUV.

All New Corolla Cross versi mesin bensin menggunakan kode mesin 2ZR-FE yang mampu mencapai power maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm/4.000 rpm.

Urban SUV dengan kapasitas kursi untuk 5-penumpang ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.640 mm.

Untuk kelegaan ruang kabin, All New Corolla Cross memiliki ruang kepala 105 mm untuk kabin depan dan 87 mm untuk kabin belakang.

Salah satu jaminan kualitas keamanan dan kenyamanan berkendara pada All New Corolla Cross terletak pada aplikasi platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C).

Sementara kelincahannya bermanuver, atau untuk balik arah dan parkir, bisa dilihat dari kemampuan radius putarnya yang hanya 5,2 meter.

Untuk kenyamanan penumpang, All New Corolla Cross dimanjakan oleh beragam fitur kenyamanan terkini, di antaranya interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice commandmoonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Sementara penumpang di baris kedua terjaga kenyamanannya berkat kehadiran kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Bekal fitur keamanan lain pada All New Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada penumpang. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbagsHill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Untuk All New Corolla Cross versi Hybrid mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

All New Corolla Cross versi Hybrid dilengkapi mesin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

Dan tentu saja lebih ramah dalam hal efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO2 dibanding versi mesin bensin.

Untuk kebutuhan servis berkala, termasuk untuk versi Hybrid, sebanyak 332 outlet resmi Toyota di Indonesia disebut dalam menangani kebutuhan perawatan All New Corolla Altis Hybrid.

Tidak hanya itu, pihak Toyota Indonesia juga disebut memberikan fasilitas menarik lainnya kepada para peminatnya, seperti gratis servis berkala sampai dengan servis berkala ke-6 maksimum 4 tahun atau 50,000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang termasuk di dalamnya gratis biaya jasa dan suku cadang.

Lalu ada garansi selama 36 bulan atau 100.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang berlaku di seluruh bengkel resmi Toyota. Untuk pelanggan varian HEV di Indonesia juga mendapatkan tambahan battery warranty 2 tahun atau 50.000 km sehingga total menjadi 5 tahun atau 150.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu).

Buat yang tertarik memiliki tanpa ingin membeli, bisa menggunakan fasilitas KINTO. Tidak perlu membeli mobil, KINTO adalah solusi memakai mobil baru dengan cara berlangganan yang pertama di Indonesia, terutama untuk konsumen individu.

Lalu khusus untuk varian HEV juga terdapat program khusus Guaranteed Future Value dimana pelanggan yang melakukan pembelian di dealer Jabodetabek yang bekerjasama dengan Toyota TRUST bisa mendapatkan jaminan harga jual kembali mulai dari tahun ke-1 hingga tahun ke-5.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s