NGOBROLIN KOMPARASI MOBIL PICK-UP DALAM SECANGKIR KOPI

jbkderry.com – Sudah 4 (empat) hari sejak tanggal 20 November 2020, media kelas secangkir kopi ini tidak diisi dengan narasi konten. Pengelolanya lagi sibuk support pesanan pelanggan di Dapur Bu Yon di akhir pekan lalu, di samping belum ada ide dan antusiasme untuk membuat konten baru yang dirasakan menarik, hingga pagi ini di 24 November 2020…

Kayaknya menarik juga bahas model kendaraan pick-up yang lagi dipasarin di Indonesia. Siapa tahu bisa bermanfaat bagi pengunjung media kelas secangkir kopi jbkderry.com, yang tengah tertarik dan mempertimbangkan untuk membeli unit baru kendaraan niaga ringan model pick-up untuk menunjang kelancaran bisnis dan usahanya, meski badai penyebaran pandemik di negeri ini belum juga usai.

Yuk, langsung ikuti pembahasannya a la media kelas secangkir kopi…

Suzuki Carry Pick-Up

Kalau melihat informasi di situs resmi Suzuki Indonesia, ada 4 (empat) varian yang ditawarkan dengan harga terendah Rp 145,6 juta (tipe flat-deck), lalu ada yang sejuta lebih mahal Rp 146,6 juta (tipe wide-deck), di atas ada yang seharga Rp 154,1 juta (flat-deck AC PS; AC PS di sini maksudnya sudah pakai fitur AC dan Power Steering), lalu tipe tertinggi untuk Carry Pick-Up seharga Rp 155,1 juta (wide-deck AC PS).

Sebenarnya ada juga dua varian lain dengan model yang dinamakan Carry Luxury, yang secara umum lebih nampak perbedaan secara nampak mata adalah warna dan ornamen eksterior yang lebih mewah, dengan harga Rp 159,1 juta (tipe flat-deck PS Luxury) dan Rp 160,1 juta (wide-deck PS Luxury).

Seluruh harga yang tertera di atas merupakan data harga on the road Jakarta pada bulan November 2020, serta bisa berubah sewaktu-waktu.

Menurut klaim pihak Suzuki Indonesia, Carry Pick kini dilengkapi dengan mesin baru K15B-C (1.462cc) yang lebih bandel, bertenaga serta irit bahan bakar. Kelebihan lainnya secara profil kendaraan adalah kapasitas angkut bebannya yang bisa mencapai maksimal 1-ton buat menunjang kebutuhan usaha pemakainya, serta bagian deck yang dapat dibuka dari 3 (tiga) sisi untuk mempermudah proses muat dan bongkar angkutannya.

Kelebihan lainnya adalah kursi pengemudi yang dapat dimaju-mundurkan untuk mendapat posisi duduk mengemudi yang paling ideal. Dua kelebihan lain yang diklaim pihak Suzuki Indonesia adalah harga suku cadang murah dan mudah didapat, serta biaya perawatan disebut hemat.

Untuk tipe flat-deck; panjang baknya 2.505 mm, lebar 1.665mm, serta tinggi 360mm. Sementara untuk tipe wide-deck; panjang baknya sama dengan tipe flat-deck, cuma lebarnya berbeda dengan ukuran 1.745mm.

Isuzu Traga Pick-Up

Di situs resmi Isuzu Indonesia, media kelas secangkir kopi jbkderry.com tidak menemukan informasi harga resminya. Namun berdasarkan informasi di situs https://id.priceprice.com/, pada saat artikel ini dibuat, harga Isuzu Traga ada di angka Rp 208,3 juta (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Isuzu Traga Pick-Up secara spesifikasi memang bukan rival sekelas buat Suzuki Carry, karena kapasitas mesin dan dimensinya lebih besar. Rival sekelasnya justru lebih dari dua mereka Korea, yaitu Kia K2700 dan Hyundai H-100.

Traga Pick-Up saat ini juga menjadi salah satu model kendaraan niaga terlaris dari Isuzu di Indonesia. Dalam sebuah acara kegiatan webinar pada tanggal 13 November 2020 lalu, pihak Isuzu Indonesia menyebut dari Januari hingga September tahun ini, Traga sudah terjual 5.935 unit.

Traga dibekali mesin diesel 4JA1-L (2.499cc) dan transmisi manual 5-percepatan. Panjang baknya 2.810mm dan lebar bak (bagian dalam) 1.620mm.

Salah satu nilai plus yang diunggulkan pihak Isuzu Indonesia adalah radius putarnya yang diklaim terbaik di kelasnya 4,5 meter.

Daihatsu Granmax Pick-Up

Nah, kalau ini rival sejati dari Suzuki Carry Pick-Up, karena sama-sama mengandalkan mesin bensin 1,5-liter. Ya, memang ada juga Daihatsu Granmax Pick-Up yang ditawarkan dengan varian mesin 1,3 liter.

