Mengapa jbkderry.com?

derryYa, mengapa jbkderry.com?

Saya ingin memulainya dengan kejadian tahun 2011 yang tidak terlupakan sebagai motivasi untuk terus bergerak dan bekerja.

Tahun 2011, saya bersama tiga teman dekat membangun situs otomotif namanya eyanxjendral.com.

Ada satu kejadian unik di IIMS tahun itu, dimana teman – teman dulu yang memperlakukanku baik ketika masih kerja di media otomotif mainstream tiba – tiba menjauh. Saya tetiba merasa seperti pembawa virus wabah kolera yang harus dijauhi.

Saya langsung tersentak. Oh iya, saya datang dengan atribut biasa di pameran otomotif tahunan itu. Bukan lagi masuk di kasta media mainstream seperti beberapa teman terhormat itu.

Tapi saya tahu seorang ksatria tidak perlu luruh bahkan ketika dunia menjauh, karena dia tahu Tuhan berjalan bersamanya.

Di tahun itu pula di ajang yang sama, IIMS 2011, saya berhasil menjadi juara 1 (satu) di kompetisi menulis yang dilaksanakan produsen BBM dan pelumas kendaraan Shell. Mau tahu dengan nama media apa saya menang? Ya, itu tadi, eyanxjendral.com.

Di tahun itu pula melalui komunikasi intens sekitar setengah tahun, pada tahun 2012 saya bisa mendapat ID Vendor di Maxus, salah satu media buying terbesar di negeri ini.

Tahun 2012 pula, saya mendapat kepercayaan memimpin redaksi dan turut membuat skema bisnis untuk carmall.com (anak cabang sgrcarmart.com di Singapura yang kemudian diakuisisi oleh Singapore Press Holding senilai US$48 juta, coba deh masukin kata kunci “acquisition sgcarmart” di Google).

Tahun 2013, saya gabung di sebuah perusahaan yang merupakan perpanjangan Automotive Resourches Asia (ARA), bossnya bule asal Amrik namanya Michael J. Dunne (penulis buku “American Wheels, Chinese Road: The Story of General Motors in China“).

Kenapa saya menceritakan hal di atas sebagai satu rangkaian cerita? Saya hanya ingin mengatakan saat dunia mencibirimu, belum tentu Tuhan juga demikian. Tetaplah percaya seperti filosofi manusia Saiyya di kisah kartun Dragon Ball, “Semakin disakiti, maka semakin kuat.”

Yup, mirip dengan makna filosofi “What doesn’t kill you makes you stronger“.

Kembali ke soal, “Mengapa jbkderry.com?”

Sebelum saya menjawab, pertanyaan agak mirip – mirip sudah ditanyakan beberapa teman baru – baru ini, “Kenapa gak buat website lagi, Der?”

Baiklah, saya jawab pelan – pelan yah…

Nama “jbk” adalah kosa kata yang saya ciptakan sendiri pada saat masih berkeliaran di Tamalanrea KM. 10, Makassar. Kata itu menurutku ikonik dari perjuanganku dalam kesendirian.

Ya, mempertahankan kata – kata jbkderry adalah semacam mengenang monumen perjuangan diri, sekaligus motivasi untuk bergerak.

Lantas mau kemana jbkderry.com ini ke depan? Saya ingin membuatnya mengalir saja. Bisa saja kalau maju dan mendapat respon baik dari kalangan industri, saya siap membuatnya menjadikan sebagai badan usaha yang serius sekelas PT.

Dan kalau bisa berjalan sukses tentu jbkderry.com tidak lagi semata – mata menjadi perjuangan satu orang, saya akan berusaha mencari orang – orang yang sejalan dan punya visi yang sama untuk berjuang bersama.

Kalau nanti sukses, apakah namanya tetap jbkderry.com? Saya hanya bisa bilang saat ini, orientasi media ini bukan sebagai media berita. Ini adalah ibarat obrolan santai tapi serius di warung kopi. Persoalan saat keluar dari warung kopi ternyata ada hal yang bisa disinergikan sebagai usaha bersama itu saya anggap sebagai output dari proses dan dinamika di “warung kopi” ini.

Lagipula apalah arti sebuah nama? Saya toh pernah berhasil menjadi juara menulis dan masuk ke salah satu media buying paling besar di negeri ini dengan nama “eyanxjendral.com”. Oh iya, hadiah kemenangan ini berupa nonton MotoGP Sepang tidak saya ambil, karena saya lebih memilih mendampingi bini melahirkan putra ketiga kami, Rasy.

Terkait soal nama, ada banyak nama media otomotif di negara lain gak ada bau-bau otomotifnya misalnya Kelley Blue Book dan Edmunds di Amerika Serikat. Lalu ada pula nama media seperti Leftlanenews atau Paul Tan (di Malaysia) toh tidak berbau otomotif, khan?!

Jadi intinya apa? Saya tiba – tiba ingat omongan seorang jurnalis lepasan Tempo, “Orang – orang kayak kita ini yang dijual pola pikir, Der.”

Yup, sepakat. Itulah juga saya tidak tertarik saat ini membuat website lagi yang menurut saya, framing-nya terlalu kaku dan aristokrat. Ada beberapa manner yang justru membuatku merasa terbatas.

Dan jadilah saat ini jbkderry.com sebagai wahana profesional blogger.

Profesional? Apakah itu artinya akan komersial? Ya, kalau saya bisa menghasilkan revenue dengan kemampuan saya ini, jawabannya, “Kenapa, tidak?!”

Meski untuk itu juga saya tetap berjanji pada diri sendiri untuk tetap “stay low and alert” di sepanjang jalan apapun itu.

Bagaimana kalau strateginya tidak berhasil?

