AKHIRNYA ADA MOBIL HYUNDAI JADI YANG TERBAIK DI RED DOT DESIGN AWARDS

jbkderry.com – Bulan Oktober 2020 ini mungkin akan menjadi momen bulan paling spesial baru pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai.

Di tanggal 15 Oktober, posisi chairman alias orang nomor satunya beralih dari Mong-Koo Chungkepada putranya, Euisun Chung. Lalu selang lima hari kemudian di tanggal 20 Oktober 2020, untuk pertama kalinya Hyundai masuk ke dalam posisi lima besar pabrikan mobil yang paling bernilai di dunia versi Interbrand.

Dan di dua hari kemudian pada tanggal 22 Oktober 2020, untuk pertama kalinya pula ada mobil Hyundai yang menyabet penghargaan paling terbaik alias best of the best pada salah satu ajang penghargaan desain paling terkemuka di dunia, Red Dot Design Awards.

Melalui mobil konsep listrik, Hyundai Prophecy EV, pabrikan mobil asal Korea Selatan itu untuk pertama kalinya berhasil menjadi model kendaraan dengan desain paling terbaik (best of the best) pada kategori Mobility & Transportation.

Sebenarnya ada dua model kendaraan Hyundai lain yang membawa pulang tropi kemenangan di ajang Red Dot Design Awards 2020 ini, yaitu mobil konsep EV ’45’ dan truk fuel-cell electric bernama ‘Neptute’ yang menjadi kampiun di kategori Design Concept.

Buat mobil konsep berteknologi listrik ’45’, penghargaan ini sekaligus menambah daftar kemenangan tropi prestisius sebelumnya, yaitu dari ajang kompetisi desain berkelas dunia lainnya yaitu IDEA dan IF, sejak diperkenalkan pertama kali di tahun 2019 lalu.

Prophecy sendiri dikembangkan melalui konsep desain terbaru dari Hyundai yang diberi nama Sensuous Sportiness, dengan beberapa karakteristik baru seperti bentuk overhang depan yang lebih panjang dan overhang belakang yang lebih pendek, dibanding konsep desain sebelumnya yang diberi nama Fluidic Sculpture.

Konsep arsitektur terbaru dari Hyundai ini sendiri menitikberatkan pada tampilan eksterior yang natural, dipadukan dengan unsur harmoni dan fungsionalitas.

Sementara mobil konsep EV yang diberi nama ’45’ merupakan perwujudan arah teknologi Hyundai di masa depan yang menitikberatkan pada unsur elektrifikasi, teknologi swakemudi, dan desain yang pintar.

Hyundai ’45’ juga ditandai dengan beberapa karakteristik yaitu bodi monokok, aerodinamis, serta desain berbobot ringan yang terinspirasi dari pesawat di tahun 1920an.

“Melalui Prophecy dan 45 yang merupakan wujud kendaraan listrik Hyundai di masa depan, kami ingin menunjukkan hubungan atau koneksi emosional yang kuat antara manusia, dan kendaraan, sehingga dapat menghadirkan nilai lebih bagi setiap konsumen Hyundai dalam menjalani mobilitas sehari-hari,” kata SangYup Lee, Senior Vice President & Head of Hyundai Global Design.

Red Dot Design Award sendiri seperti telah disebutkan merupakan ajang penghargaan desain paling terkemuka di dunia selain IF Design Award dan International Design Excellence Awards (IDEA).

Di ajang Red Dot Design Awards 2020, ada sekitar 4.170 desain yang dinilai, dengan 41 kategori pemenang ‘Best of the Best’ dan 188 tropi pemenang, dengan melibatkan sebanyak 20 juri berkelas internasional, dengan titik berat kriteria penilaian pada inovasi, kualitas, dan fungsionalitas.

Selamat untuk pencapaian Hyundai sepanjang Oktober 2020 ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s