Untuk harga Granmax 1.5 tipe terbawah di bulan November 2020 ini ditempeli stiker harga Rp 146,1 juta on the road Jakarta, sementara untuk Granmax 1.5 3W (pintu bak bisa dibuka dari 3 cara, sama seperti pada rivalnya Suzuki Carry pick-up di atas), lalu untuk Granmax 1.5 AC PS dihargai Rp 153,1 juta on the road Jakarta (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Jika dibandingkan dengan rival utamanya Suzuki Carry pick-up, harga Daihatsu Grandmax memang di atas kertas di rentang harga yang setara, dalam arti plus minus, dan tidak menutup kemungkinan bisa saja ada potongan harga atau diskon dari harga pricelist pada saat transaksi, tergantung negosiasi.

Kalau mau yang lebih terjangkau harganya ya ada Daihatsu Granmax 1.3 yang harganya Rp 141,4 juta, tapi rasanya nanggung mending nambah di kisaran Rp 5 juta sudah bisa dapat yang versi 1.5 standar.

Panjang bak untuk Daihatsu Granmax 1.5 3W mencapai 2.350 mm dan lebar 1.585 mm. Untuk urusan kapasitas volume angkut Granmax 1.5 memang nampaknya harus mengakui keunggulan rivalnya dari Suzuki di atas.

Radius putarnya 4,7 meter.

DFSK Super Cab

Mobil pick-up asal Tiongkok ini menjadi hadir seperti ingin mengambil potongan kue Daihatsu Granmax, karena hadir dengan pilihan mesin 1.3L dan mesin 1.5L.

Ya, ada bedanya sih, karena mesin 1.3L justru versi mesin diesel dan itu pula harganya lebih mahal yaitu Rp 158 juta on the road Jakarta (harga November 2020 dan bisa berubah sewaktu-waktu).

Ya, seperti halnya strategi marketing umum dari mobil asal Tiongkok, salah satu pesonanya adalah posisi harga yang lebih rendah. Lihat saja harga DFSK Super Cab 1.5L bensin, harganya “cuman” Rp 132,99 juta on the road Jakarta (harga November 2020 dan bisa berubah sewaktu-waktu). Atau menjadi mobil pick-up yang harganya paling terjangkau saat ini.

Untuk ukuran bak belakang pada versi 1.3L diesel; panjang baknya 2.310, lebar 1.670 mm, dan tinggo 340 mm. Sementara untuk tipe 1.5L bensin, panjang baknya lebih panjang yaitu 2.470 mm, selebihnya ukurannya sama.

Dibanding Granmax 1.5 3W panjang baknya sedikit kalah (-40mm) namun lebih lebar 85mm. Jika dibandingkan dengan Suzuki Carry, baknya kalah panjang, kalah lebar, dan kalah tinggi.

Kia K2700 Pick-Up

Jika mengacu pada situs resmi Kia Indonesia pada bulan November 2020, harga Kia K2700 mestinya seksi, karena dengan kapasitas mesin diesel A-II 2.7 harganya gak sampe Rp 200 juta per unit. Tepatnya Rp 193,2 juta on the road Jakarta (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Bandingkan dengan harga yang ditera di atas pada Isuzu Traga Rp 208,3 juta (harga bisa berubah sewaktu-waktu), atau dengan kata lain lebih mahal Rp 15,1 juta.

Memang sih jaringan layanan purna jualnya tentu tidak seluas Isuzu Indonesia, tapi artikel ini sendiri lebih fokus pada mengulas dari sisi spesifikasi produknya sendiri.

Panjang baknya 2.810 mm, lebar baknya 1.630mm, dan tinggi baknya 355 mm. Sedikit ada keunggulan di sektor lebar ketimbang Isuzu Traga yang punya lebar bak (bagian dalam) 1.620mm. Sementara panjang baknya sama 2.810mm.

Hyundai H-100 Pick-Up

Agak unik memang Hyundai di Indonesia. Meski kini masuk di bawah bendera prinsipalnya langsung, soal harga unit kendaraannya terhitung tinggi.

Simak saja harga Hyundai H-100 Pick-Up yang saat artikel ini diturunkan harganya Rp 214,35 juta on ther road Jakarta. Media kelas secangkir kopi jbkderry.com pun jadi bertanya-tanya, “Kok bisa jauh lebih mahal ketimbang K2700 Pick-Up yang masuk justru hanya melalui jalur distributor resmi?!”

Mengenai spesifikasi Hyundai H-100 Pick-Up sudah pernah dibahas di artikel yang lain di media kelas secangkir kopi ini, silakan klik di sini.

Itu saja dulu, semoga informasinya bermanfaat. Khususnya bagi pengunjung media kelas secangkir kopi ini yang lagi menimbang-nimbang membeli unit mobil baru pick-up.

Terima kasih telah menyempatkan waktu mampir.

2 Replies to “NGOBROLIN KOMPARASI MOBIL PICK-UP DALAM SECANGKIR KOPI”

    1. Siap, Om, kemarin sih waktu mau closing artikel keingetan, tapi sudahlah, sudah kepanjangan juga dan juga namanya juga media kelas secangkir kopi hehehehe, sehat dan bergembira hati selalu, Om Awansan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s