Telah saya katakan di atas, saya hanya ingin membuat jbkderry.com mengalir saja. Ikhtiar yang insya Allah dibarengi dengan rasa ikhlas, setidaknya terus belajar ke arah itu (ikhlas).

Toh, sebagai media dengan perbincangan kelas “warung kopi”, saya sedianya tetap mempertahankan 5 (lima) kanal yang sudah ada yaitu; “Mobil”, “Motor”, “Film”, “Travelling” dan “Umum”.

Anda ingin berbagi cerita? Boleh dong, silakan email artikel Anda sesuai tema 5 (lima) kanal tersebut. Jika dimuat, saya mungkin belum bisa memberikan Anda bayaran dalam bentuk uang. Tapi saya punya beberapa suvenir baru yang saya dapat waktu meliput dan belum pernah digunakan. Anda bisa mendapatkannya dan free ongkir sepanjang alamat rumah Anda masih di Indonesia.

Silakan kirim artikel Anda ke derry.journey@gmail.com disertai foto yang terkait artikel. Kalau dimuat, nanti saya akan minta alamat rumah Anda (dan nomor telepon jika berkenan) untuk pengiriman merchandise yang saya punya (selama stok masih ada… hihihi, jangan khawatir stoknya biasanya ada terus kok).

Kecil – kecil sih seperti power bank, topi, pulpen, kaos dan hal – hal suvenir kayak gitulah pemberian si pengundang 😉

Sebagai penutup kali ini, saya hanya ingin bilang jika saya pun belum memutuskan untuk berhenti untuk menambahkan daftar pencapaian baru di antara pencapaian yang pernah saya gapai di bawah ini:

1. Juara 5 Nasional “Lomba irit BBM Honda Jazz – kelas Wartawan” di Jakarta, 2005.

2. Juara 1 “Toyota Yaris Journalist Fun City Rally”. Diselenggarakan PT Toyota Astra Motor, pertengahan 2006 di Surabaya.

3. Juara 1 “Daihatsu Terios Journalist Test Drive’s Competition”. Diselenggarakan PT Astra Daihatsu Motor, 18-19 Januari 2007. Rute: Jakarta – Subang – Tangkuban Perahu.

4. Juara 2 “Exhibition Class for Journalists – Asean Festival of Speed” di Redline AXC – Kelapa Gading, tahun 2007.

5. Juara 1 kompetisi gokar “Exhibition Class for Journalist – AXIC’s Anniversary”. Pertengahan 2009 di Redline AXC – Kelapa Gading, Jakarta Utara

6. Juara 5 Kompetisi Menulis “Fun Touring Yamaha Xeon at Bali”. Diselenggarakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor  Manufacturing pada pertengahan 2010.

7. Juara 1 Kompetisi Foto Kategori Jurnalis Profesional di ajang Final Yamaha Cup Race 2010. Diselenggarakan oleh Diselenggarakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor  Manufacturing pada November 2010 di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta.

8. Juara 1 Nasional – Kompetisi Menulis Shell.  “19th Indonesia International Motor Show 2011”, Kategori Online Media. Diselenggarakan oleh PT Shell Indonesia.

9. Juara 1 Kompetisi Foto “Mitsubishi Outlander Sport – Media Test Drive”. Diselenggarakan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors pada 12 Juli 2012.

10. Juara 1 Kompetisi Foto Bersama All New Ford Focus – Chasing The Sun. Diselenggarakan oleh PT Ford Motor Indonesia di Bali pada 12 – 14 Desember 2012.

11. 10 Besar Penulis Terbaik Nasional – Kompetisi Menulis “9 Tahun Honda Jazz di Indonesia”. Diselenggarakan oleh PT Honda Prospect Motor pada Februari – April 2013.

12.  Juara 1 Kompetisi Foto di ajang Hyundai Nights Award 2013. Diselenggarakan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia di Jakarta, 25 Februari 2013. Juri: Johnny TG (KOMPAS) & Robert Silaban (Fortune Indonesia – Gramedia Majalah).

13. 1 dari 3 Penulis Terbaik Nasional di ajang Kia Morning Test Drive Writing Competition. Kategori Online Media. Diselenggarakan oleh PT Kia Mobil Indonesia pada 3 – 4 Juni 2014.

14. Favorit 2 (5th Winner) – Pertamax Turbo Writing Competition @ Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016, held by PT Pertamina.

15. Juara Lomba Foto Instagram Isuzu Elf NLR 2017, diselenggarakan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia, 8 Agustus 2017.

email: derry.journey@gmail.com / facebook: Rahmat Derryawan Jbkultural / twitter: @jbkderry / Ig: derry.journey / YouTube: Derry Journey.

Terima kasih telah menyempatkan waktu berkunjung dan membaca di jbkderry.com. Semoga Anda bisa mendapat kebaikan di dalamnya seperti tagline media ini, “Ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan.”

Bogor, 22 Mei 2017

9 Responses to Mengapa jbkderry.com?

  1. prins says:

    salam kenal bro derry apa kabar? hehehehe

  2. aditya oka says:

    im good and Autovision as good as well…hehehehe, so sekarang gimana aktivitas setelah dari Carmall….masih berkecimpung di dunia Otomotif dongs, keilangan data kontak nih…salam buat keluarga ya bro..!

    • jbkderry says:

      aktivitas setelah dari carmall, tetap jalanin hidup, sob…wkwkwkwk… Emang, ada opportunity seat yang bisa di-share?:d Siiap, salam juga buat keluarga brader Oka.

      • aditya oka says:

        for da next project if there is an opportunity, i know who da good one for human resources…sent me your number by email ya bro….keep on patience, i let u know if da good news comes…..

  3. Oka says:

    broDerry..piye kabare, ini gw Oka om…masih ingat gag?

  4. orong-orong says:

    salken om, maaf masih nubie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s