NGOBROLIN PERSOALAN DFSK GLORY 580 CVT 1.5 TURBO & KRITIK KINERJA JURNALIS

jbkderry.com – Sudah sekitar sebulan terakhir saat artikel ini dibuat 14 Desember 2020 (diunggah 5 hari kemudian, 19 Desember 2020), jagat otomotif nasional dihiasi dengan gugatan beberapa pemilik DFSK Glory 580 transmisi CVT yang disebut tidak kuat di tanjakan.

Informasi dari situs Pikiran Rakyat (simak di sini), persoalan ini kabarnya akan disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada tanggal 27 Januari 2020.

Sedari awal kehadirannya model kendaraan SUV asal Tiongkok ini, sebagai media kelas secangkir kopi jbkderry.com sudah bertanya-tanya, “Apakah garansi tujuh tahun yang disediakan pihak APM adalah semata gimmick marketing atau sungguh menjadi bagian garansi pabrikan untuk memanjakan konsumen?”

Jika mengacu pada artikel di Pikiran Rakyat tersebut, pihak pengara dari pihak konsumen yang merasa dirugikan yaitu David Tobing mengatakan pihak produsen tidak menawarkan solusi pada masalah yang terjadi di sejumlah mobil konsumen yang mengalami masalah tersebut. Jadi silakan para pengunjung media kelas secangkir kopi jbkderry.com menilai sendiri…

Kritik Kinerja Jurnalis

Saat SUV ini di-launching di ajang IIMS 2018 dan berkesempatan menjajalnya di areal test drive yang disediakan pihak penyelenggara, ada satu pertanyaan besar di benak test driver jbkderry.com, yaitu kenapa kesimpulan pengalaman mengendarainya sangat berbeda dengan banyak jurnalis yang mengujinya saat itu?

Dalam pengalaman sekitar dua putaran yang diberikan pihak perwakilan panitia di lokasi test drive, jbkderry.com tidak merasakan impresi turbonya, meski sudah kick-down di trek lurus. Akselerasi mobil masih terasa berat, sehingga jbkderry.com sempat berpikiran mungkin butuh trek lurus yang lebih panjang untuk mendapatkan impresi turbonya.

Hal kedua adalah radius putarnya yang jauh, perlu mundur lagi kalau berbelok di areal test drive, dan itu terjadi dua kali alias selama periode test drive. Ketiga driving position-nya terasa kurang menghadirkan kesan tangguh layaknya ketika berada di balik kemudi sebuah SUV.

Secara umum, jbkderry.com menilai DFSK Glory 580 1.5 CVT Turbo hanya dapat disebut sebagai model kendaraan SUV dengan harga yang lebih terjangkau dibanding para kompetitornya. Silakan simak artikel di jbkderry.com waktu test drive berikut ini https://jbkderry.com/2018/04/20/review-dfsk-glory-580-impresi-awal-test-drive-di-iims-2018/.

Konklusi dan kesimpulan jbkderry.com itu berbeda dengan puja-puji banyak jurnalis di IIMS 2018 pada DFSK Glory 580 1.5 CVT Turbo.

Puja-puji banyak jurnalis dari media massa besar pun kembali terjadi di tengah gugatan beberapa pemilik konsumen dalam beberapa waktu terakhir ini.

Dalam obrolan kelas secangkir kopi jbkderry.com memberikan kritik pada kinerja jurnalis-jurnalis dari media-media hebat ini, dengan beberapa catatan berikut:

– Mengapa puja-puji banyak jurnalis dari media hebat ini berbeda dengan realitas yang disampaikan oleh para pemilik kendaraan yang justru mengeluhkan kesan pengalaman yang berbeda?

– Sekiranya kinerja para jurnalis dalam membangun narasi puja-puji itu terkait dengan imbalan keuntungan materi, seyogyanya juga tidak lantas melupakan objektivitas dan lebih parah lagi kalau menambahkan narasi berlebih yang bisa menyesatkan persepsi publik demi keuntungan pribadi.

– Masih terkait dengan poin di atas, sekiranya kinerja para jurnalis terkait imbalan materi dalam membuat narasi review produk kendaraan, rasanya tidak akan sebesar dana pihak produsen yang disalurkan melalui jasa influencer terkenal. Bisa jadi jauh lebih kecil imbalan nilai materinya, di sisi lain aliran dana yang masuk ke kantong pribadi jurnalis tentu jadi preseden buruk bagi aliran ke kas perusahaan sebagai bagian utama dalam pengembangan unit usaha.

– Kritik berikutnya adalah mengingat produk kendaraan adalah menyangkut spesifikasi teknis yang membutuhkan faktor determinan soal reliabilitas (keandalan) dan durabilitas (ketangguhan) dalam kurun waktu tertentu. Soal ini terkait dengan puja-puji pada DFSK Glory 580 1.5 CVT Turbo yang masa kehadirannya baru menginjak usia 2 tahunan di Indonesia, namun seolah-olah sudah membuktikan faktor reliabilitas dan durabilitas dalam kurun waktu yang panjang.

Itu saja dulu. Terima kasih sudah mampir, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s