DALAM 11 TAHUN TERAKHIR, NYARIS 1 JUTA UNIT MOBIL LISTRIK TERJUAL DI AMERIKA SERIKAT

jbkderry.com – Artikel ini dinarasikan kembali dari informasi yang telah diunggah di situs insideEVs dengan judul “Check Out How EV Sales Have Evolved In The U.S. Since 2010” (link artikel asli dalam bahasa Inggris bisa dilihat di sini).

Berikut narasi ulang selengkapnya…

Perjalanan penjualan mobil listrik di Amerika Serikat sendiri sudah dimulai sejak Desember 2010, melalui brand atau merek asal Jepang yaitu Nissan dengan memasarkan Leaf.

Sejak saat itu (Desember 2010) hingga September 2020, penjualan mobil listrik di Amerika Serikat sendiri mencapai nyaris 1 juta unit. Namun pencapaian ini tentu saja masih kecil jika dibandingkan dengan penjualan mobil secara keseluruhan di Amerika Serikat, yang pertahunnya berdasarkan data di situs statistica.com pada periode 2010 – 2019 ada di kisaran 11 juta unit hingga 17 juta unit per tahun (sumber data bisa diklik di sini).

Nissan sendiri melalui Leaf cukup lama digdaya, sebelum Tesla datang melalui Model S, Model X, dan Model 3 yang mulai merontokkan singgasananya jelang paruh kedua tahun 2012. Di tahun 2012 itu, Tesla lebih dulu hadir melalui Model S.

Tesla sendiri baru bisa mengusai tahta tertinggi penjualan mobil listrik di Amerika Serikat di Oktober 2017 melalui Model S, setelah sukses melewati angka penjualan Nissan Leaf. ‘

Di bulan sebelumnya September 2017, penetrasi Tesla di pasar mobil listrik di Amerika Serikat semakin menjadi-jadi. Setelah sebelumnya menyerang singgasana Nissan Leaf melalui Model S dan Model X, pabrikan mobil listrik dari anak-anak Amerika Serikat itu juga hadir melalui Model 3.

Sejak awal kehadirannya, Tesla Model 3 yang juga sukses besar di beberapa negara lain, terus meroket penjualannya di Amerika Serikat. Hingga setahun kemudian di Desember 2018, penjualan Tesla Model 3 mampu mengalahkan angka penjualan Tesla Model S di pasar mobil listrik di Amerika Serikat.

Di tahun 2020 ini pun, angka penjualan Tesla Model 3 di Amerika Serikat saja lebih dari dua kali lipat dibanding angka penjualan rata-rata per bulan dari Tesla Model S. Di Indonesia sendiri melalui importir umum Prestige Motors, Tesla Model 3 sudah mulai dijual sejak semester pertama 2019 lalu.

Kembali ke soal pasar mobil listrik di Amerika Serikat. Meski secara total volume belum berkontribusi besar, namun perkembangan pasar mobil listrik di Amerika Serikat telah mengundang minat sejumlah pelaku industri otomotif lainnya.

Maka muncullah pilihan lain seperti Audi e-tron, Jaguar I-Pace, Smart ED, Tesla Model S, VW e-Golf, BMW i8, Fiat 500e, Kia Soul EV, Merceded-Benz B520e, Chevy Bolt, dan Hyundai Ioniq EV.

Meski semakin popoler, para produsen mobil listrik ini tidak bisa memasarkan produknya di seluruh negara bagian di Amerika Serikat. Jika mengacu pada data dari situs insideEVs (data bisa dilihat di sini), ada 12 negara bagian di Amerika Serikat yang prospektif di tahun 2020 ini.

Popularitas mobil listrik di Amerika Serikat sendiri juga tidak terlepas dengan keberadaan model kendaraan listrik yang harganya semakin terjangkau, seperti kehadiran Hyundai Kona Electric. Di Indonesia sendiri, Hyundai Kona Electric (sepengetahuan jbkderry.com) juga menjadi mobil listrik dengan harga paling terjangkau saat ini (saat artikel ini dibuat).

Sebagai perbandingan, Tesla Model 3 yang dipasarkan Presitige Motors dengan harga di atas Rp 1 miliar, Hyundai Kona Electric dipasarkan di Indonesia dengan harga di kisaran Rp 500 jutaan.

Jika mengacu pada data predisksi pasar mobil listrik di situs J.P. Morgan pada tahun 2018 (data asli bisa dilihat di sini), di tahun 2025 pasar mobil listrik diproyeksi bisa mencapai angka 8,4 juta unit.

Sebuah proyeksi yang cukup ambisius, jika melansir data penjualan mobil listrik di dunia sejak tahun 2016. Berdasarkan data dari JATO, penjualan mobil listrik pada tahun 2016 ada di angka 391 ribu unit, di tahun 2017 ada di angka 727 ribu unit, di tahun 2018 di angka 1,261 juta, serta di tahun 2019 di angka 2,1 juta unit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s